STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Berjerawat Karena Masker, Ternyata Ini 5 Penyebabnya!

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 23:00 WIB
Berjerawat Karena Masker, Ternyata Ini 5 Penyebabnya!

Selama masa pandemi, untuk mengurangi resiko penularan virus COVID-19 pemakaian masker sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat diseluruh dunia termasuk Indonesia. Tapi siapa sangka, ternyata penggunaan masker yang terlalu sering juga bisa memberikan dampak lain bagi sebagian orang, lho.

Yap, dampak yang sering terjadi akibat pemakaian masker adalah jerawat. Masalah ini bisa timbul karena penggunaan masker yang terlalu lama. Kira-kira apa ya penyebab yang bisa bikin berjerawat? Yuk, langsung saja kita simak!

Disebabkan Karena Gesekan dari Masker

Penyebab pertama jerawat yang timbul akibat penggunaan masker adalah karena penggunaan yang terlalu lama.
Masalah kulit/ Foto: freepik/beststudio

Penyebab pertama jerawat yang timbul akibat penggunaan masker adalah karena penggunaan yang terlalu lama. Penggunaan masker yang terlalu lama bisa mengakibatkan tekanan pada kulit. Tekanan ini lah yang membuat terjadinya gesekan pada wajah dan menimbulkan jerawat. 

Jerawat yang muncul karena tertutup masker biasanya muncul di daerah kedua pipi, dagu dan rahang. Muncul jerawat tersebut karena penggunaan masker yang terlalu lama dapat merangsang kelenjar sebum yang menghasilkan banyak minyak. Dan yang lebih buruk lagi gesekan dari masker bisa membuat iritasi pada wajah. 

Hawa Panas Saat Berbicara dan Menghela Napas

Menggunakan masker sudah menjadi kewajiban saat ini dan penggunaannya pun tak luput dari kegiatan sehari-hari. Namun, saat memakai masker, kita berbicara dan menghela napas. Nah, hal ini ternyata bisa menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi berkeringat serta lembab.

Karena hal ini lah biasanya menjadi tempat yang baik untuk kuman dan bakteri bisa berkembang biak. Jadi, nggak heran kalau jerawat pun bisa timbul akibat hal ini.

Tidak Tepat Dalam Penggunaan Masker

Nah penggunaan masker yang kurang tepat ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab munculnya jerawat lho, Beautiess
Jerawat/Foto: freepik/gpointstudio

Nah penggunaan masker yang kurang tepat ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab munculnya jerawat lho, Beauties. Misalnya seperti penggunaan masker medis yang dipakai berulang kali dan tak pernah diganti. Selain itu, mencuci masker kain secara asal-asalan pun bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman. 

Oleh sebab itu, gunakanlah masker medis hanya sekali pakai ya dan bisa diganti selama tiga atau empat sekali. Kemudian, cuci masker kain mu sampai bersih, ya.

Menggunakan Riasan Secara Berlebihan

Memakai makeup atau riasan bisa menutup pori-pori, hal ini yang bisa jadi penyebab munculnya jerawat pada wajah saat menggunakan masker. Namun, tanpa memakai masker pun hal itu bisa terjadi. Karena hal ini bisa menghambat aliran lemak yang dihasilkan dan membuat sumbatan. Dengan pemakaian masker, risiko ini pun menjadi semakin tinggi.

Pemakaian Masker Berlapis

Penggunaan masker berlapis dapat menimbulkan jerawat.
Kulit berjerawat/Foto: freepik/gpointstudio

Terakhir, penggunaan masker berlapis juga dapat menimbulkan jerawat. Sebab, udara yang kita keluarkan saat bernapas terjebak dalam ruang yang sempit, sehingga bisa memicu produksi keringat yang berlebih. Hal inilah yang kemudian dapat memicu timbulnya jerawat.

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE