sign up SIGN UP

Cara Ampuh Menghindari Masalah Kulit Kering dan Kasar

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Minggu, 04 Sep 2022 12:30 WIB
Cara Ampuh Menghindari Masalah Kulit Kering dan Kasar
caption

Kulit kering dan kasar memang menimbulkan banyak masalah lain. Seperti kulit jadi terlihat lebih kusam, pecah-pecah dan tidak mulus, bahkan lebih parahnya bisa membuat luka tiba-tiba jika kulit benar-benar sangat kering.

Pastinya Beauties tidak mau hal tersebut terjadi dan berpengaruh pada kecantikan kulitmu, kan? Ikuti tips menghindari masalah kulit kering dan kasar ini agar kulit Beauties selalu lembap dan halus setiap saat.

Mencuci Wajah 2x Sehari

Mencuci wajah
Mencuci wajah mencegah kulit kering/ Foto: pexels/ Miriam-alonso

Pastikan untuk mencuci muka 2x sehari pada pagi sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Pastikan sabun mukanya tidak mengandung alkohol yang membuat kulit kering. Menurut situs Mayo Clinic, produk pembersih wajah yang mengandung asam stearat (bisa ditemukan dalam shea butter) atau asam linoleat (bisa ditemukan dalam minyak argan dan lainnya) dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit.

Menggunakan Moisturizer

wanita sedang memakai moisturizer
Moisturizer cegah kulit kering/ foto: pexels/ Karolina grabowska

Moisturizer atau pelembap bisa membantu kulit terhindar dari kekeringan. Setelah mencuci wajah, pastikan untuk langsung menggunakan moisturizer. Mengutip dari Healthline, sehabis membersihkan wajah, minyak di kulit wajah yang sebelumnya dapat membantu mengunci kelembaban kulit akan menghilang.

Maka dari itu penggunaan moisturizer sangat penting untuk menggantikan minyak sebagai pelembap kulit.

Jangan Mandi Terlalu Lama

Wanita sedang berendam di bathtub
Cara mengatasi kulit kering/ foto: pexels/ Ekaterina bolovtsova

Selanjutnya dikatakan pada laman AAD, bahwa mandi terlalu lama bisa memperburuk keadaan kulit kering, sehingga kamu dapat mengurangi durasi mandi menjadi 5 hingga 10 menit saja. Selain itu juga, gunakan sabun mandi dan sabun wajah yang lembut dan tidak memiliki wangi-wangian yang bisa menyebabkan kulit kering.

Gunakan Pelembap Udara atau Humidifier

Wanita sedang menggunakan humidifier
Humidifier atasi kulit kering/ foto: pexels/ Doterra international

Terakhir apabila udara di ruangan terasa semakin kering, misalnya saat berada di ruangan ber-AC, bisa coba gunakan humidifier atau pelembap udara. Menurut situs Harvard Health, dianjurkan untuk mengatur humidifier hingga 60% sehingga cukup untuk melembapkan lapisan atas kulit.

Dengan mengikuti cara ini Beauties bisa menghindari kulit kering dan kasar. Rutinlah melakukan hal ini supaya menjadi kebiasaan baik setiap harinya, untuk membuat kulit tetap cantik dan lembap.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id