STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat dan Rekomendasi Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit

Bella Refsy Monica | Beautynesia
Jumat, 25 Nov 2022 07:15 WIB
Cara Memilih Sunscreen yang Tepat dan Rekomendasi Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit

Memakai sunscreen tentunya merupakan satu langkah yang nggak boleh kita lewati dalam skincare routine di pagi hari, terlebih ketika kita akan beraktivitas di bawah sinar matahari.

Memilih sunscreen ternyata juga nggak bisa sembarangan lho, Beauties. Setiap jenis kulit tentunya membutuhkan jenis sunscreen yang berbeda-beda. Semua sunscreen memang berfungsi untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari, namun beberapa kandungan dalam sunscreen bisa jadi kurang cocok dengan jenis kulit atau masalah kulit tertentu.

Nah, untuk menghindari efek buruk yang nggak diinginkan, penting pula untuk Beauties tahu tentang kriteria memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu.

Memilih Sunscreen yang Tepat

Memilih sunscreen yang tepat
Memilih sunscreen yang tepat/Foto: freepic.diller di Freepik

Sebelum masuk ke rekomendasi sunscreen berdasarkan jenis kulit, perlu Beauties ketahui pula tentang hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli produk sunscreen, dilansir dari Forbes Health.

1. Memilih Sunscreen dengan Spektrum yang Luas

Sunscreen dengan spektrum yang luas berarti dapat melindungi kulit kita dari sinar UVA dan UVB. Para ahli dermatologis pun menekankan pentingnya memilih sunscreen dengan spektrum luas.

Nggak hanya penting untuk pencegahan kanker kulit, hal ini juga penting untuk melindungi wajah dari kemerahan akibat matahari yang disebabkan oleh sinar UVB, serta penuaan dini kulit yang disebabkan oleh sinar UVA.

2. SPF 30 atau Lebih

Menurut ahli dermatologis Naiara Braghiroli, M.D., sunscreen dapat kehilangan sebagian potensinya begitu kita memakainya. Misalnya, ketika kamu menggunakan sunscreen dengan SPF 30, maka coverage atau cakupan sebenarnya lebih mirip dengan SPF 15.

Maka dari itu, sunscreen dengan SPF kurang dari 30 kurang memiliki coverage yang memadai untuk melindungi kulit kita. Jika kita beraktivitas di luar untuk waktu yang lama, jumlah SPF yang direkomendasikan adalah SPF 50 atau lebih.

3. Water Resistant

Water resistant sunscreen akan tetap mempertahankan proteksinya bahkan ketika kita berenang dan berkeringat, namun tetap perlu untuk kita re-apply kembali setiap beberapa menit.

Terdapat juga beberapa sunscreen dengan ketahanan air yang ekstra, sehingga dapat bertahan lebih lama. Untuk proteksi terbaik, Beauties bisa mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 40-80 menit, atau sesuai petunjuk pada produk.

4. Mineral Sunscreen dan Chemical Sunscreen

Terdapat dua jenis sunscreen berdasarkan ingredients-nya, yakni mineral sunscreen dan chemical sunscreen. Mineral atau physical sunscreen terbuat dari bahan alami, biasanya seng oksida dan/atau titanium dioksida.

Sunscreen jenis ini bekerja sebagai penghalang fisik antara kulit dan sinar matahari. Sedangkan chemical sunscreen biasanya terbuat dari bahan kimia seperti avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone.

Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap ke kulit dan kemudian menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi energi panas. Jika Beauties lebih banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, mineral sunscreen lebih direkomendasikan karena dinilai lebih water resistant dan tahan lama.

Spray sunscreen
Spray sunscreen/Foto: sephora.com

5. Memilih Antara Sunscreen Spray, Lotion, Stick, atau Gel

Untuk faktor satu ini, Beauties bisa mencocokkannya dengan preferensi masing-masing, apakah kamu ingin menggunakan sunscreen spray, lotion, stick, atau gel. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana dan seberapa banyak kamu menggunakannya.

Semua jenis sunscreen tersebut tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya, lotion sunscreen cenderung lebih melembabkan, sehingga cocok untuk kulit kering sedangkan spray sunscreen tentunya lebih mudah dan praktis ketika digunakan.

6. Menyesuaikan Jenis Kulit

Last but not least, menyesuaikan jenis kulit ketika memilih sunscreen sangatlah penting ya, Beauties. Misalnya, jika kamu memiliki kulit kering, maka sunscreen yang juga mengandung moisturizer akan cocok untuk kamu.

Atau untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, gel sunscreen lebih disarankan karena memiliki bahan dasar air dan bukan minyak. Untuk selengkapnya, kamu bisa cek rekomendasi sunscreen berdasarkan jenis kulit berikut.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE