sign up SIGN UP

Hati-Hati! Ini 3 Bahaya yang Mengintai Kalau Kamu Malas Menggunakan Sunscreen

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 06:45 WIB
Hati-Hati! Ini 3 Bahaya yang Mengintai Kalau Kamu Malas Menggunakan Sunscreen
caption
Jakarta -

Sunscreen adalah jenis skincare wajib yang kita gunakan setiap harinya. Bahkan saking pentingnya, penggunaan sunscreen tak cukup sekali saja melainkan perlu re-apply setiap dua jam.

Namun sayangnya kita sering kali mengabaikan pemakaian sunscreen entah karena malas atau karena sudah terburu-buru beraktivitas. Padahal manfaat sunscreen sangat banyak lho untuk kulit.

Sebaliknya, malas menggunakan sunscreen akan menyebabkan dampak buruk bagi kulit. Nah, supaya kamu nggak skip lagi pemakaian sunscreen, yuk ketahui 3 dampak buruk malas menggunakan sunscreen!

Penuaan Dini

Ilustrasi keriput/Freepik.com/photo created by valuavitaly
Ilustrasi keriput/ Foto: freepik.com/valuavitaly

Tumbuh menua adalah hal yang nggak bisa kita hindari. Meski demikian, pada kasus kulit kita bisa mengalami penuaan dini alias tua sebelum waktunya. Nah penuaan dini ini adalah salah satu dampak buruk malas menggunakan sunscreen.

Paparan sinar UV akan membuat kulit wajah menua lebih cepat. Hal ini disebabkan kulit yang kehilangan elastisitasnya karena paparan sinar matahari langsung. Dengan demikian kulitmu akan menjadi kusam, timbul garis halus di wajah dan flek hitam.

Timbulnya Flek Hitam

Ilustrasi flek hitam/Freepik.com/freepik
Ilustrasi flek hitam/ Foto: Freepik.com/freepik

Umumnya, flek hitam akan muncul di wajah saat usia kita menginjak 40 tahunan. Namun flek hitam ini bisa muncul lebih cepat jika kamu nggak rajin menggunakan sunscreen.

Flek hitam ini timbul karena produksi melanin yang meningkat karena paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama. Sebaliknya dengan menggunakan sunscreen kulit bakalan terlindungi dari paparan sinar UV.

Terlebih bagi kita yang hidup di negara tropis seperti Indonesia, wajib banget menggunakan sunscreen setiap harinya.

Kulit Terbakar

Ilustrasi/Pexels.com/Photo by Riccardo
Ilustrasi paparan sinar matahari/ Foto: Pexels.com/Riccardo

Tak menggunakan sunscreen juga bikin kulitmu lebih mudah terbakar. Pernah nggak sih setelah kamu 'panas-panasan', kulitmu memerah dan sedikit terasa perih?

Nah, hal itu terjadi karena paparan sinar matahari yang menyengat. Beda ceritanya kalau kamu menggunakan sunscreen sebelum panas-panasan. Mengaplikasikan sunscreen akan mengurangi resiko kulit terbakar karena paparan sinar matahari.

Selain membuat kulit terbakar, dampak buruk malas menggunakan sunscreen yang paling parah adalah kanker kulit.

Itu dia berbagai dampak buruk dan bahaya yang mengintai jika malas menggunakan sunscreen bagi kulit. Rutin menggunakan sunscreen akan menjaga kulitmu dari berbagai efek buruk tersebut. Jadi, jangan malas pakai sunscreen ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id