STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Fakta Menarik tentang Kulit Cokelat atau Eksotis, Warna Kulit yang Dimiliki Kebanyakan Perempuan Indonesia

Meuthia Khairani | Beautynesia
Sabtu, 19 Nov 2022 15:00 WIB
Fakta Menarik tentang Kulit Cokelat atau Eksotis, Warna Kulit yang Dimiliki Kebanyakan Perempuan Indonesia
Ilustrasi perempuan berkulit eksotis/Foto: Freepik/Racool_studio

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan variasi warna kulit yang diturunkan secara genetik, ras, dan etnis yang juga sangat beragam. Mayoritas penduduk Indonesia memiliki kulit berwarna sawo matang, kuning langsat, dan putih gading.

Keberagaman warna kulit ini didukung oleh banyaknya pilihan varian warna di produk kecantikan wajah seperti bedak, BB cream, foundation, concealer, dan sebagainya. Sehingga, produk kosmetik mengikuti warna kulit yang kita miliki, bukan kita yang melulu harus mengubah warna kulit menjadi lebih cerah.

Warna kulit kecoklatan ini juga disebut dengan istilah 'eksotis', dan dipandang banyak orang di masa kini sebagai warna kulit yang seksi, yang pada akhirnya menyadarkan kita bahwa tidak perlu terpengaruh dan terlalu ambisius untuk mencerahkan warna kulit gelap atau eksotis yang kita miliki dengan menggunakan produk pemutih yang begitu sempat gencar diiklankan, seolah berkulit putih lebih menawan daripada kulit yang lebih gelap.

Mengapa? Karena kulit cokelat itu memiliki beberapa fakta menarik dan keistimewaan, seperti yang akan kita bahas di bawah ini, Beauties.

1. Terlihat Awet Muda

Ilustrasi perempuan berkulit gelap atau eksotis/Foto: Freepik/wayhomestudio
Ilustrasi perempuan berkulit cokelat atau eksotis/Foto: Freepik/wayhomestudio

Seorang spesialis kulit bernama Bianca Estelle, via Cafe Mom, mengungkap bahwa orang-orang berkulit eksotis cenderung tidak cepat mengalami penuaan kulit. Hal ini disebabkan oleh jumlah kolagen dan melanin yang bisa melindungi kulit dari faktor-faktor penyebab penuaan.

Menyambung pernyataan di atas, mengutip Practo, kulit berwarna gelap dapat menyamarkan kerutan halus dan dalam, pori-pori, dan bintik-bintik hitam di kulit.

2. Dinilai Lebih Tahan Terhadap Radiasi Matahari

Ilustrasi perempuan berkulit gelap atau eksotis/Foto: Freepik/pch.vector
Ilustrasi perempuan berkulit gelap atau eksotis/Foto: Freepik/pch.vector

Masih dari Practo, orang-orang berkulit warna gelap lebih kuat saat terpapar sinar matahari karena tidak mudah mengalami luka bakar, juga sensasi melepuh karena sengatan matahari. Sehingga, orang-orang berkulit ini dianggap mampu lebih lama berjemur atau relaksasi di pantai daripada orang-orang yang kulitnya lebih cerah.

3. Bekas Luka Jadi Tertutupi

Ilustrasi perempuan berkulit gelap atau eksotis/Foto: Freepik/Racool_studio
Ilustrasi perempuan berkulit gelap atau eksotis/Foto: Freepik/Racool_studio

Kulit kecoklatan bisa membuat warna kulit kita terlihat lebih rata. Selain itu, secara tidak  langsung kegelapan warna kulit dapat membuat bekas luka, bekas jerawat, atau flek hitam di wajah kita menjadi tersamarkan, Beauties.

Well, dapat merasa nyaman dengan penampilan diri sendiri dan merasa puas dengan keadaan fisik kita sejak dilahirkan adalah hal yang lebih penting untuk ditanamkan di dalam diri masing-masing. Kita tetap bisa terlihat cantik melalui kelebihan, karya, dan pencapaian hidup, tak melulu tentang terang atau gelapnya kulit kita.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE