STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Jangan Sampai Salah, Kenali Perbedaan Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa

Fahira Mahza | Beautynesia
Jumat, 13 Jan 2023 07:15 WIB
Jangan Sampai Salah, Kenali Perbedaan Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang terjadi secara berlebihan yang menyumbat pori-pori sehingga membuat peradangan.

Selain akibat penyumbatan minyak pada pori-pori, jerawat juga dapat terbentuk akibat pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh kotoran atau sel kulit mati, yang kemudian terinfeksi dan akhirnya meradang.

Peradangan yang terjadi inilah biasanya yang membuat penderita merasa tidak nyaman karena adanya rasa sakit. Sehingga ketika jerawat muncul pada wajah, biasanya banyak orang yang memutuskan untuk berobat ke dokter kulit atau sekedar menggunakan produk perawatan wajah guna menghilangkannya.

Namun sebelum kamu membeli produk-produk penghilang jerawat atau berobat ke dokter kulit, ada baiknya bila kamu mengenali jerawat yang timbul pada wajahmu. Apakah jerawat tersebut merupakan jerawat biasa atau jerawat batu, agar lebih mudah mengatasinya.

Kamu bisa simak 5 perbedaan jerawat batu dengan jerawat biasa berikut ini agar kamu lebih mudah mengenalinya!

Ukuran

Ukuran
Ukuran/foto: istockphoto.com

Salah satu hal yang sangat mudah untuk mengenali jerawat batu atau bukan ialah dari ukuran jerawat yang timbul pada wajah. Jerawat biasa umumnya berukuran relatif lebih kecil daripada jerawat batu dan tidak menimbulkan rasa nyeri meski terkadang tampak kemerahan.

Berbeda dengan jerawat batu yang berukuran besar, berwarna merah, dan juga menimbulkan rasa nyeri di area sekitar jerawat.

Penyebab

Penyebab
Penyebab/foto: pexels.com

Pada umumnya jerawat batu maupun jerawat biasa diakibatkan oleh penyebab yang sama seperti bakteri, minyak, dan sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori. Tetapi kondisi jerawat batu biasanya terjadi lebih parah daripada jerawat biasa.

Selain itu, jerawat batu cenderung dialami oleh orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak.

Asal Jerawat

Asal Jerawat
Asal Jerawat/foto: pexels.com

Perbedaan selanjutnya dari jerawat batu dan jerawat biasa ialah dari asal jerawat tersebut muncul. Jerawat batu muncul dari lapisan kulit yang lebih dalam, daripada jerawat biasa.

Karena hal tersebutlah masa penyembuhan dari jerawat batu akan memakan waktu lebih lama dari jerawat biasa yang bisa menghabiskan beberapa minggu.

Risiko Hingga Dampaknya

Resiko
Resiko/foto: istockphoto.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jerawat batu umumnya memiliki ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa ditambah dengan rasa nyeri dan masa penyembuhan yang lama.

Berdasarkan hal itu pulalah jerawat batu memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menimbulkan bekas daripada jerawat biasa. Sehingga ketika kamu mengalami jerawat batu disarankan untuk langsung melakukan konsultasi ke dokter agar jerawat tersebut tidak menimbulkan bekas.

Penyembuhan

Penyembuhan
Penyembuhan/foto: pexels.com

Guna menyembuhkan jerawat biasa yang timbul pada wajahmu, kamu dapat menggunakan obat jerawat yang beredar dipasaran karena hal tersebut sudah dapat membantumu untuk menghilangkan jerawat.

Namun ketika kamu mengalami jerawat batu, hal tersebut tidak dapat kamu lakukan karena jerawat batu memerlukan perawatan khusus untuk menghilangkannya tidak dapat sekedar menggunakan obat jerawat di pasaran karena kurang efektif untuk membasmi jerawat batu.

Untuk menghilangkannya, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk memperoleh penanganan yang paling tepat dan efektif.

Nah, itulah 5 perbedaan jerawat batu dengan jerawat biasa. Jerawat batu umumnya terasa lebih sakit dan sulit dihilangkan dibandingkan dengan jerawat biasa.

Sehingga untuk menghilangkan jerawat batu kamu disarankan untuk melakukan perawatan ekstra, salah satunya dengan mencari alternatif pengobatan di dokter kulit.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE