sign up SIGN UP

SKINCARE

Sunscreen SPF 30 vs SPF 50: Yuk Ketahui Bedanya!

Dimitrie Hardjo | Kamis, 07 Jan 2021 11:00 WIB
Sunscreen SPF 30 vs SPF 50: Yuk Ketahui Bedanya!
caption

Tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu skincare yang wajib digunakan, baik di luar maupun di dalam ruangan. Memahami akan kebutuhan ini, banyak brand pun memproduksi sunscreen dengan beragam manfaat ekstra di luar melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Namun, tentu saja kandungan SPF dalam tabir surya menjadi pertimbangan utama dalam memilih produk sunscreen. Seperti yang telah diketahui, tabir surya memiliki beberapa SPF, mulai dari SPF 25 hingga SPF 100.

Tapi, tahukah kamu apa itu SPF? Nah, di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai SPF 30 dan SPF 50 yang paling umum dimiliki produk sunscreen.

Apa itu SPF?

Sunscreen dengan berbagai level SPF sesuai kebutuhan.
Sunscreen dengan berbagai level SPF sesuai kebutuhan. Foto: freepik.com

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. SPF ini memiliki level perlindungan terhadap kulit yang biasa disebut dengan SPF 25, SPF 30, SPF 50, dan seterusnya. Semakin besar level SPF, tentu proteksi yang dimiliki juga berbeda. 

Penggunaan tabir surya perlu disesuaikan dengan tempat di mana kita berada dan juga warna kulit yang dimiliki. Orang yang berkulit putih, seperti ras kaukasia, memiliki kandungan melanin lebih sedikit dibandingkan yang berkulit sawo matang sehingga membutuhkan SPF yang lebih tinggi pula.

Selain itu, jika kita beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara terus menerus, biasanya kulit akan terbakar dalam 10 menit jika tidak terlindungi. Maka dari itu, sebaiknya kita menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi untuk mencegah kulit terbakar. 

SPF 30

Sunscreen SPF 30 yang dapat bertahan hingga 5 jam.
Sunscreen SPF 30 yang pas digunakan kulit orang Indonesia. Foto: freepik.com

Karena kulit bisa terbakar dalam 10 menit jika tidak diberikan perlindungan, SPF 30 berarti kulitmu dapat terlindungi selama 30 menit lebih lama, yaitu 300 menit atau sekitar 5 jam sebelum pemakaian sunscreen kembali. Selain itu, SPF 30 juga berarti krim tabir surya mampu melindungi kulit dari sinar UVB sebesar 97%. 

Untuk kulit orang Indonesia, sunscreen dengan minimal SPF 30 sudah cukup untuk melindungi kulit karena kita mempunyai cukup melanin. Selain itu, SPF 30 juga cukup untuk dipakai mereka yang beraktivitas di dalam ruangan.

SPF 50

Sunscreen SPF 50 yang dapat bertahan sampai 8 jam untuk aktivitas luar ruangan.
Sunscreen SPF 50 dapat bertahan sampai 8 jam untuk aktivitas luar ruangan. Foto: freepik.com

Seperti SPF 30, SPF 50 berarti krim tabir surya bisa melindungi kulitmu 50 kali lebih lama dari ketika tidak memakai sunscreen apapun, yaitu 500 menit atau sekitar 8 jam sebelum pengaplikasian kembali. SPF 50 ini juga mampu melindungi kulit dari sinar UVB sebesar 98%. 

Nah, setelah mengetahui perbedaannya, perlu diingat bahwa efektivitas sunscreen untuk melindungi kulit juga sangat bergantung pada pemakaian yang berulang. Jadi, jangan lupa pakai sunscreen-mu ya, Ladies!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id