sign up SIGN UP

Duh! Hindari 5 Penyebab Perempuan Jadi Cepat Tua Sebelum Waktunya

Dian Aprilia | Beautynesia
Rabu, 03 Feb 2021 21:00 WIB
Duh! Hindari 5 Penyebab Perempuan Jadi Cepat Tua Sebelum Waktunya
caption
Jakarta -

Banyak yang bilang wanita lebih cepat tua dibandingkan laki-laki, mitos atau fakta ya? Ariana Soejanto, pakar kesehatan kulit menyebut bahwa perempuan lebih cepat tua dibandingkan laki-laki karena memiliki hormon yang lebih bervariasi dan mempengaruhi kondisi kulit.

Jadi jangan langsung baper ya, kalau ada yang bilang kamu terlihat lebih tua dibandingkan dengan suami. Meski begitu, para wanita tetap bisa memperlambat penuaan dini agar tetap kinclong dan awet muda. Salah satu hal yang penting adalah menghindari penyebab-penyebab yang bikin wajah cepat tua.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 penyebab yang bikin wanita cepat tua sebelum waktunya:

Sering Terpapar Polusi Udara

Polusi
Polusi/pexels.com

Bagi kamu yang pekerja kantoran dan setiap hari harus bergumul dengan kemacetan, maka kamu harus punya usaha ekstra untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, polusi udara bisa mempercepat proses penuaan pada kulit dengan cara mengganggu proses pembentukan kolagen serta bisa meningkatkan kadar stress oksidatif.

Oleh sebab itu, penting bagi para wanita yang punya agenda padat di luar rumah untuk sering melakukan eksfoliasi kulit setiap malam. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dan juga sel kulit mati. Selain itu, kamu juga harus memilih produk perawatan kulit yang kaya antioksidan. Sebab antioksidan mampu memerangi radikal bebas seperti halnya polusi udara.

Malas Merawat Kulit

Merawat kulit
Merawat kulit/pexels.com

Karena wanita memiliki potensi lebih besar untuk terlihat tua, maka merawat kulit bukanlah pilihan melainkan keharusan. Terkadang kesibukan menjadi alasan klise bagi para wanita yang enggan merawat kulit. Padahal tak perlu waktu lama, kamu hanya cukup meluangkan waktu 30 menit per hari untuk menggunakan berbagai produk basic perawatan kulit.

Salah satu ritual wajib perawatan kulit adalah dilakukan sebelum tidur. Bersihkan wajah dari kotoran, debu, dan sisa riasan, dengan melakukan double cleansing (cleansing oil dan facial wash). Lalu pakai moisturizer agar kelembaban kulit terjaga dan bisa mendorong regenerasi kulit.

Salah Posisi Tidur

Tidur
Tidur/pexels.com

Orang cenderung masa bodo dengan posisi tidur, selama nyaman dan bikin tidur nyenyak maka tidak masalah. Padahal faktanya, salah posisi tidur ternyata juga bisa berdampak pada penuaan dini. Hal ini dikarenakan saat tidur bisa terbentuk kerut wajah dan bisa bertahan secara permanen di wajah.

Oleh sebab itu, hindari tidur dalam posisi tengkurap karena akan bikin kulit menempel di bantal dan membentuk kerutan. Hal ini berakibat pada kulit yang akan kehilangan elastisitasnya. Selain itu, pilihlah bantal dengan bahan yang lebih lembut agar tidak menekan wajah secara berlebihan, seperti satin.

Terpapar Sinar Biru pada Ponsel

Handphone
Handphone/pexels.com

Sinar biru yang berasal dari ponsel ternyata dapat menyebabkan terjadinya gangguan tidur yang juga akan berdampak pada penuaan dini. Bahkan menurut penelitian, sinar biru yang dihasilkan dari ponsel bisa menyebabkan kerusakan kulit. Hal ini dikarenakan sinar biru bisa memunculkan stres oksidatif pada kulit dan membuat kulit mengalami peradangan dan penuaan dini.

Sebaiknya hindari pemakaian ponsel yang terlalu lama, utamanya saat menjelang tidur. Kamu bisa memilih berbagai aktivitas lainnya sebagai pengantar tidur seperti membaca buku, buat journal gratitude dan lainnya.

Merokok dan Minum Alkohol

Alkohol
Alkohol/pexels.com

Secara umum, merokok dan minum alkohol memang tidak bagus untuk kesehatan bagi berbagai organ tubuh, termasuk kulit. Orang yang merokok biasanya memiliki keriput di wajah lebih banyak dibandingkan mereka yang tak merokok.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat kimia pada rokok yang dapat mengganggu aliran darah ke wajah. Kondisi tersebut juga terjadi pada mereka yang sering konsumsi minuman alkohol.

Itulah 5 hal yang wajib kamu hindari agar wajah tidak kelihatan lebih tua dari usia aslinya. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih percaya diri dan nyaman dengan penampilanmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id