sign up SIGN UP

Cermati 5 Perbedaan Purging Dan Breakout agar Tak Salah Penanganan

Dian Aprilia | Rabu, 10 Nov 2021 08:30 WIB
Cermati 5 Perbedaan Purging Dan Breakout agar Tak Salah Penanganan
caption
Jakarta -

Jerawat yang disebabkan karena purging dan breakout memang hampir sama, hal ini tak jarang bikin orang salah paham dan ujungnya salah perawatan. Padahal, kedua kondisi ini memiliki penyebab, kondisi jerawat dan cara penanganan yang sangat berbeda.

Apabila salah mengidentifikasi, maka akan berdampak fatal pada wajah dan kesehatan kulit. Berikut ini beberapa perbedaan purging dan breakout yang wajib kamu tahu agar tak salah dalam penanganannya!

Apa Itu Purging dan Breakout?

Perbedaan purging dan jerawat
Perbedaan purging dan jerawat/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Purging berasal dari kata purge yang artinya pembersihan. Sehingga purging adalah proses adaptasi di awal penggunaan skincare baru dengan kandungan tertentu. Beberapa produk biasanya menuliskan efek samping purging dalam produk kemasannya.

Sedangkan, breakout atau berjerawat adalah kondisi yang terjadi apabila kulit tidak cocok dengan produk skincare yang digunakan.

Reaksi dan Kemunculan Jerawat

Perbedaan purging dan jerawat
Perbedaan purging dan jerawat/ Foto: freepik.com

Perbedaan purging dan breakout yang pertama adalah reaksi dan kemunculan jerawat. Tanda-tanda purging adalah adanya jerawat yang muncul karena proses pembersihan semua kotoran yang sebelumnya menumpuk di kulit. Hal ini disebabkan karena produk skincare yang bersifat eksfoliasi.

Sedangkan wajah breakout ditandai dengan jerawat yang muncul karena kandungan skincare yang memicu iritasi atau peradangan. Alhasil, kulit bereaksi negatif dengan munculnya banyak jerawat.

Cek Skincare Pemicu

Perbedaan purging dan jerawat
Perbedaan purging dan jerawat/ Foto: pexels.com/Ivan Samkov

Perbedaan purging dan breakout yang selanjutnya adalah penggunaan skincare pemicu. Reaksi purging bisa muncul karena produk skincare bersifat eksfoliasi (pengelupasan). Contohnya adalah kandungan retinol, AHA, BHA, dan lainnya.

Sedangkan wajah breakout disebabkan oleh kandungan skincare selain yang bersifat eksfoliasi. Diantaranya adalah kandungan alkohol, coconut oil, fragrance, silicon, dan lainnya.

Lama Jerawat Muncul

Perbedaan purging dan jerawat
Perbedaan purging dan jerawat/ Foto: freepik.com/freepik

Selanjutnya perbedaan purging dan breakout juga bisa dilihat dari durasi munculnya jerawat. Jerawat yang muncul karena purging biasanya akan bertahan sekitar 2-4 minggu dan maksimal 6 minggu.

Sedangkan jerawat pada wajah breakout biasanya akan muncul lebih lama, yakni selama 6-8 minggu bahkan lebih. Untuk itu sebaiknya hentikan pemakaian produk pemicu jika mengalami hal ini.

Area yang Berjerawat

Karolina Grabowska
Perbedaan purging dan jerawat/ Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Selanjutnya perbedaan purging dan breakout tampak dari area yang berjerawat. Jerawat pada purging biasanya berada di tempat yang biasanya berjerawat. Dan kondisi jerawat tidak terlalu meradang atau parah.

Sedangkan jerawat pada wajah breakout biasanya terletak di seluruh area wajah, bahkan di area yang tak pernah terjadi jerawat. Kondisi jerawatnya juga cenderung lebih parah dibandingkan jerawat purging. Jerawat terlihat meradang, bengkak dan merah.   

Itulah 5 perbedaan purging dan breakout agar tak salah perawatan dan kulit tetap sehat. Selamat mencoba, ya!

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id