sign up SIGN UP

Ingin Rambut Tipis Jadi Lebih Tebal dan Bervolume? Pilih Shampo dengan Kandungan Berikut!

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Kamis, 16 Dec 2021 08:15 WIB
Ingin Rambut Tipis Jadi Lebih Tebal dan Bervolume? Pilih Shampo dengan Kandungan Berikut!
caption

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut sehat, berkilau dan tebal? Rambut memang mahkota perempuan sehingga potongan rambut yang pas bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih menarik. Tak heran jika banyak perempuan yang memakai berbagai jenis produk demi mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat.

Namun terkadang, jika asal memakai berbagai produk, bukannya semakin tebal namun rambut justru mengalami kerontokan yang cukup parah sehingga semakin tipis dan kusut.

Kebanyakan kasus rambut tipis disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Namun, jika tidak ada yang berambut tipis di keluargamu, kemungkinan besar penyebab rambut tipis adalah gaya hidup yang tidak sehat atau kurang mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zinc, vitamin B, dan biotin.

Faktor penyebab rambut tipis lainnya adalah kurang menjaga kebersihan kepala. Ketika jarang mencuci rambut maka rambut akan mudah berketombe dan berminyak. Hal tersebut bisa mengganggu pertumbuhan rambut sehingga kamu perlu rutin membersihkan rambut dengan shampo yang tepat.

Yups, kandungan shampo yang tepat bisa mengatasi permasalahan pada rambutmu. Berikut beberapa kandungan shampo yang bisa membantu rambut tipis menjadi lebih tebal dan bervolume. Simak yuk!

1. Ginseng

Kandungan shampo untuk menebalkan rambut
Kandungan shampo untuk menebalkan rambut/Foto: Freepik.com/Estudiantes

Sebuah studi dari Korea University College of Medicine, menemukan bahwa ginseng merah bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk masalah kebotakan. Penemuan tersebut juga didukung oleh studi dari University of Maryland Medical Center, yang menyatakan bahwa antioksidan dalam ginseng mampu menjaga kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah agar aliran darah tetap berjalan dengan lancar. Sirkulasi darah yang mengalir lancar sampai ke kulit kepala dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru yang sehat.

2. Rumput Laut, Protein Kedelai dan Shea Butter

Kandungan shampo untuk menebalkan rambut
Kandungan shampo untuk menebalkan rambut/Foto: Freepik.com/Freepik

Kamu juga bisa memilih shampo yang mengandung perpaduan bahan rumput laut, kedelai dan shea butter. Sebuah penelitian dari Korea mengungkapkan bahwa kombinasi ketiga kandungan tersebut sangat bagus untuk membantu menguatkan rambut supaya tidak gampang patah dan rontok.

Rumput laut bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit kepala yang sehat, sehingga dapat memberikan jalan bagi pembentukan folikel rambut baru. Kandungan aktif dalam rumput laut juga bisa mencegah kebotakan. Sedangkan protein kedelai dan shea butter, bermanfaat untuk memperkuat akar dan helai rambut.

3. Vitamin E

Kandungan shampo untuk menebalkan rambut
Kandungan shampo untuk menebalkan rambut/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Kamu pasti tidak asing dengan kandungan vitamin E pada skincare. Ternyata tidak hanya mampu merawat kulit wajah saja, vitamin E juga dapat difungsikan untuk merawat rambut dan kulit kepala. Kandungan antioksidan dalam vitamin E berguna untuk melancarkan sirkulasi darah menuju kulit kepala, sehingga membantu memperbaiki rambut yang rusak dan menguatkan batang rambut. Nah, kulit kepala yang sehat dapat mendukung pertumbuhan rambut baru yang lebih lebat dan sehat, Beauties.

4. Biotin (Vitamin B5)

Kandungan shampo untuk menebalkan rambut
Kandungan shampo untuk menebalkan rambut/Foto: Freepik.com/Whyome

Biotin dan asam pantotenat (vitamin B5) sudah lama dipercaya dapat menguatkan dan menebalkan rambut serta mengurangi rambut rontok. Biotin akan bekerja sama dengan enzim yang diproduksi dalam kelenjar adrenal untuk memproduksi asam amino yang kemudian menghasilkan protein. Rambut terbuat dari protein khusus yang bernama keratin. Itulah mengapa biotin dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Kandungan biotin dalam sampo juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki rambut rusak akibat terlalu sering keramas dan terpapar panas, baik dari sinar matahari maupun dari alat penata rambut seperti hair dryer atau alat catok, sehingga sangat cocok untuk kamu yang cukup sering styling rambut.

5. Argan Oil

Kandungan shampo untuk menebalkan rambut
Kandungan shampo untuk menebalkan rambut/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Banyak sekali produk-produk perawatan rambut yang mengandung argan oil. Bahan yang satu ini memang sudah lama digunakan untuk merawat kecantikan kulit, termasuk kulit kepala. Khasiat dari argan oil adalah menjaga rambut tetap kuat serta tebal. Bahkan juga mencegah kerusakan pada rambut seperti rambut bercabang atau berketombe.

Itulah beberapa bahan yang wajib ada pada produk shampo kamu jika ingin menebalkan rambut. Jangan lupa pula untuk mengimbanginya dengan pola makan sehat yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zinc, vitamin B dan biotin, Beauties.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id