sign up SIGN UP

Amankah Penggunaan Sunscreen Pada Anak? Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Menurut Dokter Kulit

Retno Anggraini | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 07:00 WIB
Amankah Penggunaan Sunscreen Pada Anak? Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Menurut Dokter Kulit
caption
Jakarta -

Indonesia dikenal sebagai negara beriklim tropis, sangat penting bagi kita untuk selalu memakai sunscreen baik di dalam maupun luar ruangan. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak, lho!

Mengingat kulit mereka cenderung lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa, penggunaan sunscreen pada anak pun tidak semudah penggunaannya pada orang dewasa. Melansir dari Harper's Bazaar Singapore, berikut beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum menggunakan sunscreen pada anak.

Usia Minimal Anak Boleh Pakai Sunscreen

Usia minimal anak boleh pakai sunscreen
Usia minimal anak boleh pakai sunscreen/Foto: Freepik.com/anuta23

Memiliki kulit yang tipis dan sensitif, The American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan sunscreen pada anak sebaiknya diberikan setelah berusia lebih dari enam bulan.

Hal ini dikarenakan kulit anak di bawah enam bulan masih sangat halus sehingga menggunakan sunscreen saja tidak cukup untuk memberikan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya.

Risiko Penggunaan Sunscreen pada Anak

Risiko memakai sunscreen pada anak
Risiko memakai sunscreen pada anak/Foto: Freepik.com/travnikovstudio

Sunscreen mengandung bahan-bahan kimia tertentu yang dapat menyerap ke dalam aliran darah. Jika diserap dalam jumlah yang besar, bahan-bahan tersebut dapat mengganggu sistem endokrin dan mempengaruhi hormon. Anak-anak sangat rentan terhadap bahan-bahan ini.

Bahan kimia pada sunscreen juga bisa jadi masalah karena dapat menyebabkan iritasi kulit atau alergi. Penggunaan sunscreen pada anak dengan eksim atau kulit sensitif pun juga harus ektra hati-hati karena mereka lebih mudah mendapatkan reaksi alergi.

Jenis Sunscreen yang Cocok untuk Anak

Jenis sunscreen yang cocok
Jenis sunscreen yang cocok/Foto: Freepik.com/nightunter

Saat ini, ada banyak jenis sunscreen yang sangat mudah ditemukan. Mulai dari sunscreen berbentuk gel, krim, spray, hingga powder. Kira-kira, jenis sunscreen apa yang cocok untuk anak?

Menurut dokter kulit anak, sunscreen berbentuk krim lebih cocok daripada sunscreen jenis lain. Sunscreen berbentuk spray sebaiknya dihindari karena penelitian menunjukkan bahwa bahan sunscreen dapat terhirup ke dalam paru-paru anak dan menyebabkan iritasi.

Bagaimana dengan Sunscreen Mineral?

Sunscreen mineral
Sunscreen mineral/Foto: Freepik.com/illiabondar

Ada dua jenis utama sunscreen, yaitu chemical sunscreen (sunscreen kimia) dan physical sunscreen (sunscreen mineral). Untuk anak-anak, lebih direkomendasikan menggunakan sunscreen mineral. Meskipun meninggalkan white cast di kulit, sunscreen mineral tidak dapat menyerap ke dalam darah.

Bahan Sunscreen yang Aman dan yang Harus Dihindari

Bahan sunscreen yang aman dan berbahaya
Bahan sunscreen yang aman dan berbahaya/Foto: Freepik.com/maryanaserdynska

Para dokter kulit anak telah memberikan beberapa daftar bahan-bahan yang harus dihindari saat ingin memakaikan sunscreen pada anak. Bahan-bahan tersebut yaitu:

  • Oxybenzone: Bahan ini dapat menyebabkan alergi dan berpotensi mengganggu kadar hormon ketika terserap ke dalam aliran darah.
  • Para-aminobenzoic acid (PABA), Paraben, dan Trolamine Salicylate: Bahan-bahan ini dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit pada anak.

Meski demikian, ada beberapa bahan yang aman untuk anak-anak, seperti Titanium dioxide dan Zinc oxide. Kedua bahan mineral ini bertindak sebagai pelindung fisik pada kulit. Bahan-bahan ini juga memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebabkan iritasi kulit.

Jumlah SPF yang Cocok untuk Anak

Jumlah SPF yang cocok
Jumlah SPF yang cocok/Foto: Freepik.com/nightunter

Jumlah SPF pada sunscreen tergantung pada kebutuhan anak, tapi disarankan untuk memberikan sunscreen dengan SPF 30. Jika anak-anak memiliki lebih banyak waktu beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 50.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli dan memakaikan sunscreen pada anak. Kulit anak-anak jauh lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa, jadi harus benar-benar memperhatikan bahan yang digunakan sebelum memakaikan sunscreen pada anak.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id