sign up SIGN UP

Ini Dia Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen, Mana yang Lebih Efektif?

Hani Arifah | Beautynesia
Jumat, 28 May 2021 18:30 WIB
Ini Dia Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen, Mana yang Lebih Efektif?
caption
Jakarta -

Seperti yang kita tahu, sunscreen adalah kebutuhan primer bagi kulit untuk menghindari pengaruh buruk sinar UV. Tak hanya itu, sunscreen juga berfungsi untuk memperlambat penuaan pada kulit. Sayangnya banyak yang belum menyadari kebutuhan ini. 

Banyak yang bilang, sangat sulit menemukan sunscreen yang cocok dan nyaman di wajah. Beberapa orang lebih nyaman menggunakan physical sunscreen dan sebagian yang lain nyaman menggunakan chemical sunscreen. Lalu, mana yang lebih efektif bdi antara keduanya? 

Untuk mengetahui efektifitas kedua sunscreen tersebut, kita perlu mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Berikut perbedaan chemical sunscreen dan physical sunscreen. 

Physical Sunscreen

Foto:goodhousekeeping.com
Ilustrasi physical sunscreen

Physical sunscreen adalah sun protection yang bekerja di lapisan kulit terluar. Physical sunscreen atau yang biasa disebut sunblock ini membentuk lapisan baru untuk menghalangi masuknya sinar UV ke kulit. Proteksi dari physical sunscreen akan langsung bekerja setelah diaplikasikan. Pada umumnya, physical sunscreen menimbulkan whitecast di kulit wajah. Physical sunscreen tidak dapat masuk ke pori-pori, sehingga tidak menyumbat pori-pori. 

Titanium dioxide dan Zinc Oxide merupakan kandungan yang umumnya terdapat dalam produk physical sunscreen. Kedua mineral ini berfungsi untuk mencegah masuknya sinar UV ke lapisan kulit.

Chemical Sunscreen

Foto:pinterest/realsimple
Ilustrasi chemical sunscreen

Berbeda dengan physical sunscreen, chemical sunscreen bekerja di bawah permukaan kulit setelah didiamkan selama 20-30 menit. Produk chemical sunscreen akan meresap ke bawah permukaan kulit melalui pori-pori. Kandungan yang masuk melalui pori berperan untuk menyerap sinar UV sebelum menembus dermis. Tekstur chemical sunscreen cukup ringan, sehingga sangat mudah menyerap.

Kandungan yang biasanya ada pada produk chemical sunscreen adalah oxybenzone, Octocrylene, Octisalate, Ethylhexyl, Methyl Methacrylate Crosspolymer, dan lain-lain.

Jika dilihat dari perbedaan di atas, physical sunscreen lebih efektif dan efisien digunakan karena tidak perlu menunggu lama. Sunscreen jenis ini juga bisa sekaligus digunakan untuk meratakan warna kulit secara instan. Untuk pemilik kulit sensitif, physical sunscreen lebih aman digunakan karena kandungannya tidak meresap dan menyumbat pori kulit. 

Namun, jika dinilai dari kenyamanannya, banyak yang lebih memilih menggunakan chemical sunscreen karena dinilai lebih ringan di wajah dan tidak meninggalkan whitecast. Hanya saja, sunscreen jenis ini sangat rentan menyebabkan jerawat karena menyumbat pori-pori.

Itu tadi perbedaan physical sunscreen dan chemical sunscreen. Mana sunscreen pilihanmu? 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id