sign up SIGN UP

Cara Biar Saat Pakai Foundation Tidak Cakey dan Bisa Tahan Lama di Wajah

Ratih Dewi | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 08:15 WIB
Cara Biar Saat Pakai Foundation Tidak Cakey dan Bisa Tahan Lama di Wajah
Kiat Menggunakan Foundation agar Tidak Cakey dan Tahan Lama/pexels.com/George Milton

Foundation merupakan base yang menjadi bagian terpenting dari makeupFoundation tersedia dalam berbagai formula, seperti cair, bedak padat, stik, ataupun balmCoverage atau kemampuan untuk menutupi bekas jerawat atau noda hitam juga beragam, mulai dari light, medium, sampai high coverage

Sayangnya, jika tidak diaplikasikan dengan tepat foundation bisa menjadi cakey, tidak menempel sempurna di kulit, dan mudah bergeser. Untuk mengatasi agar foundation tidak mudah cakey dan bergeser, simak beberapa cara yang dirangkum dari aneka sumber di bawah ini, yuk. 

1. Rutin Eksfoliasi Setiap Minggu

Rutin Melakukan Eksfoliasi Setiap Minggu
Rutin melakukan eksfoliasi agar foundation tidak cakey/Foto: pexels.com/Polina Kovaleva

Menumpuknya sel kulit mati dapat membuat permukaan kulit menjadi tidak rata yang membuat foundation menjadi cakey ketika diaplikasikan. Rutin melakukan eksfoliasi baik secara physical atau chemical, dapat membuat foundation menjadi lebih tahan lama ketika diaplikasikan. Demikian yang dilansir dari laman BYRDIE

2. Jangan Lewatkan Menggunakan Pelembap

Jangan Lewatkan Menggunakan Pelembap
Jangan lewatkan menggunakan pelembap/Foto: pexels.com/Greta Hoffman

Menjaga kulit tetap lembap merupakan hal penting sebelum mengaplikasikan foundation ke kulit. Kulit wajah yang kering dapat membuat foundation mengelupas atau peeling. Oleh sebab itu, aplikasikan pelembap secukupnya dan tunggu beberapa saat sampai meresap. 

Ketika mengaplikasikan pelembap, fokuskan pada area t-zone dan area bawah mata yang merupakan area rentan foundation menjadi cakey, Beauties.

3. Gunakan Primer Sebelum Foundation 

Gunakan Primer sebelum Foundation
Gunakan primer sebelum foundation/Foto: pexels.com/ SHVETS production

Melansir dari laman Oprah Daily, jika pelembap bekerja untuk menghidrasi permukaan kulit, maka primer akan bekerja dengan mengunci foundation agar tidak mudah bergeser dan lebih tahan lama. 

Terutama untuk kulit yang berminyak, primer dengan hasil akhir yang matte tidak hanya menahan foundation tetapi juga menahan minyak dan menyamarkan pori-pori sehingga alas bedak dapat menyatu dengan kulit. 

4. Ratakan Foundation dengan Beauty Blender 

Ratakan Foundation dengan Beauty Blender
Ratakan foundation dengan beauty blender/Foto: pexels.com/Maria Camila Castaño

Dibanding dengan alat makeup seperti brush atau puff, meratakan foundation dengan beauty blender yang basah lebih disarankan karena menyerap alas bedak dengan optimal dan ketika diaplikasikan ke kulit dapat memberikan coverage yang optimal. 

Sementara menggunakan brush dapat memicu foundation menjadi cakey dan tekstur wajah yang tidak merata akan terlihat jelas. Demikian yang dikutip dari laman Maybelline.

5. Mengaplikasikan Foundation Sedikit-dikit

Mengaplikasikan Foundation Terlalu Banyak
Mengaplikasikan foundation sedikit-dikit/Foto: pexels.com/cottonbro

Menggunakan foundation terlalu banyak untuk mendapatkan coverage yang maksimal justru akan membuat penampilan menjadi tidak natural dan membuat foundation menjadi cakey.

Untuk mendapatkan high-coverage, Beauties bisa mengaplikasikannya sedikit demi sedikit dan difokuskan pada area wajah tertentu yang ingin disamarkan, seperti yang dilansir dari laman Good House Keeping.

6. Kunci dengan Setting Spray Secukupnya 

Kunci dengan Setting Spray Secukupnya
Kunci dengan setting spray secukupnya/Foto: pexels.com/cottonbro

Kiat terakhir untuk menahan foundation seharian selama digunakan, yaitu menguncinya dengan setting spray secukupnya secara merata. Tidak hanya mengunci makeupsetting spray juga menghilangkan residu makeup dan memberikan hasil akhir yang lebih natural lho, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id