sign up SIGN UP

Bisa Cantik Tanpa Makeup, Berikut 5 Manfaat Minyak Biji Labu untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui

Retno Anggraini | Beautynesia
Sabtu, 02 Jul 2022 19:30 WIB
Bisa Cantik Tanpa Makeup, Berikut 5 Manfaat Minyak Biji Labu untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui
caption

Labu identik dengan suasana musim gugur yang hangat. Selain itu, biji labu pun sering dijadikan camilan sehat. Hasil ekstrasi biji labu yang sering kita sebut dengan minyak biji labu ternyata juga memiliki ragam manfaat, mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan.

Tanpa kita sadari, beberapa suplemen kesehatan dan produk kecantikan ternyata mengandung minyak biji labu, lho! Merangkum dari The Healthy, berikut manfaat minyak biji labu bagi kecantikan yang mungkin belum kamu tahu.

Mengatasi Jerawat

Manfaat minyak biji labu
Mengatasi jerawat/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Minyak biji labu bisa digunakan sebagai acne spot untuk mengurangi peradangan jerawat karena mengandung minyak biji labu mengandung beta-karoten dan asam lemak tak jenuh yang memiliki sifat antiinflamasi. Jumlah seng dan asam lemak yang tinggi menjadikan minyak biji labu sebagai bahan skincare yang tepat untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit berjerawat hingga kulit kering.

Seng membantu mengatur produksi minyak di dalam kulit. Sedangkan asam lemak omega-3 dan omega-6 menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Kandungan antioksidan yang tinggi menjadikan minyak biji labu memiliki sifat menenangkan kulit.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Manfaat minyak biji labu
Melindungi kulit dari radikal bebas/Foto: Freepik.com/lookstudio

Minyak biji labu mengandung vitamin C dan vitamin E yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Kehadiran asam lemak esensial ini memungkinkan kulit untuk mempertahankan tingkat kelembapan kulit itu sendiri.

Mencegah Infeksi Kulit

Manfaat minyak biji labu
Mencegah infeksi kulit/Foto: Freepik.com

Minyak biji labu memiliki sifat antimikroba yang aktif melawan jamur Candida albicans dan bakteri Staphylococcus aureus. Jamur Candida albicans dapat menyebabkan ruam kulit dan bakteri Staphylococcus aureus dapat menyebabkan infeksi kulit seperti bisul. Selain itu, minyak biji labu mengandung eksudat floem, yaitu cairan yang disekresikan oleh jaringan untuk meningkatkan aktivitas antimikroba.

Meminimalkan Tanda Penuaan

Manfaat minyak biji labu
Meminimalkan tanda penuaan/Foto: Freepik.com/jcomp

Asam lemak jenuh dan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E dalam minyak biji labu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meminimalkan tanda-tanda penuaan. Minyak biji labu juga mengandung mineral seperti magnesium, potasium, dan seng, yang menyehatkan kulit dari dalam, meminimalkan munculnya keriput, dan memperbaiki tekstur kulit.

Perlindungan UV

Manfaat minyak biji labu
Perlindungan UV protection/Foto: Freepik.com/nightunter

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak biji labu memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat UVB. Minyak biji labu bekerja sebagai fotoprotektif dan meminimalkan kerusakan kolagen akibat sinar UV.

Beberapa penelitian menegaskan bahwa minyak biji labu dalam kandungan suplemen dan kosmetik dapat memberikan fotoproteksi yang baik. Sifat antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker kulit akibat sinar UV dan kulit kemerahan.

Itulah lima manfaat minyak biji labu bagi kecantikan. Pada dasarnya, minyak biji labu dikemas dengan mineral, vitamin, dan asam amino yang sangat bermanfaat bagi kulit, rambut, jantung, bahkan keadaan emosional. Tertarik mencoba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id