sign up SIGN UP

Punya Kulit Super Kering? Cobain Tren Skincare 'Moisture Sandwich' untuk Dapatkan Tampilan Kulit Lebih Dewy dan Sehat!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Senin, 12 Sep 2022 07:45 WIB
Punya Kulit Super Kering? Cobain Tren Skincare 'Moisture Sandwich' untuk Dapatkan Tampilan Kulit Lebih Dewy dan Sehat!
caption

Tren kulit dewy dan glowing masih banyak digemari di tahun 2022. Untuk mendapatkannya, berbagai teknik penggunaan skincare pun bisa kamu lakukan, seperti menggunakan metode '10 steps skincare routine' ala Korea, metode 'skin slugging', hingga yang terbaru kamu bisa menggunakan metode 'moisture sandwich' yang kini tengah viral di TikTok.

Apa itu metode 'moisture sandwich' dan apa saja manfaatnya bagi kulit? Simak penjelasannya di sini ya, Beauties!

Mengenal Moisture Sandwich

moisture sandwich
Produk untuk metode moisture sandwich/Foto: Freepik/Freepik

Populer di kalangan para pengguna TikTok, metode 'moisture sandwich' mengacu pada teknik penggunaan beberapa produk pelembap sekaligus secara berlapis seperti roti sandwich. Mengutip dari Byrdie, metode ini berfokus untuk mengunci air agar tertahan di dalam kulit sehingga wajah tetap terasa lebih lembap dan kenyal lebih lama. 

Dengan fungsinya tersebut, 'moisture sandwich' tidak hanya dapat diterapkan untuk mencapai tampilan kulit yang terhidrasi dan tampak glowing, namun juga bisa kamu andalkan untuk membantu merawat kulit kering secara lebih intensif. 

Cara Melakukan Metode Moisture Sandwich

Mengaplikasikan skincare dengan metode moisture sandwich
Mengaplikasikan skincare dengan metode moisture sandwich/Foto: Freepik/Kitthanes

Metode 'moisture sandwich' dilakukan dengan cara mengaplikasikan beberapa produk pelembap secara berlapis-lapis. Namun perlu diperhatikan, penggunaan produknya juga perlu dilakukan sesuai urutan dan tidak boleh sembarangan ya, Beauties.

Mulailah dengan menggunakan produk yang paling ringan dan memiliki tekstur watery pada wajah yang masih lembap (setelah mencuci wajah), kemudian lapisi dengan produk yang bertekstur lebih kental untuk mengunci kelembapan lebih tahan lama. Kamu bisa memulai dengan mengaplikasikan face mist atau hydrating toner terlebih dulu, lalu mengoleskan pelembap bertekstur watery sebagai lapisan pertama. Setelah itu, aplikasikan pelembap yang bertekstur lebih rich di atasnya. 

Jika kamu memiliki kulit yang super kering, kamu bisa menambahkan face oil atau produk lainnya yang bertekstur balm untuk menambah kelembapan. 

moisture sandwich
Metode moisture sandwich untuk bibir/Foto: Freepik/Makistock

Selain untuk wajah, metode 'moisture sandwich' juga bisa kamu aplikasikan pada bibir yang rentan mengalami kering dan pecah-pecah. Caranya, oleskan produk pelembap pada bibir yang telah dibasahi air, kemudian lapisi dengan menambahkan produk lip balm yang mengandung bahan-bahan yang bersifat oklusif seperti beeswax dan shea butter untuk mengunci kelembapannya. 

Metode 'moisture sandwich' ini memang bisa digunakan untuk meraih tampilan wajah dewy dan glowing secara alami, sekaligus bermanfaat membantu merawat kulit dan bibir yang kering. Namun, kamu juga perlu memperhatikan untuk tidak melakukan metode ini dengan memadukan produk-produk yang mengandung retinol, exfoliating acids (AHA & BHA) dan vitamin C secara bersamaan karena justru dapat menyebabkan iritasi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id