STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam dan Ketahui Penyebabnya!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 10 Nov 2022 12:00 WIB
Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam dan Ketahui Penyebabnya!

Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan banyak orang adalah wajah kusam. Berbagai cara merawat wajah agar tidak kusam pun sudah dilakukan, namun terkadang masih belum membuahkan hasil yang diinginkan.

Perlu kamu sadari, bisa jadi penyebab wajah kusam ada pada kebiasaan sehari-hari yang sering kamu lakukan namun jarang disadari dapat berdampak pada kulit. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan rutinitas harian yang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan glowing.

Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam

Jangan khawatir, Beauties. Salah satu cara merawat wajah agar tidak kusam yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiasakan 6 hal berikut ini. Dirangkum dari Bustle, yuk simak ulasannya!

Rutin Membersihkan Peralatan Makeup

Rutin membersihkan makeup bisa terhindari dari masalah kulit wajah yang kusam.Rutin membersihkan makeup bisa terhindari dari masalah kulit wajah yang kusam./ Foto: Freepik/lookstudio

Seberapa sering kamu membersihkan peralatan makeup yang kamu gunakan? Salah satu penyebab wajah kusam ada pada kebiasaan malas membersihkan peralatan makeup setelah digunakan berulang kali.

Menurut dokter kulit Debra Jaliman, peralatan makeup yang jarang dibersihkan mengandung bakteri dan kotoran. Jika terus-menerus kamu gunakan pada kulit, tentu akan menimbulkan berbagai masalah, seperti jerawat, kemerahan, hingga kusam. Solusinya, pastikan cuci setiap satu minggu sekali, ya!

Hindari Makan Junk Food

Cara merawat wajah agar tidak kusam adalah dengan menghindari junkfood.Cara merawat wajah agar tidak kusam adalah dengan menghindari junkfood./ Foto: Freepik/DCStudio

Seperti yang diketahui, apa yang kita makan tentu berpengaruh pada kesehatan, tak terkecuali kesehatan kulit. Pola makan yang buruk, termasuk sering makan junk food, bisa menyebabkan kulit kusam.

Kandungan gula rafinasi dalam junk food berubah menjadi karbohidrat jauh lebih cepat daripada gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Ini akan membuat kulit tanpa kusam dan tidak sehat. Mulai sekarang, batasi atau hindari konsumsi junk food, Beauties.

Perbanyak Minum Air Putih

Agar terhindar dari wajah kusam, perbanyaklah minum air putih.Agar terhindar dari wajah kusam, perbanyaklah minum air putih./ Foto: Freepik/svetlanasokolava

Tidak hanya tubuh yang bisa dehidrasi, namun kulit wajah juga, lho! Jika kamu jarang minum air putih, maka dampaknya akan muncul pada kulit.

Tanda-tanda kulit yang mengalami dehidrasi adalah kering, mengelupas, warna tidak merata, dan kusam. Meskipun tetap terhidrasi tidak memengaruhi tingkat kelembapan kulit, namun minum air yang cukup bisa membuat kulit kamu jadi sehat dan glowing.

Lakukan Double Cleansing

Lakukan double cleansing agar terhindar dari wajah kusam.Lakukan double cleansing agar terhindar dari wajah kusam./ Foto: Freepik

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah melalui dua tahap berbeda. Menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Dr. Whitney Bowe, double cleansing dapat membersihkan lebih menyeluruh sehingga kulit wajah dapat menyerap skincare secara lebih efektif.

Tahapan pertama dari double cleansing adalah membersihkan wajah dengan pembersih yang berbahan dasar minyak, susu, atau air. Tahapan kedua adalah membersihkan wajah dengan facial wash.

Salah satu produk populer yang sering digunakan di tahap pertama double cleansing adalah micellar water. Tidak hanya membersihkan wajah dari makeup, debu, dan kotoran, micellar water juga mampu menghidrasi, mencegah timbulnya jerawat, hingga mencerahkan kulit, seperti POND'S Micellar Water Brightening Rose.

POND'S Micellar Water Brightening RosePOND'S Micellar Water Brightening Rose/ Foto: Dok. POND'S

POND'S Micellar Water Brightening Rose memiliki kekuatan 3-in-1 untuk menghapus 99% makeup dan kotoran yang tidak dapat terangkat hanya dengan mencuci muka. Tak hanya membersihkan secara menyeluruh, micellar water ini juga dapat mencerahkan serta menutrisi kulit dengan 5 vitamin esensial, yaitu Niacinamide, vitamin A,, vitamin B5, vitamin C, dan vitamin E.

POND'S Micellar Water Brightening Rose juga mengandung 100% French Rose organik yang membantu mencerahkan flek hitam dan warna kulit keseluruhan.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Jangan terlalu sering cuci muka agar wajah tidak kusam.Jangan terlalu sering cuci muka agar wajah tidak kusam./ Foto: Freepik/jcomp

Menurut dokter kulit Fayne Frey, terlalu sering mencuci muka malah bisa bikin kulit kering dan kusam, lho, Beauties! Sebab kulit akan menjadi iritasi bahkan bisa menyebabkan produksi minyak berlebih dan menjadi kusam.

