sign up SIGN UP

Ketahui 8 Cara untuk Mengatasi Masalah Kulit 'Indoor Face'

Pavita Sevilla | Beautynesia
Selasa, 15 Jun 2021 14:15 WIB
Ketahui 8 Cara untuk Mengatasi Masalah Kulit 'Indoor Face'
caption
Jakarta -

Selama masa pandemi ini, selalu diam dan beraktivitas di dalam rumah tapi kulit wajahmu tetap bermasalah? Bisa jadi itu adalah masalah Indoor Face, beauties. Pengertian Indoor Face sendiri adalah masalah-masalah kulit yang dialami oleh seseorang, seperti kulit kering, bintik hitam, kusam, jerawat, dan lainnya sebagai akibat karena terlalu lama berdiam diri dalam ruangan tertutup.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit Indoor Face. Yuk, langsung simak di bawah ini, ya!

1. Hindari stres

Hindari stres/freepik.com
Hindari stres/freepik.com

Stres dapat menjadi penyebab utama timbulnya Indoor Face. Seseorang yang sedang stres akan memproduksi kortisol lebih banyak di dalam dirinya. Sehingga, hal ini dapat memicu timbulnya jerawat.

Tanpa sadar, terlalu lama berada di dalam ruangan tertutup seperti rumah juga dapat menyebabkan stres. Karena itu, hindarilah stres dengan cara melakukan aktivitas yang bisa menyenangkan diri selama di rumah.

2. Olahraga

Olahraga dalam ruangan/freepik.com
Olahraga dalam ruangan/freepik.com

Jangan jadikan diam di rumah saja sebagai alasanmu untuk tidak berolahraga! Olahraga memiliki beberapa manfaat, seperti mengurangi stres dan memperlancar peredaran darah. Oleh karena itu, olahraga dapat membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari masalah-masalah kulit.

Kamu bisa melakukan beberapa olahraga seperti push-up, sit up, jogging, squat, angkat beban dan masih banyak lagi.

3. Rutin berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur di bawah sinar matahari/freepik.com
Berjemur di bawah sinar matahari/freepik.com

Walaupun terpapar sinar matahari cukup lama tidak baik untuk wajah, namun di samping itu, sinar matahari juga tetap memiliki efek yang baik untuk kulit. Terlalu lama berdiam diri di dalam rumah akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan vitamin D.

Pastikan tetap rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari selama 15 menit. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pukul 10.00-12.00. Pada jam-jam tersebut, matahari mengeluarkan sinar UVB sehingga tubuh dapat memproduksi vitamin D dengan baik. Vitamin D bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah timbulnya masalah kulit.

Jangan lupa untuk tetap memakai sunscreen 15 menit sebelum berjemur!

4. Perhatikan asupan makanan

Perhatikan asupan makanan/freepik.com
Perhatikan asupan makanan/freepik.com

Diam di dalam rumah membuatmu ingin terus makan dan makan lagi tanpa memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan, seperti kacang-kacangan, makanan yang mengandung banyak gula, dan makanan yang digoreng akan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Maka dari itu, perhatikan lagi apa yang akan kamu makan dan tetap jaga pola makanmu. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan.

5. Hindari pencuci muka yang banyak busa

Pencuci muka yang banyak busa/freepik.com
Pencuci muka yang banyak busa/freepik.com

Meskipun terasa puas, tetapi mencuci muka dengan face wash yang memiliki banyak busa (foam) ternyata tidak baik untuk kulit, lho. Face wash yang memiliki banyak busa dapat membuat kulit lebih kering karena menyerap minyak alami kulit lebih banyak. Ini dapat menyebabkan kulit terasa seperti tertarik, kulit kering, dan juga terlihat kusam.

6. Gunakan moisturizer non-comedogenic

Moisturizer non-comedogenic/freepik.com
Moisturizer non-comedogenic/freepik.com

Pelembab atau moisturizer perlu digunakan oleh semua jenis kulit, baik itu kulit normal, kulit kering, atau kulit berminyak untuk menyeimbangkan kelembapan di kulit. Moisturizer yang bersifat non-comedogenic dapat memperbaiki skin barrier yang rusak dan membentuk dasar yang kuat untuk melindungi kulit tanpa menyumbat pori-pori.

7. Hindari menyentuh muka dengan tangan

Menyentuh muka dengan tangan/freepik.com
Menyentuh muka dengan tangan/freepik.com

Menyentuh muka terlalu sering dengan tangan dapat membuat kuman-kuman berpindah dan menimbulkan masalah kulit. Apalagi di masa pandemi seperti ini, kita sering menggunakan hand sanitizer. Menyentuh muka setelah menggunakan hand sanitizer, berpotensi merusak kulit wajah kita karena kandungan alkoholnya yang sangat tinggi.

Dilansir dari ELLE, Dr. Mario Luca Russo, MD, Ahli Dermatologi Kosmetik di Urban Retreat, mengatakan bahwa bakteri normal di wajah dapat diubah menjadi negatif oleh hand sanitizer. Hand sanitizer juga dapat membuat kulit menjadi kering. Selain itu, di masa pandemi seperti ini, terlalu sering menyentuh wajah juga dapat membuat penyebaran infeksi menjadi lebih cepat.

8. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan/freepik.com
Menjaga kebersihan/freepik.com

Kebersihan yang tidak terjaga di dalam ruangan dapat menyebabkan masalah kulit bermunculan. Bersihkan ruangan secara berkala dan juga bersihkan atau cuci barang-barang yang sering atau setiap hari bersentuhan langsung dengan wajah, seperti perlengkapan tidur misalnya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id