sign up SIGN UP

Jangan Salah, Ini Perbedaan Colagen dan Elastin Pada Kulit

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 10 Aug 2020 18:30 WIB
Jangan Salah, Ini Perbedaan Colagen dan Elastin Pada Kulit
caption

Kolagen dan elastin merupakan dua istilah yang  sudah tidak asing lagi didengar dalam dunia kecantikan. Keduanya berpengaruh kuat terhadap tampilan awet muda wajah.

Ya, hal tersebut dikarenakan baik itu kolagen maupun elastin menjadi kunci untuk mempertahankan kekecangan dan elastisitas kulit. Lantas, jika keduanya terlihat hampir sama, dimana letak perbedaannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Peran Kolagen dan Elastin

peran elastin dan kolagen untuk meremajakan kulit
good skin/freepik.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan kolagen dan elastin, maka satu hal mendasar yang perlu diketahui adalah bagaimana peran keduanya selama ini. Ya, banyak orang yang berusaha mempertahankan kulit awet muda dengan mengoleskan serum anti aging maupun pelembab dengan kandungan anti penuaan.

Sebagian besar melihat adanya perubahan dari usaha mereka tersebut. Namun di balik itu semua, tidak banyak yang tahu bagaimana proses sebenarnya di dalam kulit.  Nah, ternyata kolagen dan elastin ini lah yang berperan di balik layar sebagai dua protein alami kulit untuk mempertahankan kulit tampak muda.

Perbedaan Antara Kolagen dan Elastin

kolagen dan elastin memiliki perbedaan sebagai protein alami kulit
healthy skin/freepik.com

Meskipun keduanya sekilas nampak berperan pada hal yang sama, namun kedua jenis protein ini memiliki fungsi yang berbeda. Dilansir dari skincare.com, ahli kecantikan Josie Holmes menjelaskan bahwa kolagen adalah protein struktural utama yang ditemukan dalam matriks antar sel dan merupakan salah satu bahan pembangun tubuh yang penting untuk menjaga kulit tetap kencang, montok dan awet muda.

Elastin juga merupakan protein utama, tetapi bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit, atau kemampuan untuk mempertahankan bentuk. Elastin membantu menjaga kulit tetap kencang dan, jika kadar elastin dipertahankan dengan baik, ini dapat membantu kendur dan tanda-tanda penuaan di masa mendatang.

meskipun kolagen dan elastin adalah protein struktural yang berbeda, keduanya memiliki kadar yang tinggi sebagai kunci untuk kulit tampak lebih muda
anti aging/freepik.com

Di samping itu, ahli dermatologi bersertifikat Dr. Joshua Zeichner juga turut menjelaskan bahwa meskipun kolagen dan elastin adalah protein struktural yang berbeda, keduanya memiliki kadar yang tinggi sebagai kunci untuk kulit tampak lebih muda.  Ia memberikan perumpamaan dimana kulit ialah kasur, kolagen adalah bingkai dan elastin adalah pegas.

Dari hal ini dapat dilihat fungsinya masing-masing dimana kolagen memberikan struktur dan dukungan, tetapi elastin memberikan pantulan dan memungkinkan kulit kembali ke bentuk normalnya setelah diregangkan. Hal ini menunjukkan bahwa apabila kolagen lemah, maka  dapat menyebabkan kulit tampak keriput dan keriput, sedangkan serat elastis yang lemah dapat menyebabkan kulit kendur.

Cara Membantu Menghidupkan Kembali Bantal dan Pantulan Kulit

penyimpanan alami kolagen dan elastin akan menipis seiring waktu.
beauty gilr/freepik.com

Dr. Zeichner menjelaskan bahwa penyimpanan alami kolagen dan elastin akan menipis seiring waktu. Meskipun hal ini sebagian besar disebabkan oleh usia, faktor lingkungan dan gaya hidup seperti merokok, paparan sinar matahari, dan penambahan berat badan juga dapat berperan.

Jika kolagen telah rusak, maka kemungkinan besar serat elastis juga akan rusak. Hal ini dikarenakan karena keduanya bereaksi sama terhadap kerusakan yang terjadi. Agar hal ini bisa antisipasi, Holmes menyarankan untuk mencari produk dengan formula antioksidan, yang membantu melindungi permukaan kulit dari radikal bebas yang merusak dan memasukkan retinol.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id