sign up SIGN UP

SKINCARE

Awas! 5 Kesalahan Merawat Kulit Berminyak Ini Bisa Bikin Tambah Parah

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 14 Jan 2021 19:00 WIB
Awas! 5 Kesalahan Merawat Kulit Berminyak Ini Bisa Bikin Tambah Parah
Bahagia / foto: Freepik.com
Jakarta -

Salah satu cara untuk merawat kecantikan adalah dengan menggunakan produk skincare. Tapi sebelum itu, kamu harus mengenali dulu tipe kulitmu. Karena tiap tipe kulit memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Kalau enggak sesuai, bisa-bisa akan berdampak pada kesehatan kulitmu. Nah, untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, jangan lakukan 5 kesalahan berikut ini ya!

Memakai Produk Skincare yang Tak Sesuai

Ketika ingin membeli produk skincare, jangan lupa untuk memastikan bahwa produk tersebut cocok untuk jenis kulitmu.
Penggunaan Skincare/freepik.com

Ketika ingin membeli produk skincare, jangan lupa untuk memastikan bahwa produk tersebut cocok untuk jenis kulitmu. Kalau kamu menggunakan produk yang enggak sesuai dengan jenis kulit, bisa-bisa hal ini akan berdampak buruk lho!

Kulitmu akan rentan berjerawat, atau justru produksi minyak pada wajahmu akan semakin berlebih. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih produk skincare. Sebab, apa yang cocok di kulit orang lain belum tentu cocok di kulitmu.

Terlalu Kasar Saat Menggunakan Scrub

Eksfoliasi adalah salah satu cara merawat kulit yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi, jangan menggosok wajahmu terlalu keras ya, Beautynesian. Kalau kamu menggosoknya terlalu kuat, hal ini bisa berdampak buruk pada pH kulitmu.

Selain itu, menggosok wajahmu terlalu keras juga bisa membuat kulit menjadi iritasi. Bahkan, kebiasaan ini juga bisa memicu timbulnya jerawat lho. Jadi, gunakanlah scrub pada wajahmu secara perlahan.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Kulit yang berminyak memang mengganggu penampilan. Namun, terlalu sering mencuci muka bukanlah cara yang tepat untuk merawat jenis kulit berminyak.
Mencuci Muka/freepik.com

Kulit yang berminyak memang mengganggu penampilan. Namun, terlalu sering mencuci muka bukanlah cara yang tepat untuk merawat jenis kulit berminyak. Sebab, membersihkan wajah terlalu sering dapat membuat kulit jadi kering.

Nah, untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, pilihlah pembersih wajah yang mengandung bahan asam hidroksi. Kandungan ini akan membantumu mengotrol minyak berlebih pada kulitmu.

Tidak Menggunakan Pelembab

Kebanyakan orang menganggap jenis kulit berminyak enggak perlu menggunakan pelembab. Padahal, kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembab untuk mengurangi hidrasi lho! Karena tanpa kelembaban yang cukup, penampilan dan fungsi pelindung kulit pun bisa sangat terganggu.

Jika kulitmu mengalami dehidrasi yang berkepanjangan, kulitmu juga akan lebih berisiko mengalami peradangan, infeksi, keriput, dan penuaan dini. Jadi, jangan lewatkan untuk menggunakan pelembab ya, Beautynesian.

Menggunakan Toner yang Mengandung Alkohol

Sebenarnya menggunakan toner yang mengandung alkohol boleh-boleh saja. Sebab umumnya alkohol memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran dari wajah.
Jerawat/freepik.com

Sebenarnya menggunakan toner yang mengandung alkohol boleh-boleh saja. Sebab umumnya alkohol memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran dari wajah. Namun, beberapa ahli percaya bahwa zat alkohol terlalu keras untuk kulit.

Selain itu, alkohol juga enggak boleh digunakan karena dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Buat kamu yang memiliki kulit berminyak, penggunaan toner beralkohol yang berlebihan justru bisa menghasilkan minyak yang lebih banyak.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id