STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Atasi Jerawat Hingga Kerutan, Berikut 5 Manfaat Kandungan Glycolic Acid pada Skincare untuk Kulit Wajah

Ratih Dewi | Beautynesia
Jumat, 11 Nov 2022 06:30 WIB
Atasi Jerawat Hingga Kerutan, Berikut 5 Manfaat Kandungan Glycolic Acid pada Skincare untuk Kulit Wajah

Glycolic acid adalah senyawa alami yang ada pada buah-buahan, seperti bit, atau jenis tebu tertentu. Kandungan asam ini termasuk dalam golongan AHA atau alpha hydroxy acids yang kita kenal sebagai kandungan eksfoliasi. 

Kandungan aktif ini bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi produksi minyak berlebih, dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. 

Biasanya, kandungan ini banyak ditemukan pada produk kecantikan yang berfungsi untuk eksfoliasi. Seperti, toner, serum, masker wajah, atau lainnya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut manfaat dari glycolic acid, simak artikel di bawah ini sampai habis, ya! 

1. Mengatasi Kulit Berjerawat 

Mengatasi Kulit Berjerawat
Mengatasi kulit berjerawat/foto: freepik.com/freepik

Salah satu penyebab kulit berjerawat adalah pori-pori yang tersumbat karena minyak ataupun kotoran. Glycolic acid bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori dengan optimal. 

Oleh sebab itu, kandungan aktif ini dapat mengatasi kulit berjerawat dan membersihkan komedo di kulit wajah. Demikian yang dilansir dari laman Very Well Health.

2. Menghambat Penuaan pada Kulit Wajah 

Menghambat Penuaan pada Kulit Wajah
Menghambat penuaan pada kulit wajah/foto: freepik.com/cookie_studio

Melansir dari laman Glamourglycolic acid dapat merangsang fibroblas di permukaan kulit untuk meningkatkan produksi kolagen.

Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit wajah akan terasa lebih kencang, kenyal, dan garis halus tersamarkan. Pemakaian rutin glycolic acid pada produk kecantikan membuat kulit lebih bercahaya dan sehat. 

3. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit Wajah
Mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah/foto: freepik.com/drobotdean

Kandungan aktif ini bekerja dengan masuk ke dalam permukaan kulit dan memecah ikatan sel-sel kulit mati yang membuat kulit wajah tampak cerah dan halus.

Selain itu, kandungan asam ini juga dapat memudarkan bintik hitam, melasma, juga hiperpigmentasi. Demikian yang dilansir dari laman Get Healthy Skin.

4. Membuat Penyerapan Skincare Lebih Optimal

Membuat Penyerapan Skincare Lebih Optimal
Membuat penyerapan skincare lebih optimal/foto: freepik.com/lookstudio

Karena kandungan asam ini masuk ke dalam kulit untuk mengangkat sel kulit mati, penyerapan kandungan skincare lainnya dapat bekerja lebih optimal pada kulit wajah. 

Seperti yang dilansir dari laman Allureglycolic acid dapat benar-benar menembus ke dalam dermis yang lebih dalam untuk membersihkan dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih sehat. 

5. Menenangkan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari

Mengatasi Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari
Mengatasi kulit akibat paparan sinar matahari/foto: freepik.com/freepik

Paparan sinar matahari dapat merusak kesehatan kulit, yang menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan kerutan.

Kandungan glycolic acid memiliki efek perlindungan terhadap sinar UVB matahari yang dapat membantu mencegah photoaging, seperti yang dilansir dari laman Medical News Today.

Kandungan aktif ini juga merupakan kandungan eksfoliasi yang gentle untuk kulit dan dinilai aman untuk semua jenis kulit wajah. 

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE