sign up SIGN UP

Bete Karna Rambut Rusak? Kembalikan Rambut Sehatmu dengan 7 Perawatan Simpel Ini

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 08 Jan 2022 10:30 WIB
Bete Karna Rambut Rusak? Kembalikan Rambut Sehatmu dengan 7 Perawatan Simpel Ini
caption

Merawat rambut sangat penting untuk menunjang penampilan terutama kamu yang setiap harinya harus terlihat stunning karena tuntutan profesi. Tidak heran jika kamu sampai perlu ke salon hanya untuk mempertahankan kesehatan rambut agar tidak rusak. 

Sayangnya, kamu tidak bisa setiap saat ke salon karena keterbatasan waktu dan biaya. Akibatnya, rambutmu bisa terancam rusak karena ulah polusi dan kurangnya nutrisi pada rambut. Namun jangan buru-buru bete ya Beauties, kamu bisa mengembalikan rambut sehatmu dengan beberapa treatment berikut ini.

Rutin Memotong Rambut

Memotong rambut
Memotong rambut/ Foto: freepik.com/freepik

Kamu pasti paham bahwa rambut kering dan bercabang biasanya terjadi di bagian ujung rambut. Oleh sebab itu kamu direkomendasikan untuk melakukan trimming alias rutin memotong rambut untuk mengurangi rambut rusak dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Lalu seberapa sering kamu harus memotong rambut? Melansir dari laman Healthline, kamu bisa rutin melakukan trimming setiap 3- 4 bulan sekali. Atau kamu bisa lakukan rutinitas potong rambut sesuai dengan panjang rambut dan kondisi rambut yang kamu miliki.

Gunakan Produk Hair Care yang Tepat

Hair care
Hair care/ Foto: freepik.com/valuavitaly

Ada banyak produk hair care yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kesehatan rambut, seperti shampoo, conditioner, hingga masker rambut. Namun demikian, kamu perlu perhatikan produk-produk tersebut apakah sudah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut.

Jika kamu bermasalah dengan rambut rontok, kamu bisa sesuaikan dengan produk yang dikhususkan untuk membantu mengatasi rambut rontok dan jangan sampai salah pilih produk ya.

Mencuci Rambut dengan Hati-hati

Keramas dengan lembut
Keramas dengan lembut/ Foto: freepik.com/gpointstudio

Beauties, kamu perlu memperlakukan rambut selembut mungkin terutama ketika keramas. Perlu kamu tahu, rambut cenderung lebih rapuh dalam kondisi basah. Jika kamu mencuci rambut dengan kasar, maka rambut akan berpotensi mudah rontok. Untuk itu, perlakukan rambut dengan lembut mulai dari membasahi rambut, menggunakan shampoo, hingga membilas rambut.

Keringkan Rambut dengan Tepat

Mengeringkan rambut
Mengeringkan rambut/ Foto: freepik.com/yanalya

Mengeringkan rambut tidak boleh asal-asalan mengingat kondisi rambut yang masih basah sehingga rentan rapuh. Edward Tricomi, seorang pakar stylist mengatakan kepada Allure untuk tidak mengeringkan rambut dengan menggosoknya menggunakan handuk karena justru bisa membuat rambut kusut. 

Ada baiknya kamu mengusapkan kaus lama ke rambut untuk mengurangi air pada rambut lalu membiarkannya kering dengan sendirinya.

Gunakan Alas Tidur yang Lembut

Alas tidur yang halus
Alas tidur yang halus/ Foto: freepik.com/nensuria

Penggunaan sarung bantal dari bahan katun ternyata bisa memicu kerusakan rambut lho, Beauties. Seperti yang diungkapkan oleh Hairclub, ketika kamu tidur, maka biasanya rambutmu akan bergesekan dengan serat kapas pada sarung bantal sehingga menyebabkan rambut patah. 

Maka dari itu, kamu disarankan untuk mengganti sarung bantal dengan bahan sutra yang terkenal halus dan tidak menyerap kelembapan alami rambut.

Tambahkan Vitamin Rambut

Tambahkan vitamin rambut
Tambahkan vitamin rambut/ Foto: freepik.com/freepik

Mengembalikan kesehatan rambut saat sudah terlanjur rusak tentu perlu usaha ekstra salah satunya dengan menggunakan vitamin pada rambut. Kamu bisa mengaplikasikan vitamin ketika rambut dalam kondisi setengah basah.

Pada kondisi setengah basah, rambut lebih mudah menyerap nutrisi pada vitamin. Aplikasikan secara merata dari ujung rambut hingga ujung kepala untuk hasil yang maksimal.

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan sehat/ Foto: freepik.com/master1305

Tidak hanya produk hair care, makanan yang kamu konsumsi juga memengaruhi kesehatan rambut lho. Maka tidak heran jika kamu disarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan vitamin yang baik untuk rambut.

Apa saja bahan makanan yang baik untuk kesehatan rambut? Mengutip Healthline, ada banyak bahan makanan yang baik untuk rambut, di antaranya telur, berries, bayam, salmon, alpukat dan kacang-kacangan.

Nah, sudah tahu cara mengembalikan rambut rusak kan? Jangan bete lagi ya, Beauties.

[Gambas:Youtube]

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id