sign up SIGN UP

SKINCARE

Panduan Lengkap Penggunaan Peptide dan Retinol pada Skincare

Phanie Fauziah | Selasa, 29 Dec 2020 20:30 WIB
Panduan Lengkap Penggunaan Peptide dan Retinol pada Skincare
caption

Dalam penggunaan skincare sebenarnya tidak bisa sembarangan, beberapa produk skincare dengan kandungan tertentu memiliki aturan sebelum menggunakannya pada kulit wajah. Misalnya peptide dan juga retinol pada produk anti aging.

Penggunaan Peptide dan Retinol Untuk Anti-Aging
Penggunaan Peptide dan Retinol Untuk Anti-Aging/Freepik

Bagi Beautynesian yang baru pertama kali hendak memakainya perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan, cara pemakaian retinol yang kurang tepat bisa berisiko membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Begitupun dengan penggunaan peptide.

Penggunaan Peptide pada Skincare

Peptide Mencerahkan Kulit
Peptide Mencerahkan Kulit/Freepik

Menurut Women’s Health Magazine, peptide merupakan asam amino yang memiliki rantai pendek menyerupai fungsi kulit salah satunya menjaga elastisitas kulit  dan memproduksi kolagen.

Peptide terdiri dari dua macam, yaitu tetrapeptides dan hexapeptides. Nah, perlu kita ketahui bahwa perbedaan jenis peptides ini memiliki fungsi yang berbeda pada skincare.

Tak hanya itu, jika kadar asam amino ditambahkan ataupun dikurangi dari rantai peptide ini maka fungsinya juga akan berubah. Sedangkan, tetrapeptides berfungsi untuk mengencangkan kulit, sedangkan hexapeptides membantu mencerahkan kulit wajah. 

Dalam penggunaan skincare yang mengandung alangkah baiknya diaplikasikan setelah menggunakan sabun pembersih wajah dan langsung diaplikasikan ke wajah. Kita bisa menggunakannya di pagi dan malam hari.

Penggunaan Retinol pada Skincare

Retinol Menghaluskan Kulit/Freepik
Retinol Menghaluskan Kulit/Freepik

Retinol merupakan kandungan penting dalam produk skincare anti aging yang mampu merangsang produksi kolagen. Retinol juga berperan penting mempercepat proses regenerasi atau pembaruan sel kulit mati dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Dalam penggunaannya tidak perlu berlebihan karena semata ingin mendapat hasil yang cepat. Kesalahan umum yang terjadi pada penggunaan retinol adalah menggunakan terlalu banyak, terlalu sering, hingga kadar retinol yang terlalu tinggi.

Kita bisa memulai menggunakan retinol ini dengan kadar rendah. Jangan gunakan moisturizer atau pelembab sebelum kita menggunakan retinol, hal ini dikarenakan kandungan retinol cukup keras.

Saat digunakan bersama air yang tentunya terkandung di dalam moisturizer, kemungkinan besar kulit berisiko mengalami iritasi dan cenderung mengering.

Penggunaan retinol akan lebih efektif jika diaplikasikan pada malam hari. Sebenarnya bisa saja kita menggunakannya di pagi hari asalkan mengaplikasikan sunscreen setelahnya.

Produk yang memiliki kandungan retinol tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan dengan produk eksfoliasi, ataupun produk dengan kandungan benzoil peroksida. Adapun contohnya, yaitu produk eksfoliasi yaitu alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Retinol juga tidak boleh digunakan selama masa kehamilan karena bisa membahayakan janin ya ladies!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id