sign up SIGN UP

Bukan Cuma Wajah, Ini Alasan Kamu Perlu Pakai Sunscreen Sebelum Pakai Kuteks Gel

Febriyani Rahmania | Kamis, 13 Jan 2022 11:30 WIB
Bukan Cuma Wajah, Ini Alasan Kamu Perlu Pakai Sunscreen Sebelum Pakai Kuteks Gel
Wajah bukan satu-satunya bagian tubuh yang perlu dilindungi dari sinar ultraviolet matahari. (Foto: pexels.com/cottonbro)
Jakarta -

Dalam dunia kecantikan dan perawatan kulit, sunscreen bisa dibilang sebagai dewa. Keberadaannya menjadi hal paling penting dari seluruh rangkaian perawatan kulit yang ada. Dipakai sebagai langkah awal, sunscreen memiliki fungsi sebagai pelindung kulit dari risiko paparan sinar matahari.

Paparan sinar ultraviolet dari matahari memiliki kekuatan tinggi untuk menembus berbagai lapisan, bahkan tembok dan kaca sekali pun. Maka dari itu, banyak dokter kulit yang menyarankan untuk menggunakan sunscreen di mana pun kamu berada, terutama saat matahari masih bersinar.

Dikutip dari Byrdie, baru-baru ini, The American Academy of Dermatology (AAD) menyatakan bahwa orang-orang juga harus menggunakan sunscreen sebelum melakukan manikur gel. Hal ini disebabkan perawatan kuku memiliki efek samping yang berpotensi berbahaya.

Merawat Kuku/Foto: freepik/freepikIlustrasi merawat kuku. (Foto: freepik/freepik)

Berikut sederet alasan mengapa The American Academy of Dermatology menganggap hal ini penting dan bagaimana tabir surya melindungi kulit kamu selama manikur gel.

Risiko Manikur Gel

Kuteks gel memiliki memiliki sifat yang keras. Menurut Loren G. Franco, MD, FAAD, seorang dokter kulit di The Dermatology Specialists of Monmouth County, manikur gel dapat menyebabkan kuku rapuh, terkelupas dan pecah-pecah, dan penggunaan berulang dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan kulit dini pada tangan.

"Itu juga dapat menyebabkan kuku melemah dan berkembangnya jamur atau bakteri," imbuh Loren kepada Byrdie. Ditambah lagi lampu ultraviolet (UV) dan LED yang digunakan untuk mengeraskan cat kuku gel memiliki tingkat radiasi UVA yang tinggi dan meningkatkan risiko kanker kulit.

bentuk kuku ungkap kepribadian/Foto:pexels.com/cottonbroIlustrasi kuku. (Foto:pexels.com/cottonbro) 

Jika jemari terpapar sinar ultraviolet berulang kali, hal ini berpotensi membuat kulit jari menua lebih cepat dan terus meningkat dari waktu ke waktu. "Tanda-tandanya kulit tipis, kerutan, dan pigmentasi berbintik-bintik," kata Loren. 

Cara Melindungi Kulit Dari Radiasi UV

Untuk menurunkan risiko yang telah dipaparkan di atas, AAD menyarankan untuk mengoleskan tabir surya tahan air berspektrum luas, seperi sunscreen dengan SPF 30 atau lebih ke tangan kamu. "Penggunaan sunscreen akan membantu melindungi kulit kamu dari radiasi ultraviolet yang digunakan untuk menyegel cat kuku gel ke kuku," kata AAD dalam website-nya.

Menurut Angie Seelal, PA-C di Advanced Dermatology PC, ahli manikur dapat mengoleskan sunscreen sebagai ganti lotion. "Ini adalah waktu yang tepat bagi orang-orang untuk menukar lotion dengan tabir surya, terutama jika mereka melakukan manikur gel dan membutuhkan paparan sinar UV, atau bahkan jika mereka menggunakan sinar UV untuk mengeringkan," katanya.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id