STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Alpha Hydroxy Acids: Salah Satu Asam yang Jadi Bahan Eksfoliasi Terbaik

Intan Dwi | Beautynesia
Selasa, 16 Mar 2021 19:00 WIB
Alpha Hydroxy Acids: Salah Satu Asam yang Jadi Bahan Eksfoliasi Terbaik

Ada berbagai macam acid atau asam berbeda yang biasa digunakan dalam dunia perawatan kulit dan setiap asam dalam perawatan kulit memiliki fungsi yang berbeda. Asam biasanya dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu alpha-hydroxy acids (AHA), beta hydroxy acids (BHA), and polyhydroxy acids (PHA).

Namun, tak disangkal di antara ketiga kategori asam ini AHA yang paling berkuasa bahkan asam ini dianggap bertindak sebagai eksfoliasi kulit terbaik. Jika ingin mengetahui alasannya, kamu bisa simak mengenai alpha-hydroxy acids di bawah ini.

Apakah itu Alpha Hydroxy Acids (AHA)?

Alpha Hydroxy Acids merupakan sekelompok senyawa asam yang paling sering berasal dari sumber nabati.
Alpha Hydroxy Acids/freepik.com

Alpha Hydroxy Acids merupakan sekelompok senyawa asam yang paling sering berasal dari sumber nabati. Dalam AHA ada berbagai jenis asam lainnya, seperti glycolic (dari tebu), lactic (dari susu asam), citric (dari lemon) dan malic (dari apel).  

Semua asam ini bertindak di permukaan kulit sebagai eksfoliasi kimiawi, tetapi berbeda dalam ukuran, penetrasi dan potensinya. Semakin kecil molekulnya, semakin dalam penetrasi dan karena itu semakin efektif. Tetapi hal lain yang perlu kamu ketahui, peningkatan khasiat juga berarti peningkatan kemungkinan iritasi, terutama yang memiliki kulit sensitif.

Perbedaan Alpha Hydroxy Acids dengan asam lainnya

Mereka juga memiliki manfaat yang sedikit berbeda, BHA lebih baik dalam menurunkan produksi minyak sehingga ini bagus untuk kulit yang rentan berjerawat tetapi lebih agresif daripada AHA.
Perbedaan Alpha Hydroxy Acids dengan asam lainnya/freepik.com

Dilansir dari Byrdie, secara umum AHA cenderung menyebabkan iritasi secara keseluruhan lebih kecil daripada BHA. Mereka juga memiliki manfaat yang sedikit berbeda, BHA lebih baik dalam menurunkan produksi minyak sehingga ini bagus untuk kulit yang rentan berjerawat tetapi lebih agresif daripada AHA.

Sementara itu, PHA merupakan molekul yang lebih besar daripada AHA terbesar sekalipun. Dengan demikian, mereka adalah asam yang paling tidak mengiritasi tetapi paling tidak mereka berkhasiat pada saat yang sama.

Manfaat Alpha Hydroxy Acids

Manfaat alpha hydroxy acids selain mengeksfoliasi, juga akan menghidrasi, meningkatkan produksi kolagen dan menawarkan manfaat antioksidan
Manfaat Alpha Hydroxy Acids/freepik.com

Eksfoliasi permukaan, saat sel kulit mati mereka sering menggumpal dan tersangkut di atas kulit. Nah, alpha-hydroxy acids akan membantu mengelupas sel kulit mati tesebut dengan lembut. Eksfoliasi kimiawi inilah yang menjadikan AHA sebagai pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Setelah eksfoliasi maka kamu akan mendapatkan hasil yang diinginkan, mulai dari kulit semakin cerah, tekstur lebih halus hingga bintik hitam lebih sedikit.

Menghidrasi, ketiga jenis asam dari AHA, glycolic acid, malic acid dan lactic acid adalah humektan yang berarti menarik air ke kulit. Khusus untuk lactic acid menjadi pilihan utama bagi kamu yang memiliki kulit kering.

Meningkatkan produksi kolagen, AHA tidak hanya bekerja pada epidermis, mereka juga memiliki efek pada lapisan kulit yang lebih dalam. Sebuah studi menunjukkan jika semua AHA dapat meningkatkan produksi kolagen sampai batas tertentu namun tidak lebih dari glycolic acid. Bahan AHA juga paling sering ditemukan dalam produk anti-penuaan, karena dengan banyaknya kolagen berarti lebih sedikit garis dan kerutan.

Menawarkan manfaat antioksidan, di antara AHA lainnya, citric acid yang paling menonjol karena sifat antioksidannya. Menjadikan asam ini pilihan yang bagus untuk melawan kerusakan radikal bebas juga mencerahkan bintik hitam.

Efek samping dari Alpha Hydroxy Acids

Lebih baik kalian harus rajin mencari hingga menemukan konsentrasi yang tepat dan kombinasi AHA yang tepat untuk jenis kulit kalian.
Efek samping dari Alpha Hydroxy Acids/freepik.com

Lebih baik kalian harus rajin mencari hingga menemukan konsentrasi yang tepat dan kombinasi AHA yang tepat untuk jenis kulit kalian. Karena penggunaan yang berlebihan atau penggunaan konsentrasi yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kulit teriritasi dan meradang. Sehingga nantinya bisa menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti rosacea dan eksim.

Jangan lupa juga untuk selalu perhatikan, bahwa AHA akan membuat kulit lebih sensitif jika terkena sinar matahari. Maka dari itu rajinlah menggunakan sunscreen setiap hari dan aplikasikan ulang setiap dua jam.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE