STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Deretan Kandungan Bahan Skincare Terbaik untuk Merawat Kulit Kering Saat Musim Hujan

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Senin, 02 Jan 2023 20:30 WIB
Deretan Kandungan Bahan Skincare Terbaik untuk Merawat Kulit Kering Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, kulit kering membutuhkan perawatan lebih ekstra. Pasalnya, cuaca  yang dingin dapat membuat kelembapan dari udara dan kulit menguap sehingga kondisi kulit yang kering akan terasa seperti tertarik, gatal hingga bersisik. 

Untuk itu, penting untuk selalu menjaga kelembapan kulit di musim hujan menggunakan produk-produk yang tepat. Mengutip dari Self, ada beberapa kandungan bahan skincare unggulan yang bisa kamu andalkan untuk memberikan kelembapan maksimal pada kulit kering!

1. Glycerin

pelembab wajah
Pelembap wajah mengandung glycerin untuk kulit kering/Foto: Freepik/Rido81

Glycerin merupakan salah satu bahan humektan. Artinya, bahan ini mampu menghidrasi kulit dengan cara menarik dan mengikat air ke dalam kulit. Meskipun namanya kini kurang begitu populer, namun bahan ini masih tetap banyak digunakan sebagai bahan campuran produk-produk perawatan kulit seperti pelembap, body lotion, cleanser dan sabun.

2. Hyaluronic Acid

serum untuk kulit kering
Serum mengandung hyaluronic acid untuk kulit kering/Foto: Freepik/Freepik

Bicara soal kandungan bahan skincare populer, hyaluronic acid menjadi salah satu humektan yang berada dalam jajaran teratas. Dengan kemampuannya yang dapat mengikat air sampai 1000 kali lipat beratnya sendiri, membuat hyaluronic acid dipercaya lebih ampuh dalam membantu menghidrasi kulit. 

Selain kemampuanya untuk menghidrasi, bahan ini juga kerap digunakan dalam produk-produk antiaging karena dapat membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit menjadi lebih kenyal dan elastis. Hyaluronic acid juga dikenal tidak menyebabkan iritasi sehingga ramah untuk kulit sensitif, karena sejatinya bahan ini telah diproduksi oleh tubuh secara alami. Namun kadarnya semakin berkurang seiring bertambah usia).

3. Ceramide

pelembap untuk kulit kering
Mengaplikasikan pelembap mengandung ceramide untuk kulit kering/Foto: Freepik/Artursafronovvvv

Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak yang secara alami ada dalam kulit. Bahan ini membentuk sekitar 50% lapisan epidermis kulit dan berfungsi untuk menjaga hidrasi sekaligus melindungi skin barrier. Namun faktor-faktor seperti pertambahan usia, paparan sinar matahari hingga polusi bisa menjadikan kadar ceramide dalam kulit hilang lebih cepat.

Oleh karena itu, skincare dengan kandungan ceramide banyak digunakan untuk membantu mengembalikan hidrasi kulit yang hilang dan memperbaiki skin barrier yang rusak.

4. Squalane

pelembap untuk kulit kering
Mengaplikasikan pelembap mengandung squalane untuk kulit kering/Foto: Freepik/Freepik

Kandungan bahan selanjutnya yang ampuh memberikan kelembapan pada kulit adalah squalane. Bahan ini banyak digunakan dalam produk pelembap, serum maupun face oil dan bekerja dengan bertindak sebagai emolient. Dengan fungsinya tersebut, squalane mampu membantu melembapkan, memberikan efek halus pada kulit sekaligus menenangkan kulit yang iritasi.

5. Lactic Acid, Glycolic Acid dan Polyhydroxy Acid 

Serum untuk kulit kering
Serum mengandung lactic acid untuk kulit kering Foto: Freepik/Rawpixel-com

Kamu mungkin lebih mengenal lactic acid, glycolic acid dan polyhydroxy acid sebagai bahan untuk mengeksfoliasi kulit. Namun ketiga bahan ini ternyata juga termasuk dalam kelompok humektan, lho. 

Meski tidak disarankan untuk dijadikan sumber hidrasi utama, namun ketiganya bisa kamu jadikan pilihan alternatif bahan eksfoliasi yang ramah untuk kulit kering. Sebab, bahan-bahan ini tidak hanya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga bisa sekaligus membuat kulit menjadi lebih lembap.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE