sign up SIGN UP

Fakta Perawatan Keratin, Jadikan Rambutmu Lurus dan Sehat!

ira syafira | Selasa, 01 Jun 2021 09:00 WIB
Fakta Perawatan Keratin, Jadikan Rambutmu Lurus dan Sehat!
caption
Jakarta -

Apakah rambutmu merupakan rambut yang mudah berantakan, kering, dan sulit diatur karena terlalu sering dicatok? Sepertinya kamu harus beralih menggunakan solusi lain, yakni dengan perawatan keratin. 

Keratin adalah protein alami yang berfungsi membentuk jaringan rambut, kuku, dan lapisan kulit terluar. Protein ini dapat ditemukan pada berbagai organ dan kelenjar tubuh. Rangkaian perawatan keratin biasanya dipilih karena dapat menghasilkan rambut yang lebih lurus. Hasilnya dapat bertahan sampai 3 bulan tergantung cara perawatannya. 

Jika kamu tertarik untuk melakukan perawatan keratin ini, sebaiknya simak fakta yang telah dirangkum oleh Beautynesia berikut ini:

1. Keratin berasa dari protein yang akan membentuk bagian rambut

foto: Keratin adalah protein/freepik.
foto: Keratin adalah protein/freepik.

Seperti yang telah kita ketahui, keratin merupakan zat protein yang membentuk 90% bagian dari rambut. Protein yang ada pada keratin adalah zat yang tersusun untuk melindungi rambut dari kerusakan. Kehilangan keratin pada rambut dapat menjadikan rambutmu semakin kering dan rusak. 

Kehilangan keratin sendiri disebabkan karena faktor eksternal seperti kotoran dan polusi udara yang buruk. Selain itu, adapun faktor internal seperti gaya hidup yang tidak sehat. Faktor-faktor tersebut akan membuat keratin di batang rambut menjadi menipis dan kamu perlu melakukan perawatan keratin rambut agar kesehatan rambutmu tetap terjaga.

2. Cara kerja perawatan keratin yang membuat rambut lurus dan sehat

foto: Cara kerja keratin/freepik.com
foto: Cara kerja keratin/freepik.com

Ketika kamu melakukan perawatan keratin di salon, biasanya penata rambut akan mengawali perawatan dengan mengaplikasikan keratin pada rambutmu. 

Kemudian, keratin dibiarkan meresap ke dalam sel-sel rambut dengan menggunakan hair straightener. Asam amino yang ada pada keratin akan membentuk ikatan rambut dan menentukan jenis rambut asli kamu, entah lurus, keriting, atau bergelombang. Jika rambutmu keriting, ikatan rambut akan terbentuk seperti tangga, yakni tersusun seperti jalan lurus dan teratur. Dalam perawatan ini, keratin memecah ikatan pada rambut keriting dan mengubahnya menjadi lurus permanen.

3. Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan keratin

foto: Hal yang perlu diperhatikan/pexels.com
foto: Hal yang perlu diperhatikan/pexels.com

Sebelum melakukan perawatan keratin, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan penata rambut untuk menentukan jenis keratin apa yang berfungsi dengan baik pada rambut kamu. 

Kondisikan rambutmu seminggu sebelum perawatan, seperti menggunakan masker 2-3 kali seminggu untuk melembapkan rambut. Dua hari sebelum perawatan, hindari keramas dan jangan menggunakan minyak rambut agar zat sampo dan minyak tidak menutupi sel-sel rambut yang akan di keratin. Jangan lupa juga untuk memilih salon perawatan yang terpercaya agar hasil yang kamu dapatkan bisa sesuai dengan keinginan.

4. Manfaat perawatan keratin untuk rambut

foto: Manfaat keratin/freepik.com
foto: Manfaat keratin/freepik.com

Selain untuk melindungi rambut, meremajakan rambut, mempertahankan kekuatan rambut, keratin juga memiliki berbagai manfaat yang perlu kamu tahu, seperti berikut ini:

  • Memberikan hasil rambut yang berkilau dan bebas kusut tanpa harus selalu keramas
  • Membantu menata rambut tanpa kesulitan
  • Mempersingkat waktu pengeringan rambut sampai dengan 50%
  • Tidak ada efek samping seperti iritasi kulit atau rambut rontok
  • Memperkuat rambutmu hingga ke akarnya

5. Biaya untuk perawatan keratin di salon

foto: Biaya perawatan keratin/pexels.com
foto: Biaya perawatan keratin/pexels.com

Seperti biasa, biaya perawatan rambut di setiap salon pasti berbeda-beda tergantung pada produk keratin yang digunakan.

Kisaran harga perawatan keratin ini biasanya mulai Rp 1.000.000 hingga Rp 2.450.000, bergantung pada perawatan yang kamu pilih. Biasanya biaya ini sudah termasuk dengan perlengkapan perawatan keratin untuk digunakan di rumah. Faktor lain yang memengaruhi harga adalah panjang rambut, jangka panjang ketahanan, dan merek perawatan keratin yang digunakan.

6. Efek buruk perawatan keratin

foto: Efek buruk keratin/freepik.com
foto: Efek buruk keratin/freepik.com

Meskipun perawatan ini menjadi solusi terbaik bagi yang menginginkan rambut lurus, namun ternyata terdapat beberapa resiko yang bisa dialami oleh pemilik rambut.

Hal pertama yaitu, panas yang dihasilkan catok dapat merusak kutikula rambut. Kedua, jika rambutmu berwarna, ada kemungkinan perubahan warna seiring waktu. Kemudian, beberapa perawatan keratin melakukan klaim bebas formaldehyhe atau formalin yang digunakan sebagai pengawet. Karena itu, ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan penata rambut yang kamu percaya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id