sign up SIGN UP

Chemical vs Physical Exfoliation, Mana yang Lebih Bagus?

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Rabu, 03 Feb 2021 09:00 WIB
Chemical vs Physical Exfoliation, Mana yang Lebih Bagus?
caption

Eksfoliasi wajah memang menjadi salah satu langkah perawatan kulit yang penting. Dengan eksfoliasi, sel-sel kulit mati akan terangkat sehingga regenerasi kulit pun akan semakin cepat. Bukan cuma itu, eksfoliasi juga bisa membantu meratakan warna kulit. Karena itu, dianjurkan untuk rutin eksfoliasi wajah maksimal 2 kali dalam seminggu.

2 macam exfoliation.
2 macam exfoliation. Foto: freepik.com

Eksfoliasi pun terdapat dua macam, yaitu menggunakan chemical exfoliation atau physical exfoliation. Masing-masing jenis tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya, karena itu perlu disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Yuk, ketahui lebih dalam mengenai kedua jenis eksfoliasi ini!

 

Chemical Exfoliation

Chemical exfoliation.
Chemical exfoliation. Foto: freepik.com

Chemical exfoliation yaitu proses pengangkatan kulit mati dengan menggunakan enzim atau asam, yaitu asam sitrat, asam laktat, dan asam salisilat. Chemical exfoliation yang paling sering digunakan ialah Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) yang biasa ditemukan pada skin care, seperti toner atau lotion.

Bagi kalian yang mempunyai permasalahan seperti hiperpigmentasi dan tekstur tidak merata, skin care dengan AHA bisa menjadi pilihan karena mampu mencerahkan warna kulit. AHA cocok untuk semua jenis kulit.

BHA yang bersifat antibakteri dan larut dalam minyak, akan cocok untuk mereka yang memiliki acne prone skin sehingga punya permasalahan kulit seperti jerawat, milia, blackheads & whiteheads, atau pori-pori besar.

Poly Hydroxy Acid (PHA) juga biasa digunakan sebagai eksfoliator dan cocok untuk mereka yang memiliki kulit yang sensitif karena bekerja secara gentle pada kulit karena mempunyai molekul yang relatif lebih besar.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, karena kamu hanya perlu meratakan chemical exfoliator pada wajah, tunggu beberapa menit sesuai anjuran, lalu bilas. Tapi, biasanya setelah memakai chemical exfoliation ini, kamu harus menghindari beberapa ingredients lain karena bisa bereaksi. Karena itu, selalu perhatikan petunjuk penggunaan sebelum memakai.

 

Physical Exfoliation

Physical exfoliation.
Physical exfoliation. Foto: freepik.com

Berbeda dengan chemical exfoliation, physical exfoliation menggunakan alat untuk mengangkat sel-sel kulit mati di layer teratas kulit, seperti menggunakan butiran scrub atau beauty tools lain.

Manfaat yang dirasakan ketika memakai physical exfoliation diantaranya mampu meratakan warna kulit, melembutkan tekstur kulit, dan mempercepat proses regenerasi, dan menstimulasi sirkulasi pada kulit. Hasil yang dirasakan pun relatif lebih cepat terlihat.

Namun, ketika kamu menggunakan physical exfoliator, kamu harus menggosok secara perlahan kulit wajah agar tidak melukai permukaan kulit dan menyebabkan iritasi. Karena itu, kalau kamu mempunyai kulit yang sensitif, pilih exfoliator yang gentle dan gunakan secara perlahan ya, Ladies!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id