STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Mudah Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tetap Sehat

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Rabu, 09 Nov 2022 07:15 WIB
Cara Mudah Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tetap Sehat

Mewarnai rambut adalah hal yang banyak disukai baik kaum perempuan maupun kaum pria. Apalagi tren warna rambut saat ini kian beragam dan trendy. Kendati demikian, untuk menjaga rambut diwarnai tetap sehat, diperlukan perawatan khusus.

Jika tidak, rambut diwarnai bisa-bisa mengalami kerusakan seperti kering, bercabang dan mudah patah. Nah, agar tidak terjadi demikian, kamu perlu mengetahui dengan benar cara merawat rambut yang diwarnai.

Pilih Shampoo Khusus

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by cottonbro
Ilustrasi shampoo/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Mewarnai rambut artinya rambutmu membutuhkan perawatan khusus, begitu pula dengan shampoo. Nah, supaya rambut tetap sehat dan warna bertahan lama, kamu wajib menggunakan shampoo khusus. Saat ini, ada banyak shampoo khusus untuk rambut diwarnai yang bisa kamu temui.

Yang mana shampoo tersebut sudah diformulasikan secara khusus dengan kandungan yang penting untuk rambut yang diwarnai. Selepas menggunakan sampo kamu juga wajib mengaplikasikan kondisioner, ya.

Shampoo khusus dan kondisioner akan menjaga kesehatan rambutmu yang diwarnai sehingga tak mudah rusak dan warnanya lebih tahan lama.

Keramas dengan Air Dingin

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Armin  Rimoldi
Ilustrasi keramas/ Foto: Pexels.com/Armin Rimoldi

Jika kamu doyan menggunakan air hangat saat keramas, ada baiknya kamu menghentikan kebiasaan ini. Apalagi kalau rambut kamu nyatanya sedang diwarnai. Pasalnya nih keramas dengan air hangat bisa mengurangi kelembapan alami rambut sehingga rambut mengering.

Selain itu, menggunakan air suhu panas juga membuat warna rambut cepat pudar. Sebaliknya cara merawat rambut yang diwarnai yaitu keramas dengan air dingin. Dengan suhu dingin kelembapan alami rambut akan tetap terjaga dan warnanya lebih tahan lama.

Gunakan Masker Protein

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by RODNAE Productions
Ilustrasi menggunakan masker rambut/ Foto: Pexels.com/RODNAE Productions

Salah satu masalah rambut yang kerap dialami bagi rambut berwarna adalah rambut kering. Nah, cara untuk mengatasi rambut kering adalah dengan menggunakan masker rambut protein. Protein sendiri adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut agar tetap sehat.

Selain itu, dengan menggunakan masker protein kamu juga bisa  menggantikan protein yang hilang dari rambut. Buatlah masker protein untuk rambutmu dari campuran madu dan pisang atau telur dan madu. Gunakan setidaknya sekali seminggu agar hasilnya rambut sehat dan berkilau.

Gunakan Pelindung Kepala

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Marcelo Chagas
Ilustrasi menggunakan pelindung kepala/ Foto: Pexels.com/Marcelo Chagas

Tips merawat rambut  diwarnai selanjutnya adalah dengan menggunakan pelindung rambut. Pelindung rambut yang dimaksud ini seperti pelindung kepala saat terkena sinar matahari dan menggunakan pelindung kepala saat berenang.

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan warna rambut memudar dan mudah rusak. Oleh karenanya saat kamu beraktivitas di tempat panas kamu disarankan menggunakan topi. Begitu pula saat berenang.

Klorin yang umumnya terdapat pada air kolam renang dapat membuat rambut bertambah kering.

Nah, itu dia beberapa cara untuk merawat rambut yang diwarnai. Selamat mencoba ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.