sign up SIGN UP

Berhenti Sekarang Juga! 5 Beauty Hacks Populer Ini Ternyata Cuma Mitos, Bahkan Bisa Merusak Kulit!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Sabtu, 04 Dec 2021 16:00 WIB
Berhenti Sekarang Juga! 5 Beauty Hacks Populer Ini Ternyata Cuma Mitos, Bahkan Bisa Merusak Kulit!
caption
Jakarta -

Tampil cantik kadang memang terbilang ribet dan mahal. Akibatnya, banyak tips kecantikan maupun beauty hacks bermunculan dengan harapan bisa menghemat waktu dan pastinya uang.

Namun tahukah bahwa beberapa trik kecantikan yang populer beredar itu ternyata hanya mitos yang tidak bisa benar-benar bisa diterapkan? Bahkan, beberapa beauty hacks malah akan berdampak buruk pada kesehatan kulit jika terus dilakukan.

Agar terhindar dari masalah yang lebih serius, yuk simak deretan beauty hacks yang ternyata hanya mitos belaka!

Kompres Es Batu Bikin Kulit Glowing

Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pexels.com/Pixabay
Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pexels.com/Pixabay

Banyak orang percaya bahwa kompres es batu setiap pagi bisa membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit lebih glowing sepanjang hari. Namun sayangnya, hal ini bertolak belakang dengan ilmu kesehatan. 

Suhu yang terlalu rendah justru akan membahayakan kulit karena menyebabkan aliran darah terganggu. Selain itu, penggunaan suhu yang terlalu dingin bisa membuat kulit kering dan elastisitasnya terganggu.

Mengoleskan Lemon Bisa Hilangkan Sel Kulit Mati

Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov
Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov

Walaupun memiliki kandungan vitamin C tinggi, namun mengoleskan lemon langsung ke kulit sama sekali bukan ide bagus. Kandungan asamnya sangat tinggi sehingga akan berbahaya jika mengenai luka atau jerawat. Selain itu, penggunaan yang berlebihan juga bisa menyebabkan ruam kemerahan.

Hairspray Bisa Bikin Makeup Awet Seharian

Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch
Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Produk makeup yang bisa awet seharian kadang memang bikin kantong kering. Dan parahnya, entah dari mana asal muasalnya, banyak yang kemudian menggunakan hairspray untuk setting riasan agar bertahan lama.

Jika kamu pernah melakukannya, jangan lakukan ini lagi ya, Beauties! Alih-alih jadi cantik, wajahmu malah terancam jadi kering bahkan terkelupas karena bahan-bahan dalam hairspray yang bisa berbahaya bagi kulit wajah. Gunakanlah produk sesuai peruntukannya.

Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat

Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pixabay.com/SharonMcCutcheon
Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pixabay.com/SharonMcCutcheon

Banyak orang yang mempercayakan berbagai masalah sehari-hari pada pasta gigi. Salah satunya adalah menggunakan produk ini untuk menghilangkan jerawat.

Hati-hati ya, Beauties! Menurut penelitian, mengoleskan pasta gigi pada jerawat bukannya membuatnya sembuh, malah berisiko menimbulkan iritasi.

Baking Soda Membantu Memutihkan Bagian Ketiak

Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pixabay.com/Azza_Hafizah
Beauty Hacks yang Salah/Foto: Pixabay.com/Azza_Hafizah

Memang benar jika baking soda punya kekuatan untuk menghilangkan noda membandel pada baju dan benda lainnya. Meski demikian, hati-hati jika menggunakannya pada kulit ya, Beauties!

Banyak orang memadukannya dengan lemon untuk memutihkan ketiak dan bagian tubuh lain yang terlihat gelap. Padahal hal ini berisiko menimbulkan iritasi dan masalah yang lebih besar, terlebih jika kulit kamu tergolong sensitif.

Nah, itulah beberapa beauty hacks atau tips kecantikan yang ternyata cuma mitos. Trik di atas sama sekali tidak ada dasar ilmiahnya dan bisa menimbulkan masalah yang lebih besar dalam jangka pendek maupun panjang. Pakai cara yang pasti-pasti saja ya, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id