sign up SIGN UP

Jangan Sampai Termakan Iklan, Ini 6 Label Marketing pada Skincare Zaman Now yang Wajib Kamu Pahami!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 28 Dec 2021 11:30 WIB
Jangan Sampai Termakan Iklan, Ini 6 Label Marketing pada Skincare Zaman Now yang Wajib Kamu Pahami!
caption
Jakarta -

Dewasa kini, strategi pemasaran produk skincare bermacam-macam bentuknya. Mulai dari packaging yang gemas, ulasan influencer, hingga klaim nilai-nilai dari produk sebuah brand, seperti organik, natural, clean, dan sebagainya, yang mengacu pada sebuahprogres di dunia kecantikan.

Cara-cara seperti itu tak jarang membuat khalayak penasaran dan tertarik untuk mencoba. Mungkin kamu salah satunya. Namun, sebelum kamu membeli, bekali dulu dirimu dengan pengetahuan label skincare yang ada di pasaran terlebih dahulu, yuk!

Ilustrasi penggunaan skincare/Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVAIlustrasi penggunaan skincare. (Foto: pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Hal ini bisa mencegah kamu dari praktik pemasaran tidak bertanggung jawab, yang berujung pada penyesalan di akhir. Dihimpun dari Health Line, berikut enam label pemasaran yang ada di skincare zaman now!

Organik

Organik kerap diidentikkan dengan alam, padahal nggak selalu begitu, lho, Beauties. Sebuah klaim organik bisa dipakai apabila bahan-bahan atau komposisi yang digunakan memiliki sertifikat organik dari lembaga tertentu dan penjual bisa menunjukkan sertifikasi tersebut. Jadi, bukan produknya yang organik, melainkan ingredients yang digunakan.

Skincare dengan Kandungan Tranexamic Acid/ pexels.com/ CottonbroIlustrasi skincare. (Foto: pexels.com/cottonbro)/ Foto: Sri Widiastuti

Di dunia ini ada beberapa lembaga sertifikasi yang diakui kredibilitasnya, seperti USDA, ECOCERT, BIOcert, dan lain-lain. Produk bersertifikasi organik juga tidak mengandung bahan-bahan beracun serta biasanya dikemas dalam kemasan ramah lingkungan.

Green

Pernah mendengar green beauty? Pelabelan tersebut disematkan untuk produk-produk yang mengacu pada keberlanjutan lingkungan. Istilah yang tidak terregulasi itu biasanya bertujuan untuk mengatasi dampak lingkungan, misal bahan baku green beauty didapat dengan cara dipanen daripada merusak. 

Clean

Mengaplikasikan skincare dengan urutan yang salah bisa menyebabkan pilling (Foto: freepik/artursafronovvvv)Ilustrasi skincare. (Foto: freepik/artursafronovvvv)

Dikutip dari Health Line, istilah clean beauty ini mengacu pada produk yang biasanya berfokus pada bahan-bahan tidak beracun. Lebih lanjut, menurut Herpers Bazaar, clean beauty adalah sebuah spektrum, yang bisa membuat beberapa bahan harus dihindari sama sekali, seperti paraben, fragrance, aluminium, formalin, triclosan, dan petroleum.

Vegan

Dewasa kini, produk vegan makin santer digembar-gemborkan oleh banyak produsen skincare di Indonesia. Jika skincare kamu berlabel vegan, itu artinya produk tersebut dibuat tanpa kandungan hewan sedikit pun alias semua komposisi dibuat dari bahan kimia berbasis tumbuhan dan senyawa kimia lain.

Cruelty Free

skincareIlustrasi skincare. / Foto: pexels.com/cottonbro

Sesuai dengan namanya, produk dengan label cruelty free itu artinya bebas dari kekejaman, terutama terhadap hewan. Klaim ini kerap disandingkan dengan label vegan, padahal pada kenyataannya, vegan dan cruelty free adalah dua hal yang berbeda dan tidak berkaitan.

Produk vegan yang tidak mengandung hewan belum tentu cruelty free, karena tidak menjamin produk tersebut tidak dites uji ke hewan. Sedangkan cruelty free belum tentu vegan, karena bisa jadi bahan-bahan yang digunakan mengandung hewan, tetapi tidak dites uji ke hewan.

Trade Fair

Produk skincare berlabel trade fair artinya produk tersebut diproduksi berfokus pada sumber, dengan memastikan bahwa bahan-bahan yang dipakai bersumber secara etis dalam hal planet, manusia, atau lingkungan.

Istilah ini lebih kepada sistem dagang yang adil, transparan, kesetaraan untuk mencapai kesejahteraan bersama. Jadi, tidak menguntungkan satu pihak saja.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id