sign up SIGN UP

Hati-hati, Ini 6 Jenis Makanan dan Minuman yang Beresiko Merusak Kesehatan Kulit!

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Kamis, 03 Mar 2022 09:45 WIB
Hati-hati, Ini 6 Jenis Makanan dan Minuman yang Beresiko Merusak Kesehatan Kulit!
caption

Tidak semua jenis makanan serta minuman yang kamu rasa aman, membawa pengaruh yang sama baiknya untuk kesehatan kulit serta tubuhmu. Banyak di antaranya diyakini dapat menyebabkan gangguan pada kondisi kulit yang akhirnya menimbulkan beragam masalah seperti jerawat, kusam, kulit memerah hingga infeksi.

Beauties, kualitas kulit memang bisa ditentukan dari segala macam olahan yang kamu konsumsi selama ini. Kekeliruan dalam mengatur pola makan dapat memperburuk kondisi kulit bahkan mendatangkan berbagai permasalahan baru yang semakin merugikan diri kamu.

Untuk mengetahui apa saja yang perlu dihindari, berikut Beautynesia telah merangkum 6 makanan dan minuman yang beresiko timbulkan masalah pada kulit wajahmu. Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

Makanan Pedas

Zat pada makanan pedas dapat melebarkan pembuluh darah pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sensitif.
Makanan pedas membuat kulit rentan mengalami masalah/Foto:Freepik.com/Jcomp


Dibalik sensasi nikmatnya, makanan pedas menjadi salah satu olahan berbahaya untuk kulit ketika dikonsumsi secara berlebihan. Rasa pedas dapat menimbulkan reaksi tidak baik seperti perih, gatal hingga alergi berkelanjutan pada bagian kulit.

Didukung oleh jurnal pada Dermatology Practical & Conceptual, keluhan seperti kulit memerah, terasa terbakar hingga iritasi kerap ditimbulkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan pedas terlalu sering karena melebarnya pembuluh darah. Kulit wajah pun menjadi sensitif dan rentan terkena gangguan kulit lain.

Minuman Bersoda

Terlalu tingginya kandungan gula pada minuman kaleng bersoda membawa pengaruh buruk pada kesehatan kulit.
Kandungan gula pada minuman bersoda membuat kulit kusam/Foto:Freepik.com/Topntp26


Banyaknya bahan makanan kimia seperti halnya pengawet hingga pewarna, menjadi salah satu alasan mengapa minuman bersoda tidaklah baik untuk kesehatan tubuh serta kulitmu.

Seorang dokter kulit dari New York, Doris Day MD pada laman The Healthy mengatakan bahwa minuman kaleng bersoda bisa meningkatkan resiko peradangan pada kulit. Tingginya gula pada minuman bersoda mendatangkan banyak masalah pada kulit seperti halnya kusam, berjerawat hingga mengendur lebih awal atau yang kerap disebut penuaan dini.

Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan berminyak secara berlebihan dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit sehingga mudah berjerawat
Minyak pada kulit dapat meningkat akibat konsumsi makanan berminyak/Foto:Freepik.com/Stockking


Selain karena alasan kesehatan tubuh, makanan berminyak juga wajib untuk dihindari karena tidaklah baik untuk kecantikan kulit. Asupan minyak secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan hormon, sehingga berpotensi memunculkan jerawat.

Kondisi ini semakin diperparah dengan meningkatnya rangsangan pada kerja kelenjar minyak pada kulit. Akibatnya, kulit wajah terasa begitu berminyak sehingga rentan berjerawat akibat tertutupnya pori-pori.

Meskipun tidak terlalu bermasalah di awal, tetapi kelebihan konsumsi minyak dapat membuat jerawat sulit sembuh bahkan bertambah parah dari sebelumnya.

Produk Susu

Terdapat keterkaitan antara konsumsi susu secara berlebihan dengan peningkatan jerawat pada kulit wajah.
Konsumsi susu secara berlebih tidaklah baik khususnya untuk penderita jerawat/Foto:Freepik.com/Freepik


Permasalahan jerawat menjadi keluhan utama bagi para wanita khususnya bagi penggemar berat olahan susu. Keterkaitan antara susu dengan masalah kulit dijelaskan pada sebuah studi di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology di mana kandungan pada susu khususnya susu sapi, bisa memicu terjadinya inflamasi atau peradangan yang berakhir dengan infeksi atau iritasi pada jaringan kulit.

Olahan susu juga memperbesar ukuran kelenjar sebaceous sehingga produksi sebum pada kulit meningkat dan mudah mengalami masalah seperti jerawat dan lain halnya. 

Minuman Berkafein

Kulit serta tubuh menjadi dehidrasi sehingga kulit kehilangan banyak cairan yang membuatnya menjadi kusam
Kulit menjadi dehidrasi karena berlebihan mengonsumsi kafein/Foto:Freepik.com/Freepik

Kelebihan kafein akibat terlalu sering mengonsumsi minuman kopi, rupanya bisa memberikan pengaruh buruk yang dapat terlihat pada tubuh serta kesehatan kulitmu. Sifat diuretik pada kafein, dapat menyebabkan dehidrasi berlebihan sehingga baik tubuh ataupun kulit berisiko kehilangan banyak cairan.

Hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan garis-garis halus serta kerutan pada kulit wajah terlihat jelas sehingga terjadi penuaan dini. Kinerja organ-organ tubuh lain juga dapat terganggu karena kebiasaan mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Olahan Pasta

Tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik tinggi, pasta beresiko memicu peradangan pada kulit.
Olahan pasta dapat memicu peradangan pada kulit/Foto:Freepik.com/Jcomp


Makanan pasta mungkin menjadi olahan paling digemari oleh banyak orang. Namun di balik itu, makanan dengan cita rasa lezat tersebut dapat membawa dampak kurang baik terhadap kesehatan kulit.

Olahan tinggi gula serta karbohidrat seperti pasta termasuk ke dalam daftar makanan dengan indeks glikemik tinggi. Seperti diungkap pada studi di Journal of American Academy of Dermatology, makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat memicu peradangan serta meningkatkan produksi minyak yang akhirnya memicu tumbuhnya jerawat, baik pada kulit wajah ataupun bagian tubuh.

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id