sign up SIGN UP

7 Mitos Seputar Makeup yang Harus Diluruskan, Pemula Wajib Baca!

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 22:00 WIB
7 Mitos Seputar Makeup yang Harus Diluruskan, Pemula Wajib Baca!

Beauties, apakah kamu pemula yang baru belajar makeup? Sebagai seorang pemula yang baru mempelajari tata rias, kamu pasti pernah merasa bingung harus mulai dari mana. Banyaknya teori yang berseliweran di media sosial sering kali tumpang tindih dan terlalu kompleks.

Alhasil, mitos di luar sana bisa jadi membuatmu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk produk makeup yang sebenarnya tidak esensial. Kesalahan dalam memahami fungsi makeup juga bisa membuatmu gagal tampil maksimal.

Penasaran apa saja mitos seputar makeup yang perlu kamu hindari? Simak daftarnya berikut ini, ya!

Warna Concealer Harus Lebih Cerah dari Warna Kulit

Ilustrasi Menggunakan Concealer/Foto: Canva/Pixland
Ilustrasi Menggunakan Concealer/Foto: Canva/Pixland

Beberapa pemula percaya bahwa warna concealer yang tepat adalah yang lebih cerah dari warna kulit, namun sebenarnya warna concealer yang tepat membutuhkan pertimbangan lebih dari itu. Dikutip dari laman Wolipop, seorang ahli anti penuaan Sharrona Katz-Moulay mengatakan bahwa warna tertentu memiliki fungsi tertentu.

Jika tujuannya adalah untuk menutupi noda merah, maka warna hijau bagus untuk mengoreksi kulit dan concealer kuning bagus untuk menyamarkan noda kehitaman. Sedangkan warna mauve bagus untuk mengoreksi noda kekuningan dan kulit terlalu pucat, dan basis putih bagus untuk mengaburkan tekstur keriput pada kulit.

Concealer Harus Diaplikasikan di Awal

Concealer/Foto: Canva/ Pogrebkov
Concealer/Foto: Canva/ Pogrebkov

Karena penggunaannya berfungsi untuk mengoreksi warna kulit, banyak yang mengira jika concealer harus diaplikasikan sebelum menggunakan produk lain. Padahal, seorang makeup artist dari Bravo dan E! Michelle Quaranta mengatakan bahwa mitos ini justru menghabiskan lebih banyak waktu untuk berias.

Dikutip dari laman Wolipop, Quaranta mengatakan bahwa melakukan rias mata atau pengaplikasian eyeshadow justru bisa menghemat waktu. Penggunaan concelaer di akhir justru efektif untuk membuat tampilannya lebih rapi.

Makeup Profesional Tidak Pernah Pakai Jari

Ilustrasi Make Up/ Foto: Canva/ Sefa ozel
Ilustrasi Make Up/ Foto: Canva/ Sefa ozel

Jangan panik kalau kamu belum punya kuas makeup, Beauties. Pengaplikasian makeup dengan jari tangan juga tetap bisa menghasilkan riasan yang profesional kok!

Menurut Dr. Shainhouse, kehangatan jari-jari tangan justru dapat membantu pigmen kulit berbaur secara alami sehingga hasil makeup justru akan tampak menyatu. Tapi, tetap ingat untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah ya, Beauties. Agar tidak ada kuman atau debu yang mengkontaminasi wajahmu.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id