sign up SIGN UP

Bingung Cari Skincare yang Aman Untuk Kulit Sensitif? Coba Pilih yang Punya Kandungan Ini

Fahira Mahza | Beautynesia
Minggu, 17 Jan 2021 16:30 WIB
Bingung Cari Skincare yang Aman Untuk Kulit Sensitif? Coba Pilih yang Punya Kandungan Ini
caption
Jakarta -

Kulit yang sehat adalah kulit yang tercukupi nutrisinya. Karena itu merawat kulit merupakan sesuatu yang sangat penting. Dalam merawat kulit hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis kulit kamu. Apalagi jika kulitmu termasuk jenis kulit sensitif maka butuh ekstra hati-hati dalam memilih sebuah produk perawatan kulit. 

Saat hendak menggunakan skincare perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, apakah bahan-bahan tersebut cocok untuk kulit sensitif. Tak semua bahan organik cocok untuk kulit sensitif loh, inilah beberapa bahan yang tepat dan cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

1. Jojoba Oil

Jojoba oil
Jojoba oil/foto: freepik.com

Bahan organik yang satu ini memang tak asing dalam dunia skincare. Berbagai produk perawatan kulit menjadikan jojoba oil sebagai bahan utamanya. Jika kamu memiliki kulit sensitif maka jojoba oil sangat cocok untukmu apabila kamu ingin melakukan double cleansing. Jojoba oil bersifat lembut dan dapat menghidrasi kulit. Selain itu formulanya yang non-comedogenic tidak akan membuat kulitmu tersumbat.

2. Bakuchiol

Bakuchiol
Bakuchiol/foto: herbivorebotanicals.com

Mungkin masih banyak yang asing dengan bahan yang satu ini. Bakuchiol merupakan ekstrak tumbuhan Psoralea Corylifolia. Bahan ini dapat digunakan sebagai pengganti retinol yang biasanya sulit digunakan oleh kulit sensitif. Bakuchiol memiliki efek samping yang lebih kecil dibanding retinol. Untuk hasil lebih optimal aplikasikanlah skincare yang mengandung Bakuchiol saat malam hari.

3. Ekstrak Calendula

Calendula
Calendula toner/foto: kiehls.co.id

Salah satu bahan yang aman dan berfungsi dengan baik pada kulit sensitif adalah minyak Calendula. Memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan serta memperbaiki tekstur wajah. Selain itu minyak Calendula juga bersifat mild dan lembut yang tidak akan merusak skin barrier.

4. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal/foto: freepik.com

Oatmeal memang sudah dikenal sebagai bahan yang baik untuk kulit. Oatmeal dapat melembutkan serta mencerahkan wajah. Selain itu bahan ini juga bisa menghidrasi kulit sehingga menjaga kelembabannya. Biasanya bahan ini dijadikan produk masker ataupun gentle eksfoliasi.

5. Chamomile

Chamomile
Chamomile/foto: freepik.com

Chamomile memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh. Selain manfaat pada kesehatan tubuh ternyata Chamomile juga bermanfaat untuk kulit. Bahan ini dapat menenangkan kulit kemerahan serta meredakan iritasi karena bersifat sebagai anti inflamasi alami. Ketika diaplikasikan ke wajah maka bahan-bahan lain akan lebih mudah menyerap kulit.

6. Squalance

Squalance
Squalance/foto: cultbeauty.con

Bahan yang satu ini memiliki fungsi sebagai pelembab kulit. Kulit sensitif yang cenderung kering akan aman menggunakan produk ini karena resiko iritasinya terbilang rendah. Squalance juga mampu memperbaiki tekstur kulit dan skin barrier.

Nah, itulah beberapa bahan yang cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Selalu berhati-hati dan teliti saat akan memilih produk skincare ya girls. Semoga membantu!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id