Disarankan untuk mencuci muka sebanyak 1 hingga 2 kali sehari. Selain itu, memilih pembersih wajah atau facial wash juga nggak boleh asal. Cara untuk merawat wajah agar tidak kusam, pilihlah facial wash yang bisa membersihkan kotoran dan sel kulit mati secara menyeluruh tapi tetap lembut, seperti POND'S Bright Beauty Facial Foam.

Bantu atasi masalah kulit kusam, POND'S Bright Beauty Facial Foam adalah serum facial foam pertama dari POND'S. Pembersih wajah ini bantu mengangkat kotoran serta sel kulit mati dengan lembut dan membuat penyerapan skincare semakin maksimal.

POND'S Bright Beauty Facial FoamPOND'S Bright Beauty Facial Foam/ Foto: Dok. POND'S

Berikut beberapa kandungan POND's Bright Beauty Facial Foam untuk kulit cerah dan glowing:

  • 10x Niacinamide: mencerahkan kulit dan bantu samarkan noda hitam.
  • Rosehip seed extract (ekstrak buah dari bunga mawar): kaya vitamin A yang dikenal dapat menutrisi kulit wajah.
  • 4D Hyaluronic Acid: zat aktif yang dipercaya dapat menghidrasi sehingga kulit terasa kenyal.

Agar wajah semakin lembap dan glowing, lengkapi skincare routine kamu dengan penggunaan pelembab. Tidak hanya mengatasi wajah agar tidak kusam, pelembab juga dapat membuat kulit sehat serta memperbaiki skin barrier.

Salah satu kandungan yang wajib ada di pelembab adalah glycerin untuk membantu melembapkan kulit secara mendalam. Kandungan tersebut bisa kamu dapatkan di POND'S Bright Beauty Serum Day Cream, Beauties!

Pelembab dari POND'S ini dapat melembapkan, mencerahkan, dan menyamarkan noda hitam serta membuat tampilan pori lebih halus.

POND’S Bright Beauty Serum Day CreamPOND’S Bright Beauty Serum Day Cream/ Foto: Dok. POND'S

Selain glycerin, berikut beberapa kandungan menarik dari POND'S Bright Beauty Serum Day Cream:

  • Glutathione: antioksidan dengan teknologi paling mutakhir yang 10x lebih efektif dari vitamin C untuk kulit glowing maksimal.
  • Niacinamide (vitamin B3): mengurangi kulit kusam dan noda hitam serta membuat pori tampak lebih kecil.
  • Vitamin E dan Glycerin: melembapkan kulit secara mendalam.
  • UVA/B Filter (sunscreen): bantu melindungi kulit dari efek bahaya dari sinar UV.

Tidak Melewatkan Penggunaan Serum

Serum adalah salah satu skincare wajib untuk mendapatkan kulit sehat, berseri, dan cerah. Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan penggunaan serum.

Padahal, serum memiliki segudang manfaat. Mulai dari mengatasi jerawat, menjaga kelembapan, hingga mencerahkan kulit kusam.

Sama halnya seperti pembersih wajah, memilih serum juga nggak boleh asal. Pilihlah serum yang bisa melembutkan, mencerahkan, sekaligus melembapkan agar kulit terhindar dari kusam, seperti POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum.

POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum merupakan serum yang dapat mencerahkan dan menyamarkan noda hitam hanya dalam 7 hari. Tak hanya itu, serum ini juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

POND'S Bright Beauty Triple Glow SerumPOND'S Bright Beauty Triple Glow Serum/ Foto: Dok. POND'S

Berikut beberapa kandungan andalan dari POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum:

  • Gluta Hya: mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam dalam 7 hari.
  • Niacinamide: memudarkan noda hitam, mencerahkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Vitamin C: menghilangkan bekas jerawat sekaligus mencerahkan kulit.

Tidak Sering Begadang

Sering begadang bisa jadi pemicu kulit wajah kusam.Sering begadang bisa jadi pemicu kulit wajah kusam./ Foto: Freepik/pvproductions

Kamu termasuk tipe yang sering begadang? Jika ya, mulai sekarang kamu harus menghentikan kebiasaan buruk ini. Tidak hanya berdampak negatif bagi kesehatan, kurang tidur juga akan memicu jerawat, kulit kering dan kusam, bahkan mempercepat penuaan kulit.

Cobalah untuk tidur tujuh hingga delapan jam per malam. Kulit akan meremajakan dirinya sendiri dan memperbaiki dirinya sendiri saat kamu tidur. Hal ini bisa membuat kulit jadi bercahaya, glowing, dan sehat.

Perlu diperhatikan, sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat demi mendapatkan kulit idaman. Selain itu, penting pula memperhatikan penggunaan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Seperti POND's Micellar Water Brightening Rose, POND's Bright Beauty Facial Foam, POND'S Bright Beauty Serum Day Cream, dan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum untuk merawat kulit wajah agar tidak kusam.

Kamu bisa mendapatkan empat produk dari POND'S di atas di swalayan terdekat atau di e-commerce official POND'S. Yuk, buruan checkout!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE