sign up SIGN UP

5 Tanaman Penghasil Minyak Nabati Ini Punya Banyak Manfaat

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 21:00 WIB
5 Tanaman Penghasil Minyak Nabati Ini Punya Banyak Manfaat
caption

Minyak nabati merupakan minyak yang terbuat dari ekstrak bagian tumbuhan. Jenis minyak nabati dapat digunakan sebagai makanan, bahan penggorengan, bahan pewangi, maupun pengobatan.

Salah satu minyak nabati yang terkenal di Indonesia ialah minyak kelapa sawit. Sebagai negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, minyak kelapa sawit memiliki banyak manfaat lho, Beauties. Tak hanya untuk menggoreng, minyak kelapa sawit dapat digunakan sebagai produk kecantikan hingga bahan bakar.

Namun, masih ada banyak tanaman-tanaman penghasil minyak nabati yang sering dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat lho, Beauties. Mengutip dari berbagai sumber, berikut jenis tanaman penghasil minyak nabati. Simak yuk!

1. Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit berguna untuk kesehatan dan kecantikan
Minyak Kelapa Sawit/ Foto: Freepik.com/ruksutakarn

Tak asing dengan tanaman satu ini, Indonesia menjadi negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar. Memiliki banyak kegunaan sebagai campuran untuk bahan kosmetik, sabun, pembuatan minyak goreng, maupun bahan bakar Biodisel.

Pada produk kecantikan, minyak kelapa sawit dapat digunakan sebagai skincare yang dapat meregenerasi kulit dan mencerahkan karena kandungan nutrisi yang tinggi.

2. Biji Kedelai

Minyak biji kedelai memiliki kadar lemak yang rendah
Minyak Biji Kedelai/ Foto: Freepik.com/jcomp

Minyak kedelai berasal dari kacang kedelai utuh yang diekstrak. Saat ini, minyak kedelai banyak digunakan sebagai minyak goreng yang rendah lemak dan kaya akan asam lemak omega-3. Minyak kedelai juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti pencegahan penyakit jantung dan stroke.

Untuk Beauties yang sedang diet, disarankan untuk menggunakan minyak kedelai karena kandungan lemak yang rendah dan dapat mengendalikan kadar kolesterol pada tubuh.

3. Bunga Matahari

Minyak bunga matahari bagus untuk kecantikan
Minyak Bunga Matahari/ Foto: Freepik.com/jcomp

Berasal dari tanaman dengan bunga cantik yang berguna untuk kecantikan kulit dan kesehatan. Kaya akan kandungan vitamin E yang dapat meregenerasi sel kulit dan menangkal radikal bebas pada kulit akibat paparan sinar UV yang menyebabkan penuaan kulit.

Sementara untuk kesehatan, minyak bunga matahari dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti menyembuhkan luka dan menjaga kesehatan jantung. Wah, banyak banget ya Beauties manfaatnya!

4. Kelapa

Minyak kelapa berguna untuk kesehatan dan kecantikan
Minyak Kelapa/ Foto: Freepik.com/jcomp

Buah kelapa mengandung banyak air yang berguna untuk kesehatan. Kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat menyembuh penyakit. Minyak kelapa berguna untuk mencegah berbagai penyakit seperti menjaga kesehatan jantung dan mencegah diabetes.

Untuk kecantikan, minyak kelapa dapat digunakan untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Tak hanya itu, minyak kelapa dapat digunakan untuk menggoreng lho, Beauties.

5. Zaitun

Minyak zaitun banyak digunakan untuk produk kecantikan
Minyak Zaitun/ Foto: Freepik.com/freepik

Minyak zaitun merupakan minyak yang diekstrak dari buah zaitun. Mengandung berbagai macam nutrisi seperti lemak, kalsium, vitamin E, dan vitamin K.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya menjadikan minyak zaitun sebagai minyak alami yang menyehatkan untuk minyak goreng maupun campuran makanan. Memiliki manfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan mencegah sel kanker.

Tak hanya itu, minyak zaitun kerap digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan yang berguna untuk melembapkan dan merawat kulit.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id