sign up SIGN UP

Duh, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Rambut Gampang Rontok! Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 07:30 WIB
Duh, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Rambut Gampang Rontok! Ada yang Sering Kamu Lakukan?
Kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin rambut rontok/Foto: Freepik/Freepik

Beauties, apakah kamu sering mengalami rambut rontok? Kerontokan pada rambut memang menjadi salah satu masalah rambut yang paling sering terjadi. Menurut American Academy of Dermatologists, rata-rata orang mengalami kerontokan pada rambut adalah sekitar 50-100 helai setiap harinya.

Meskipun hal ini merupakan hal umum yang sering terjadi, tetapi jika tidak segera diatasi maka rambut akan kehilangan kepadatannya sehingga akan lebih cepat mengalami kerontokan yang mengakibatkan rambut menjadi menipis. Faktor penyebab rambut rontok bisa bermacam-macam, namun yang paling umum adalah karena kebiasaan sehari-hari yang dijalani.

Nah, kira-kira kebiasaan seperti apa saja yang menyebabkan rambut menjadi rontok? Penasaran, Beauties? Berikut 7 kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat rambut rontok. Check it out!

Membilas Rambut dengan Air Panas

Membilas rambut dengan air panas
Membilas rambut dengan air panas/Foto: Freepik/@yanalya

Mandi dengan air panas memang menyegarkan, tetapi jangan sampai rambutmu ikut dibilas dengan air panas, ya! Membilas rambut dengan air panas bisa membuat rambut menjadi cepat rontok karena air panas dapat memicu helai rambut menjadi stres dan dehidrasi.

Melansir dari Health Shots, air panas juga bisa mengeringkan kulit kepala sehingga pori-pori kulit akan terbuka dan menghasilkan produksi minyak yang berlebih. Inilah mengapa banyak orang yang kehilangan rambutnya setelah membilas dengan air panas.

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Perempuan mengikat rambut
Perempuan mengikat rambut/Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Terkadang kita menginginkan penampilan yang rapi dengan mengikat rambut terlalu kencang. Padahal faktanya, mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok

Menurut seorang konsultan dermatologis kosmetik dan CEO Kosmoderma Clinics, Dr Chytra V Anand, mengikat rambut terlalu kencang dapat menarik dan memberikan ketegangan konstan pada rambut sehingga mengakibatkan garis rambut berkurang, stres, dan akhirnya merusak folikel rambut bahkan yang terburuknya bisa menyebabkan traksi alopecia, suatu kondisi di mana folikel melemah secara permanen untuk rambut bisa tumbuh kembali.

Terlalu Sering Menggunakan Alat Penata Rambut

Penggunaan alat penata rambut
Penggunaan alat penata rambut/Foto: Pexels/RODNAE Productions

Satu kebiasaan yang paling sering dilakukan, tetapi jarang disadari dampaknya. Yup, menggunakan alat penata rambut. Alat penata rambut cenderung menghasilkan panas yang bisa berdampak buruk pada rambut jika digunakan terlalu sering.

Ini bisa menyebabkan kerusakan dan membuat kulit kepala menjadi lemah. Panas yang dihasilkan dari alat penata rambut akan menghilangkan minyak dan protein pada rambut sehingga dapat mengganggu keseimbangan kelembapan rambut dan memicu terjadinya rambut rontok.

Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari
Terlalu sering terpapar sinar matahari/Foto: Freepik/@cookie_studio

Kerontokan pada rambut bisa disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari, UVA dan UVB dalam waktu lama dapat merusak lapisan luar helaian rambut, yang disebut kutikula. 

Terlalu Sering Menggaruk Kepala

Gatal pada kulit kepala bisa dipicu karena adanya infeksi jamur, alergi atau peradangan. Jika kulit kepalamu terasa gatal maka garuklah sewajarnya. Menggaruk kulit kepala berulang kali secara agresif dapat merusak folikel rambut yang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.

Jarang Mencuci Rambut

Mencuci rambut
Mencuci rambut/Foto: Freepik/@valuavitaly

Umumnya, mencuci rambut bisa dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Jika kamu jarang mencuci rambut maka rambut akan mengalami kerusakan, yang mana rambut akan sulit untuk tumbuh karena adanya penumpukan kotoran pada kulit kepala sehingga bisa memicu terjadinya penipisan dan kerontokan pada rambut.

Stres yang Berlebihan

Stres yang berlebihan
Stres yang berlebihan/Foto: Freepik/@tirachardz

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga mengakibatkan gangguan pada siklus pertumbuhan rambut yang sehat. Melansir dari Mayo Clinic, tiga jenis kerontokan pada rambut yang berkaitan dengan stres adalah pengeluaran telogen, trikotilomania, dan alopesia areata.

Pengeluaran telogen terjadi karena stres yang signifikan mendorong sejumlah besar folikel rambut ke fase istirahat. Dalam beberapa bulan, rambut akan mengalami kerontokan saat disisir atau saat keramas.

Sedangkan, trikotilomania adalah dorongan yang tak tertahankan untuk mencabut rambut dari kulit kepala, alis, atau area tubuh lainnya yang disebabkan karena stres berlebihan. Adapun, alopecia areata adalah keadaan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut yang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.

Nah, Beauties itulah tadi 7 kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Jika kamu mengalaminya segera atasi, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id