STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Efektif Menggunakan Skincare dengan Teknik 'Skin Cycling', Sudah Coba?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Senin, 26 Sep 2022 17:15 WIB
Cara Efektif Menggunakan Skincare dengan Teknik 'Skin Cycling', Sudah Coba?

Menggunakan skincare perlu dilakukan dengan cara dan langkah-langkah yang tepat agar produk bisa bekerja maksimal. Belakangan ini, tren menggunakan skincare dengan teknik "skin cycling" tengah populer karena dinilai dapat membuat skincare bekerja lebih efektif dalam membuat kulit lebih sehat dan mulus. 

Teknik ini diketahui pertama kali dipopulerkan oleh dr. Whitney Bowe, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, AS. Tren yang mulanya diperkenalkan saat masa pandemi di tahun 2021 ini diklaim dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi jerawat dengan cara menggunakan produk skincare secara bergantian.

Skin cycling
Teknik skin cycling untuk kulit lebih sehat dan bebas jerawat/Foto: Freepik/Senivpetro

Mengutip dari PopSci, dr. Bowe menemukan fakta pentingnya menggunakan skincare secara bergantian dalam siklus four day regimen atau rejimen empat hari. Teknik yang kemudian disebut 'skin cycling' ini dilakukan khususnya untuk produk-produk dengan kandungan bahan aktif yang tidak boleh digunakan bersamaan.

Skin cycling disarankan untuk dilakukan pada malam hari dan dimulai dengan mengeksfoliasi kulit pada hari pertama. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung physical maupun chemical exfoliant, seperti glycolic acid, lactic acid dan salicylic acid. Kemudian aplikasikan pelembap untuk membantu menenangkan kulit setelahnya.

urutan produk skin cycling
Menggunakan produk secara bergantian dalam skin cycling/Foto: Freepik/Wirestock

Pada hari kedua, waktunya untuk menggunakan produk mengandung retinol, baik dalam bentuk serum, pelembap maupun face oil. Dr. Bowe menyarankan untuk menggunakan produk sebesar kacang polong saja dan aplikasikan ke seluruh wajah.

Sementara bagi kamu yang masih pemula menggunakan retinol, sebaiknya gunakan pelembap terlebih dulu secara tipis-tipis pada area wajah yang sensitif, seperti bawah mata, sudut bibir dan sisi hidung untuk menghindari iritasi.

skin cycling
Kulit sehat dengan teknik skin cycling/Foto: Freepik/Diana Grytsku

Nah, setelah mengeksfoliasi kulit dan menggunakan produk retinol dalam dua hari berturut-turut, hari ketiga dan keempat bisa kamu gunakan untuk mengistirahatkan kulit. Dalam tahap ini, kamu tidak perlu menggunakan banyak produk skincare, melainkan cukup bersihkan wajah saja secara rutin, kemudian aplikasikan pelembap untuk membiarkan kulit beristirahat dari sentuhan bahan-bahan aktif.

Teknik skin cycling dinilai bisa memberikan hasil yang maksimal dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih sehat, cerah dan bebas jerawat. Selain itu, teknik ini juga sangat bermanfaat untuk meminimalisir resiko terjadinya iritasi akibat over-exfoliating maupun akibat menggunakan produk berbahan aktif secara berlebihan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE