STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cuaca Ekstrem dan Tak Menentu Bikin Kulit Wajah Dehidrasi? Atasi dengan 6 Cara Berikut!

Tyas Arini | Beautynesia
Senin, 24 Jan 2022 12:00 WIB
Cuaca Ekstrem dan Tak Menentu Bikin Kulit Wajah Dehidrasi? Atasi dengan 6 Cara Berikut!

Umumnya beberapa perempuan akan mengalami kulit dehidrasi akibat cuaca ekstrem atau  tidak menentu. Kulit dehidrasi ini memiliki gejala yang mirip dengan jenis kulit kering, seperti kulit terasa kering, gatal hingga bersisik, bibir pecah-pecah hingga terlihat garis halus atau kerutan di wajah.

Kulit dehidrasi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebaiknya, segera atasi kulit dehidrasi apabila sudah menunjukkan gejalanya. Yuk, simak 6 cara mengatasi kulit dehidrasi pada wajah!

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Pembersih wajah yang lembut
Pembersih wajah yang lembut / foto: pexels.com/ronlach

Langkah pertama mengatasi kulit dehidrasi adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Ketika sudah seharian beraktivitas di luar ruangan, membersihkan wajah adalah wajib hukumnya. Terkadang banyak orang yang memilih sembarangan pembersih wajah, asal bersih katanya, padahal pembersih wajah menentukan kondisi kulit selanjutnya.

Untuk cuaca yang ekstrem seperti sekarang ini, sebaiknya pilih pembersih wajah atau face cleanser yang lembut. Hindari pembersih wajah yang menggunakan terlalu banyak kandungan sabun hingga membuat kulit terasa kering dan kaku. Menurut Healthline, pilih face wash yang gentle dan moisturizing namun tetap dapat membersihkan dengan baik.

2. Pakai Hydrating Toner

Pakai hydrating toner
Pakai hydrating toner / foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Sebagian Beauties mungkin berpikiran bahwa toner tidaklah terlalu penting. Namun, di saat cuaca yang panas terik, pemakaian toner dapat membantu melembapkan wajah sebelum mengaplikasikan skincare setelahnya.

Cari hydrating toner yang cukup melembapkan dan cocok di kulit Beauties. Umumnya hydrating toner mengandung hyaluronic acid, aloe vera dan vitamin E. Aplikasikan hydrating toner sesudah membersihkan wajah. Menurut American Academy of Dermatology, untuk saat ini, hindari kandungan AHA seperti pada exfoliating toner, sebab kandungan tersebut cenderung membuat kulit kering.

3. Tambahkan Essence dan Serum yang Melembapkan

Essence atau serum yang melembapkan
Essence atau serum yang melembapkan / foto: pexels.com/karolinagrabowska

Untuk pemilik kulit kering, produk hydrating toner masih kurang melembapkan. Jika ditambah dengan kondisi kulit dehidrasi, kulit wajah masih butuh tambahan kelembapan lagi. Melansir dari Healthline, penambahan produk essence atau serum dapat melembapkan kulit dan mengembalikan hidrasi.

Cari produk essence atau serum yang mengandung bahan yang dapat melembapkan kulit seperti hyaluronic acid, glycerin, vitamin B5, niacinamide dan bakuchiol. Produk essence atau serum yang melembapkan ini tidak hanya berbentuk cairan tapi dapat berbentuk face oil. Pastikan kandungannya cocok dengan kondisi kulit Beauties, ya.

4. Aplikasikan Pelembap

Aplikasikan pelembap
Aplikasikan pelembap / foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Semua jenis kulit wajib menggunakan pelembap, begitu juga dengan kulit berminyak. Pemakaian pelembap dapat membuat wajah terhidrasi dan mengontrol produksi sebum / minyak pada kulit. Melansir dari Healthline, penggunaan pelembap sangat penting untuk pemilik kulit kering dan dehidrasi.

Produk pelembap yang cocok untuk cuaca ekstrem seperti ini adalah pelembap bersifat humektan, yakni dapat meningkatkan kemampuan lapisan terluar kulit untuk menahan air dalam kulit. Umumnya pelembap yang bersifat humektan memiliki kandungan seperti glyserin, ceramide dan HA.

5. Jangan Lupakan Sun Protection!

Jangan lupa sunscreen
Jangan lupa sunscreen / foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Pemakaian sun protection atau sunscreen tidak boleh dilewatkan. Walaupun hanya beraktivitas dalam rumah, sebaiknya tetap menggunakan produk tabir surya. Penggunakan sun protection penting untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Melansir dari WebMD, selain dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV A dan UV B, produk sunscreen juga dapat membuat kulit tetap lembap di bawah sinar matahari. Jika Beauties beraktivitas di dalam ruangan, penggunaan sunscreen dengan SPF 30 sudah cukup, namun jika beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya menggunakan sunscreen dengan SPF 50.

6. Oleskan Lip Balm

Oleskan lip balm
Oleskan lip balm / foto: pexels.com/burst

Dilansir dari NBC News, tidak hanya kulit wajah yang dehidrasi saat cuaca tidak pasti seperti ini, kulit bibir pun akan berdampak. Bahkan biasanya kondisi dehidrasi terlihat saat bibir mulai terasa kering dan pecah-pecah. Kulit bibir yang kering dan pecah tentunya akan terasa tidak nyaman, apalagi ketika memakai lipstick ataupun lip cream.

Sebelum menggunakan produk bibir, sebaiknya gunakan lip balm terlebih dahulu. Hal ini akan membuat bibir terasa lembap dan produk lipstick akan menempel dengan baik. Jika memungkinkan, cari produk pelembap bibir yang mengandung SPF untuk Beauties yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Selain 6 cara di atas, Beauties dapat memperbanyak minum air putih dan makan makanan bergizi, seperti buah dan sayur, untuk menambah kadar air dalam tubuh. Jika kadar air dalam tubuh sudah terpenuhi, kondisi kulit dehidrasi pun akan membaik.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE