sign up SIGN UP

Ingin Tampak Glowing Saat Lebaran? Ikuti 5 Step Basic Skincare ini dari Sekarang, yuk!

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Sabtu, 16 Apr 2022 07:00 WIB
Ingin Tampak Glowing Saat Lebaran? Ikuti 5 Step Basic Skincare ini dari Sekarang, yuk!
caption

Mempunyai kulit sehat dan bersinar adalah idaman banyak perempuan. Setuju tidak, Beauties? Dengan wajah yang sehat, kita akan menjadi pribadi yang percaya diri. Dengan percaya diri, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan semangat.

Namun demikian, terkadang wajah tidak selamanya dalam kondisi terbaiknya. Kulit sebagai lapisan terluar biasa saja mengalami berbagai jenis masalah seperti jerawat, beruntusan, kusam, dan sebagainya. Hal ini sangat kita hindari, terutama dalam momen menjelang Lebaran seperti  saat ini. Bisa-bisa kena sinis keluarga besar karena nggak glowing, seremmm..

Dilansir dari Vogue, apabila wajah mengalami sesuatu seperti iritasi karena penggunaan produk tertentu, salah satu cara yang harus kita lakukan adalah kembali ke basic skin care. Jadi, basic skin care adalah sebuah keharusan, entah kamu pemula maupun sudah lama menggunakan skin care.

Basic skincare untuk kulit glowing
Ilustrasi momen lebaran/youtube/SCTV

Seorang dermatolog bernama Dr. Muneeb Shah menyebutkan, dasar dari skin care yang paling utama adalah untuk membersihkan, merawat, dan melindungi (cleanse, treat, and protect).

Dalam aplikasinya, ketiga cara tersebut bisa terbagi menjadi 5 jenis produk skincare yang meliputi: cleanser, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen.

1. Cleanser 

Basic skincare untuk kulit glowing
Ilustrasi mencuci muka/pexels/@KoolShooters

Mencuci muka adalah bagian dari perawatan kulit yang paling dasar. Hal ini dikarenakan, kulit wajah tidak mungkin selalu dalam kondisi yang bersih. Jika setiap hari kamu menjalani aktivitas di luar ruangan, tentunya saat pulang wajah kamu kotor dengan debu dan bakteri. Bahkan, tanpa keluar rumah pun wajah dapat tetap terkena partikel kotor yang jika dibiarkan tidak baik untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari Medifine, kita harus mencuci muka paling tidak dua kali sehari, waktu pagi dan malam. Yang perlu diperhatikan dalam mencuci muka adalah memilih produk face cleanser yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit. Misalnya, jika kamu mempunyai tipe kulit sensitif sebaiknya menggunakan cleanser tipe oily.

2. Toner 

Basic skincare untuk kulit glowing
Ilustrasi memakai toner/pexels/@Cotton Bro

Toner merupakan produk skincare dengan bahan dasar air yang berfungsi sebagai pembersih tambahan selain face cleanser. Toner dapat membersihkan sisa make up dan kotoran yang masih tersisa di wajah setelah cuci muka. Dikutip dari laman Byrdie, toner berfungsi untuk mempersiapkan kulit sebelum memakai serum dan krim.

Memilih toner juga tidak bisa sembarangan, kamu harus mengetahui kondisi kulit kamu dan kandungan toner apa yang dibutuhkan.

3. Serum 

Basic skincare untuk kulit glowing
Ilustrasi memakai serum/pexels/@Polina Kovaleva

Dr. Niketa Sonvane, seorang dermatolog dalam pada akun Instagramnya menjelaskan definisi serum.

“Serum wajah adalah cairan ringan yang mengandung bahan-bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Melalui serum, bahan-bahan aktif ini masuk ke dalam kulit dengan lebih mudah.”

Bagaimanapun, setiap orang mempunyai kondisi kulit yang berbeda. Untuk memilih serum yang tepat, kamu harus mengetahui dengan baik kulit kamu dan apa yang ingin kamu tuju. Misalnya, masing-masing serum diproduksi untuk klaim tertentu seperti brightening serum, acne serum, anti-aging serum, dan sebagainya.

4. Moisturizer 

Basic skincare untuk kulit glowing
Ilustrasi memakai moisturizer/pexels/@CottonBro

Seperti namanya, moisturizer dalam skincare berguna untuk melembapkan kulit. Melansir dari National Library of Medicine, dengan penggunaan moisturizer secara benar baik pada skin type normal maupun kering, tentunya akan sangat bermanfaat bagi kulit.

Penggunaan moisturizer secara benar ini salah satunya dengan pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Kulit kering, misalnya, membutuhkan moisturizer dalam bentuk krim yang lembut.

5. Sunscreen 

Basic skincare untuk kulit glowing
Ilustrasi sunscreen/pexels/@Moose Photos

Melansir dari New York Times, sunscreen adalah produk skin care yang paling krusial dibandingkan yang lainnya. Sebagai pelindung kulit, penggunaan sunscreen sangat bermanfaat bagi wajah. Mahoney Dermatology Specialist merilis beberapa alasan penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari, di antaranya:

  • Mengurangi risiko kulit terbakar matahari
  • Mencegah tanda-tanda penuaan
  • Mengurangi risiko kanker kulit
  • Mencegah perusakan warna kulit
  • Mengurangi inflamasi

Sama seperti skin care lainnya, penggunaan sunscreen harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Sementara itu, jenis sunscreen yang beredar di pasaran yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen.

Nah Beauties, informatif banget kan bahasan kita tadi?

Yang pasti, jangan asal meniru jenis produk skincare orang lain untuk diri kita sendiri. Jika kamu belum tahu kondisi kulit kamu, kenali yuk mulai sekarang. Jangan pernah lelah ya dalam mencapai kulit sehat. Dan semoga kita bisa melewati Lebaran ini dan seterusnya dengan kulit yang glowing!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id