sign up SIGN UP

Bikin Nggak Percaya Diri, Ini 4 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi di Kulit Wajah

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 09:45 WIB
Bikin Nggak Percaya Diri, Ini 4 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi di Kulit Wajah
Mengatasi Hiperpigmentasi pada Kulit Wajah/freepik.com/freepik

Hiperpigmentasi merupakan permasalahan kulit di mana kulit menjadi menggelap dan muncul bintik-bintik hitam di area wajah tertentu. Walaupun bukan masalah kulit yang terlalu serius, hiperpigmentasi pada kulit wajah dapat mengganggu penampilan. 

Penyebab umum dari hiperpigmentasi adalah bekas jerawat dan paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, pemakaian tabir surya ketika sedang beraktivitas sangat diperlukan untuk melindungi permukaan kulit. 

Hiperpigmentasi juga dapat diatasi dengan pemakaian produk skincare atau perawatan kulit tertentu. Untuk mengetahui caranya, simak artikel di bawah ini, ya! 

1. Rutin Menggunakan Retinol 

Rutin Menggunakan Retinol
Rutin Menggunakan Retinol/Foto : pexels.com/cottonbro

Pemakaian retinol pada produk skincare sudah menjadi tren saat ini. Banyak brand baik lokal ataupun luar yang meluncurkan produk skincare dengan retinol sebagai kandungan utama mereka. 

Retinol sendiri merupakan turunan vitamin A yang bekerja dengan meningkatkan regenerasi sel kulit dan mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah, demikian seperti yang dilansir dari laman GoodRX.

Retinol juga banyak digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah, seperti kerutan atau garis halus yang muncul di area wajah tertentu. Umumnya, retinol hadir dalam bentuk serum atau pelembap untuk mengatasi permasalahan kulit wajah. 

2. Bahan Aktif yang Mengandung Acids 

Bahan Aktif yang Mengandung Acids
Bahan Aktif yang Mengandung Acids/Foto : pexels.com/Taryn Elliott

Beauties mungkin sudah tidak asing dengan bahan aktif yang mengandung asam, bukan? Seperti salicylic acid, lactic acid, kojic acid, ataupun vitamin C. Mengutip dari laman Healthline, kandungan acids bekerja untuk mengeksfoliasi kulit. 

Setiap kali kita melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati kita akan terangkat dan digantikan oleh sel-sel kulit yang baru. Hal ini dapat mempercepat proses regenerasi sel, mencerahkan kulit wajah, dan mengatasi hiperpigmentasi. 

Produk skincare yang mengandung acids umumnya dapat ditemukan dalam bentuk apapun, seperti sabun wajah, toner, serum, pelembap, bahkan dalam produk makeup

3. Selalu Menggunakan Tabir Surya

Selalu Menggunakan Tabir Surya
Selalu Menggunakan Tabir Surya/Foto : pexels.com/Nadine Wuchenauer

Paparan sinar matahari dapat mengganggu kesehatan kulit kita, tidak hanya hiperpigmentasi namun juga dapat memicu iritasi, jerawat, dan kulit menjadi kering. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merangsang produksi melanin berlebih di kulit. 

Melanin yang berlebih dapat menyebabkan bintik hitam menjadi muncul kembali dan lebih sulit untuk mengatasinya. Paparan sinar matahari pada jam 10 pagi - 2 siang merupakan yang terkuat. Demikian yang dilansir dari laman AAD.

Oleh sebab itu, pemakaian tabir surya sangat penting dan meminimalisir terkena kanker kulit yang diakibatkan oleh UV matahari. 

4. Melakukan Perawatan Dokter

Melakukan Perawatan Dokter
Melakukan Perawatan Dokter/Foto : pexels.com/Nico Becker

Hiperpigmentasi yang sudah lama cenderung sulit atau prosesnya sedikit lama jika diatasi dengan pemakaian produk skincare tertentu. Beauties bisa mencoba treatment dari dokter kulit seperti melakukan laser. 

Mengutip dari laman Cosmopolitan, laser bekerja dengan memecah pigmen kulit dan meningkatkan regenerasi kolagen, juga mengencangkan elastisitas kulit wajah. Namun, perlu diketahui perawatan laser pada awalnya membuat kulit wajah memerah dan lebih sensitif. Selain itu perlu diperhatikan juga kandungan skincare yang digunakan, pemakaian tabir surya, dan hindari wajah terlalu lama terkena polusi atau debu saat beraktivitas. 

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id