sign up SIGN UP

Di Rumah Aja, Masih Tetap Harus Pakai Sunscreen?

Meydiana Adinda | Beautynesia
Jumat, 12 Feb 2021 08:30 WIB
Di Rumah Aja, Masih Tetap Harus Pakai Sunscreen?
caption

Sunscreen atau tabir surya berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sehingga mencegah kulit dari berbagai kerusakan dan penyakit akibat sinar UV, seperti kanker kulit, sunburn, hingga penuaan dini. Maka dari itu, penggunaan sunscreen di rutinitas skincare bersifat wajib, lho.

Nah, jika kita beraktivitas di rumah saja seperti saat ini, apakah penggunaan sunscreen masih perlu?

Memang, penggunaan sunscreen saat tidak terpapar matahari secara langsung terasa tidak perlu dan sia-sia. Karena fungsi utamanya adalah untuk melindungi kulit dari sinar matahari, banyak orang yang melewatkan penggunaan sunscreen jika hanya berada di rumah.

Gunakan sunscreen setiap hari agar kulit terlindungi dari sinar UV
Proteksi Kulit dengan Sunscreen/instagram.com/joylabbeauty

Padahal, kita tetap dianjurkan untuk menggunakan sunscreen walau hanya di rumah, lho. Hal ini disebabkan sinar UV bisa saja masuk melalui jendela, kaca, atau ruang terbuka lainnya yang ada di rumah. Apalagi, walaupun hanya di rumah, bisa saja kita tetap beraktivitas keluar seperti menyiram tanaman, menjemur pakaian, membuang sampah, dan lainnya.

Selain itu, jika kamu menggunakan skincare berbahan retinol, AHA, atau BHA di malam harinya, akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Sehingga, lebih baik berjaga-jaga dan tetap menggunakan sunscreen untuk memproteksi kulit.

Untuk menggunakan sunscreen dengan tepat, berikut hal-hal penting lain yang perlu diperhatikan:

1. Jenis-jenis Sunscreen

Pilihlah tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit
Berbagai Jenis Sunscreen/pinterest.com/yesmissy

Ada dua jenis tabir surya, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen atau yang sering disebut sunblock. Keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Apapun pilihanmu, tidak menjadi persoalan. Namun, jika Ladies di rumah saja dan tidak terpapar matahari secara intens, mungkin penggunaan chemical sunscreen lebih cocok karena cenderung lebih ringan.

2. Takaran Penggunaan Sunscreen

Gunakan sunscreen sebanyak dua jari agar bekerja optimal
Dua Jari untuk Sunscreen/pinterest.com/lovebylaur

Takaran penggunaan sunscreen yang tepat adalah sekitar setengah sendok teh atau dua jari untuk wajah dan leher. Penggunaan sunscreen yang terlalu sedikit akan menjadi percuma karena tidak optimal. Jadi, perhatikan kembali penggunaan sunscreen ya.

3. Pemakaian Berulang

Rutinitas skin care pagi hariRutinitas skin care pagi hari/ Foto: Freepik.com


Selain takaran yang tepat, sunscreen juga wajib dipakai berulang setiap 2-3 jam. Hal ini karena sunscreen yang tidak lagi optimal setelah 2 jam pemakaian, dan jumlahnya pun berkurang karena luntur terkena keringat, gesekan, bahkan ekspresi wajah. Makanya Ladies, reapply sunscreen sangat penting!

Nah, itu dia pembahasan mengenai penggunaan tabir surya. Setelah ini, walaupun hanya di rumah, jangan lupa rutin menggunakan sunscreen ya, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id