STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bahan Alami Berikut Ini Ampuh Hilangkan Jerawat dan Bekasnya secara Cepat, Cobain Yuk!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Minggu, 17 Nov 2019 07:45 WIB
Bahan Alami Berikut Ini Ampuh Hilangkan Jerawat dan Bekasnya secara Cepat, Cobain Yuk!
Wajah berjerawat memang sangat menganggu penampilan dan membuatmu jadi kurang percaya diri. Belum lagi, jerawat yang hilang malah meninggalkan bekas luka di kulit. Kalau begini, double deh masalahnya.

Namun jangan cemas Beautynesian, kamu enggak harus mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan kok. Kamu bisa menggunakan bahan alami berikut ini untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya yang membandel. Terbukti ampuh dan cepat, lho!
 


1. Kentang


Foto: https://she.id

Mengandung vitamin dan mineral, kentang terbukti mampu untuk menyembuhkan kulit dari bekas jerawat dan flek hitam. Cara mengaplikasikannya cukup gampang. 

Iris kentang tipis-tipis, lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, baru kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.
​​​​​​​


2. Baking Soda


Foto: https://kumparan.com

Baking soda tidak cuma berguna untuk membuat kue saja. Bahan dapur ini punya banyak manfaat untuk kecantikan, termasuk untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Caranya, cukup campurkan 2 sdm baking soda dengan air hingga mengental. Balurkan secara merata ke seluruh wajah yang telah dibersihkan seperti menggunakan masker. Tunggu selama 15 menit, kemudian cuci dengan menggunakan air hangat. Gunakan pelembap karena wajah akan terasa kering setelah menggunakan baking soda.
 


3. Timun


Foto: https://halodoc.com

Bahan alami berikutnya yang bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat adalah mentimun. Buah satu ini kaya akan vitamin A, C, dan magnesium yang punya banyak manfaat untuk kulit, termasuk menghidrasi kulit.

Untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang membandel, potong mentimun tipis-tipis, lalu letakkan di bagian wajah yang berjerawat. Tunggu sampai 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. 
 


4. Lemon


Foto: https://healthline.com

Buah lemon juga bisa menjadi solusi ampuh untuk masalah kulit berjerawat. Mengandung asam askorbat-L, lemon dapat menyembuhkan peradangan pada kulit wajah yang berjerawat, membersihkan kotoran yang tersumbat dari pori-pori wajah, menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Caranya mengaplikasikannya juga sangat mudah. Kamu cuma perlu 1 buah lemon saja. Belah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras isinya. Oleskan air perasannya pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Agar wajah tidak kering, gunakan pelembap.
 


5. Es batu


Foto: https://style.tribunnews.com

Es batu ternyata juga bisa mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekasnya secara alami. Selain itu, sifat dinginnya dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah dan meningkatkan sirkulasi pada kulit.

Caranya, ambil es batu dari freezer. Lalu, oleskan pada bagian wajah yang berjerawat selama beberapa menit. Gampang, kan?
 


6. Lidah Buaya


Foto: https://alodokter.com

Daun lidah buaya atau Aloe Vera telah dikenal sejak dahulu kala sebagai bahan alami yang kaya manfaat untuk perawatan kulit dan kecantikan. Lidah buaya mengandung senyawa aktif polifenol yang berfungsi sebagai anti-bakteri untuk mengatasi masalah jerawat.

Untuk mengaplikasikannya, iris lidah buaya dan ambil dagingnya. Haluskan hingga  berbentuk gel, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar jerawat dan bekasnya segera hilang.
 


7. Madu


Foto: https://hellosehat.com

Bahan alami lainnya yang efektif untuk menghilangkan jerawat adalah madu. Kandungan antibiotiknya mampu mengatasi dan mencegah peradangan pada kulit wajah yang berjerawat.

Caranya adalah oleskan madu murni pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan sampai mengering, lalu bilas menggunakan air hangat.
 


8. Bawang Putih


Foto: https://liputan6.com

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga efektif untuk menyembuhkan kulit wajah dari jerawat. Bawang putih mengandung senyawa anti bakteri, yaitu thiacremonon sulfur​ yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Ambil bawang putih secukupnya dan haluskan dengan menggunakan blender. Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat selama 2 menit, lalu bilas dengan air hangat.
 


9. Tomat


Foto: https://alodokter.com

Kaya akan vitamin A dan vitamin C, tomat juga ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya lho. Kamu hanya perlu mengiris buah tomat tipis-tipis, lalu letakkan pada bagian wajah yang berjerawat selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Praktis kan?
 


10. Putih Telur


Foto: https://bangka.tribunnews.com

Putih telur dengan kandungan enzim lysonzim di dalamnya juga terbukti efektif untuk menghilangkan jerawat secara cepat. Caranya, pisahkan putih telur dari kuningnya (Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon). Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 15 - 20 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.
 


Itu dia beberapa bahan alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang membandel. Selamat mencoba, ya.


(ags/ags)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE