sign up SIGN UP

Bikin Rambut Indah, Ketahui 3 Efek Buruk dari Perawatan Keratin Bagi Kesehatan yang Nggak Diungkap!

Febriyani Rahmania | Kamis, 23 Dec 2021 11:30 WIB
Bikin Rambut Indah, Ketahui 3 Efek Buruk dari Perawatan Keratin Bagi Kesehatan yang Nggak Diungkap!
caption
Jakarta -

Dalam dunia kecantikan, terutama rambut, perawatan keratin sangat menjadi andalan bagi beberapa orang sebagai upaya meluruskan rambut. Efek perawatan ini memang terbukti bisa mengatasi beberapa masalah rambut, seperti rambut bercabang, kasar, dan sulit diatur.

Namun, bagai dua sisi mata uang yang berbeda, perawatan keratin bukan selalu jadi ide dan hal yang baik, apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang. Seperti yang dihimpun dari Byride dan Health Line berikut ini, terdapat beberapa efek buruk dari perawatan tersebut, bukan hanya pada rambut, tapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Apa saja efek buruk dari perawatan keratin, yang mengandung bahan kimia tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Efek Pernafasan

Memaskeri rambut secara rutin dengan tenaga profesional atau dilakukan di rumah sangat penting untuk tidak ditinggalkan.Ilustrasi perawatan di salon. (Foto: freepik.com)/ Foto: Diyah Wulandini

Perlu diketahui, keratin yang bisa membuat rambut bebas kusut dan lurus berbulan-bulan mengandung formaldehida atau formalin, senyawa kimia yang terkenal fungsinya sebagai pengawet. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (Centers for Disease Control and Prevention), paparan formaldehida bisa memberi efek samping sakit tenggorokan, mimisan, dan mata gatal.

Sebagai bukti nyata, Glamour, Wynne Sisk, penata rambut dari Charleston, Carolina Selatan, mengatakan bahwa ia mengalami sesak nafas dan sakit kepala yang berlangsung selama beberapa hari ketika memberikan perawatan keratin kepada klien.

"Selama bertahun-tahun, penata rambut telah melaporkan bahwa penerapan perawatan rambut ini menyebabkan kesulitan bernapas, iritasi mata dan mimisan," kata Tina Sigurdson, asisten penasihat umum Environmental Working Group (EWG), grup aktivis yang telah melaporkan hal ini ke Food and Drug Administration (FDA). 

Rambut Rusak

Rambut bisa menjadi titik semprot parfum agar tahan lamaIlustrasi rambut rusak. (Foto: Pexels/ Element5 Digital)

Perawatan keratin diakhiri dengan styling menggunakan catokan. Menurut Nunzio Saviano, penata rambut dan pemilik Nunzio Saviano Salon di New York, mengatakan kemungkinan kerusakan rambut bisa saja terjadi.

"Jika terlalu banyak panas yang dilakukan atau terlalu meluruskan rambut kamu, hal itu akan membuat kering rambut kamu lebih cepat dari biasanya dan menyebabkan kerusakan," katanya.

Ditambah lagi, suhu catokan yang tinggi untuk menyegel bahan kimia ke dalam rambut bisa makin merusaknya. Selain itu, ada pula potensi terhirupnya formalin yang dilepaskan melalui suhu panas dari alat pelurus rambut. 

Tidak Baik Bagi Ibu Hamil

Tidak dilarang namun jangan berlebihan, terlalu banyak mengkonsumsi jahe tak baik bagi ibu hamil/Foto: pexels.com/Pavel DanilyukIlustrasi ibu hamil. (Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk)

Telah dikatakan bahwa keratin mengandung formalin dalam jumlah besar di dalamnya. Stacey Steinmetz, seorang Ahli Biokimia Kosmetik dan ahli Pengembangan Produk Baru mengatakan kepada Byrdie, orang hamil dan orang-orang dengan masalah pernapasan yang sudah ada sebelumnya harus menghindari paparan produk ini.

"Beberapa penata rambut telah melaporkan masalah pernapasan akibat menangani produk perawatan keratin dan menghirup asapnya berulang kali dari waktu ke waktu. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya menghindari perawatan ini. Orang dengan kepekaan terhadap formaldehida atau masalah pernapasan juga harus menghindari perawatan keratin," jelasnya.

Pemicu Kanker

foto: Fakta perawatan keratin/freepik.comIlustrasi keratin. (Foto: freepik.com) / Foto: ira syafira

Dikutip dari Health Line, The American Cancer Society memperingatkan bahwa formaldehida tidak hanya bisa memicu reaksi kesulitan bernafas dan gatal, tetapi juga bersifat karsinogen. Itu artinya, berarti dapat menyebabkan kanker atau memicu pertumbuhan sel kanker. 

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id