sign up SIGN UP

Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Kulit Apel untuk Wajah, Bisa Cegah Jerawat Lho

Riswinanti Permatasari | Minggu, 21 Nov 2021 16:00 WIB
Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Kulit Apel untuk Wajah, Bisa Cegah Jerawat Lho
caption

Selain rasanya yang lezat, banyak orang gemar mengonsumsi buah apel karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Namun tahukah, Beauties, ada sederet manfaat kulit apel yang bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan kulit wajah, lho!

Buah ini memiliki beberapa varian, dan hampir semuanya memiliki kandungan antioksidan tinggi, vitamin, dan serat yang bermanfaat. Namun masalahnya, banyak yang tidak tahu bahwa kandungan gizinya tak hanya berada di dalam daging, namun merata hingga ke kulit.

Nah, jika selama ini Beauties terbiasa membuang kulit apel, yuk ubah kebiasaan! Jangan lagi dibuang, karena kamu bisa mengubah kulit apel jadi masker kecantikan alami. Berikut beberapa manfaat kulit apel untuk wajah yang perlu diketahui.

Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: pixabay.com/silviarita
Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: Pixabay

Apel dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan air tinggi dan penuh nutrisi. Hal ini sangat penting untuk membantu menghidrasi tubuh dan kulit. Menariknya, bagian kulit apel ternyata juga sama sehatnya dengan daging buah. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker alami.

Caranya pun mudah. Tempelkan kulit apel yang telah dikupas ke wajah, kemudian diamkan beberapa saat. Biarkan hingga mengering, dan bilas hingga bersih. Cara ini juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Mencegah Jerawat

Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: Pixabay

Beberapa kandungan yang ada di dalam apel antara lain adalah quercetin, flavonoid, fitokomia, serta berbagai kandungan lain yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, zat-zat tersebut juga mampu menangkal bakteri dan virus dari luar.

Menariknya, kandungan ini ternyata juga ada di dalam bagian kulit apel. Dengan menggunakannya secara teratur sebagai masker, risiko munculnya jerawat akan menurun. Selain itu, kulit juga akan lebih sehat dan ternutrisi.

Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: Pixabay

Jerawat memang masalah yang menyebalkan. Bahkan saat peradangannya sembuh, kamu mungkin masih mengalami masalah dengan bekasnya. Belum lagi kalau ada noda-noda membandel yang muncul karena pengaruh gen dan lingkungan.

Jika kamu mengalami masalah ini, coba gunakan masker kulit apel. Kandungan di dalamnya sebenarnya sudah cukup untuk menyamarkan bekas jerawat, namun untuk hasil terbaik, coba tambahkan krim susu sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Perlindungan Terhadap Sinar UV

Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: pixabay.com/geralt
Manfaat kulit apel untuk wajah/Foto: Pixabay

Masker kulit apel ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih hebat dari perkiraan. Salah satu khasiatnya adalah melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Selain itu, penggunaan secara rutin juga akan membantu mengobati kulit yang terkelupas karena terkena sinar matahari secara terus-menerus. Meski demikian, jangan lupa tetap menggunakan sunscreen tiap keluar rumah ya, Beauties!

Wah, ternyata manfaat kulit apel tak kalah hebat dengan dagingnya, ya! Dengan menggunakannya sebagai masker secara rutin, kamu bisa menghemat banyak uang untuk membeli skincare. Jangan lupa sebarkan informasi ini ke teman-teman lain, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id