sign up SIGN UP

Hati-Hati, 3 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Kulit Menua Sebelum Waktunya

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 23:00 WIB
Hati-Hati, 3 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Kulit Menua Sebelum Waktunya
Ilustrasi perempuan yang mengalami penuaan dini pada kulit/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Vajirawich Wongpuvarak
Jakarta -

Seiring pertambahan usia, kulit juga akan menua secara alami. Meski demikian ada beberapa faktor yang bisa bikin kulit lebih cepat menua sebelum waktunya.

Seperti beberapa kebiasaan buruk yang bikin kulit mengalami penuaan dini. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari kebiasaan ini berdampak buruk bagi kulit. Sehingga kebiasaan ini terus menerus dilakukan dan pada akhir membuat kulit lebih 'cepat tua'.

Yuk ketahui 3 kebiasaan buruk penyebab kulit menua sebelum waktunya.

Tidak Mengaplikasikan Sunscreen

Ilustrasi menggunakan sunscreen/Pexels.com/Photo by Moose Photos
Ilustrasi menggunakan sunscreen/ Foto: Pexels.com/Moose Photos

Sunscreen adalah jenis produk perawatan kulit dasar yang kita perlukan. Dan kebiasaan tidak mengaplikasikan sunscreen adalah salah satu dari kebiasaan buruk yang bikin penuaan dini.

Padahal pengaplikasian sunscreen ini sangat penting bagi kulit untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Malas menggunakan sunscreen bisa membuat kulit mengalami penuaan dini seperti kulit keriput, kulit kusam, flek hitam, dan risiko terkena kanker kulit.

Jangan lupa aplikasikan sunscreen sebagai skincare pelindung kulitmu dan re-apply kembali setiap dua jam agar perlindungan kulitmu semakin sempurna.

Terlalu Sering Begadang

Ilustrasi begadang/Freepik.com/diana.grytsku
Ilustrasi begadang/ Foto: Freepik.com/diana.grytsku

Kebiasaan begadang adalah salah satu dari penyebab kulit tua sebelum waktunya. Hasil studi menunjukkan pola tidur kurang dari 5 jam meningkatkan risiko rusaknya skin barrier dan penuaan dini.

Hal ini terjadi karena kurang tidur mengganggu proses regenerasi sel sehingga wajah lebih kusam dan cepat tua. Sebaliknya, orang-orang dengan durasi tidur 7-9 jam mempunyai kulit yang lebih awet muda dan bangun lebih segar.

Selain itu, posisi tidur menyamping juga bisa membuat muka lebih cepat tua karena tekanan pada bantal bisa memicu timbulnya garis halus pada kening, pipi dan dagu. Sebagai gantinya, kamu bisa tidur dengan cara terlentang untuk menghindari kerutan di wajah.

Stress

Ilustrasi/Pexels.com/energepic.com
Ilustrasi stress/ Foto: Pexels.com/energepic.com

Stress adalah hal yang sulit dihindari dalam hidup. Stress bisa dipicu oleh banyak hal, seperti urusan keluarga, kerjaan, kuliah hingga urusan percintaan. Nah yang harus kamu ketahui adalah stress ini merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Stress akan membuat mukamu cepat tua dan tampak kusam. Otak akan melepaskan hormon kortisol secara otomatis jika kita merasa stress. Nah, hormon inilah yang akan melemahkan kolagen kulit sehingga kulit akan lebih cepat menua.

Oleh karenanya, meskipun nggak bisa dihindari, lakukanlah hal-hal yang bisa mengurangi stress seperti berolahraga, mendengarkan musik atau bercerita kepada support system kita.

Itu dia 3 kebiasaan buruk yang bisa bikin kulit menua sebelum waktunya. Yuk stop lakukan kebiasaan tersebut agar kulitmu tetap sehat dan awet muda, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id