STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

7 Perawatan Wajah Unik ala Orang Zaman Dahulu, Pakai Lendir Siput untuk Regenerasi Kulit?

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Senin, 07 Mar 2022 08:00 WIB
7 Perawatan Wajah Unik ala Orang Zaman Dahulu, Pakai Lendir Siput untuk Regenerasi Kulit?

Sekarang ini, skincare sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Skincare yang beredar di pasaran terbuat dari berbagai macam bahan, ada dari buah-buahan, tanaman, ataupun ekstrak hewani. Tahukah kamu bahwa orang zaman dahulu juga sudah memakainya sebagai perawatan wajah lho, Beauties!

Orang zaman dahulu sudah banyak memanfaatkan benda-benda di sekitar mereka untuk melakukan perawatan wajah. Ini dia 7 perawatan wajah unik ala orang zaman dahulu. Yuk simak di bawah ini!

1. Memakai Snail Mucin untuk Mempercepat Regenerasi Kulit

Perawatan Wajah Unik Ala Orang Zaman Dulu
Snail Mucin Untuk Mempercepat Regenerasi Kulit/Foto: pexels.com/PhotoMIX Company

Kalau kamu adalah penggemar skincare dari Korea, pasti kamu sudah tidak asing dengan lender siput. Sejak dulu, lender siput adalah bahan perawatan wajah andalan dari Korea dan Tiongkok.

Dilansir dari Byrdie, lender siput berfungsi untuk melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, mempercepat regenerasi kulit, dan memperbaiki lapisan kulit.

2. Bangsa Romawi Menggunakan Masker Racikan Sendiri

Perawatan Wajah Unik Ala Orang Zaman Dulu
Bangsa Romawi Menggunakan Masker Racikan Sendiri/Foto: pexels.com/Arina Krasnikova

Bangsa Romawi memiliki cara unik untuk menjaga rahasia kecantikan para perempuannya. Salah satunya adalah lemak angsa yang saat itu sangat terkenal untuk menghilangkan kerutan.

Seperti yang dilansir dari Italy Magazine, bangsa Romawi membuat racikan masker sendiri yang dibuat dari air mawar, telur, minyak zaitun, adas manis, dan minyak kacang almond. Bahan-bahan tersebut membuat kulit menjadi lebih lembap, kencang, dan cerah seperti yang diinginkan oleh perempuan Romawi.

3. Memakai Madu dan Bunga Mawar sebagai Pewarna Bibir Alami

Perawatan Wajah Unik Ala Orang Zaman Dulu
Madu Untuk Melembabkan Kulit/Foto: pexels.com/ Roman Odintsov

Memakai madu sebagai masker wajah merupakan hal yang umum. Uniknya, orang zaman dahulu mencampurkan madu dan bunga mawar untuk mendapatkan bibir yang lembap dan berwarna merah.

Madu mengandung berbagai jenis antioksidan yang baik untuk memperbaiki kulit yang rusak dan memberikan kelembapan pada kulit.

4. Memakai Beras untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Perawatan Wajah Unik Ala Orang Zaman Dulu
Beras Untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari/Foto: pexels.com/ Polina Tankilevitch

Apakah kamu pernah mendengar bedak dingin? Bedak dingin ini merupakan perawatan wajah tradisional yang sudah digunakan perempuan Indonesia sejak dulu. Bedak dingin terbuat dari beras dan rempah-rempah.

Menurut Healthline, beras yang sudah difermentasi berfungsi untuk membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Beras juga mengandung Pitera yang dapat menjaga kulit awet muda.

Biasanya para perempuan yang tinggal di daerah pesisir menggunakan bedak dingin dari beras untuk beraktivitas sehari-hari. Bedak dingin ini juga mudah untuk dibuat. Tinggal haluskan beras yang sudah direndam dengan air selama beberapa hari, campurkan dengan rempah-rempah dan biarkan hingga kering.

5. Memakai Daun Sirih untuk Mengatasi Jerawat

Perawatan Wajah Unik Ala Orang Zaman Dulu
Daun Sirih Untuk Mengatasi Jerawat/Foto: beautynesia.id

Daun sirih merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kelebihan minyak di permukaan kulit wajah. Fungsi antiseptiknya dapat membantu membuat jerawat menjadi kempes dan mengurangi bekas jerawatnya.

Orang zaman dulu merebus beberapa lembar daun sirih dan air rebusannya yang masih hangat digunakan untuk mencuci wajah.

6. Memakai Jagung untuk Menghilangkan Bekas Luka

Perawatan Wajah Unik Ala Orang Zaman Dulu
Jagung Untuk Menghilangkan Bekas Luka/Foto: pexels.com/NEOSiAM 2021

Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga mengandung berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk tubuh dan kulit. Menurut Fitday, jagung mengandung vitamin A, B, C dan E yang bisa memperbarui sel kulit.

Orang zaman dulu menggunakan agung untuk merawat luka bekas cacar di wajah dan bagian tubuh lainnya. Jagung yang masih segar ditumbuk dan langsung bisa digunakan sebagai masker.

7. Memakai Masker Kunyit untuk Mencerahkan Kulit

Perawatan Wajah Unik Ala Orang Zaman Dulu
Kunyit Untuk Mencerahkan Kulit/Foto: pexels.com/ Karolina Grabowska

Orang China kuno menggunakan kunyit yang sangat terkenal karena memberikan banyak manfaat untuk kulit. Menurut Look Fantastic, perempuan China mempercayai bahwa warna kulit yang cerah dan sehat mencerminkan kesehatan tubuh seseorang. Tidak hanya untuk dikonsumsi, kunyit digunakan sebagai masker untuk memberikan kulit yang cerah dan mampu merawat bekas jerawat.

Nah, itulah 7 perawatan wajah unik yang digunakan zaman dulu. Apa kamu berniat mencobanya juga, Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE