sign up SIGN UP

Ketahui Langkah-Langkah Perawatan Kulit yang Sesuai Dengan Usiamu

Yesinia Agnesaputri | Beautynesia
Senin, 28 Nov 2016 10:30 WIB
Ketahui Langkah-Langkah Perawatan Kulit yang Sesuai Dengan Usiamu
caption
Lebih baik mencegah daripada mengobati, dan masing-masing umur pasti membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Sebelum muncul permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan premature aging, lebih baik kamu melakukan perawatan yang sesuai dengan usiamu!


Perawatan Kulit untuk Usia 20
 


Foto: https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-skincare-routine


Biasanya permasalahan kulit yang menyerang wanita muda berusia 20 tahunan adalah jerawat dan kulit kusam yang mayoritas disebabkan karena paparan sinar matahari. Wanita dengan umur segini memang sedang aktif-aktifnya kuliah atau bekerja, dan tanpa disadari sinar matahari pun senantiasa menemani kesibukan rutinitasnya. Karena itu, sangat penting bagi kamu wanita muda untuk memberikan proteksi kulitmu dari bahaya sinar matahari. Berikut ini langkah-langkah perawatan kulit yang cocok dilakukan oleh wanita berumur 20 tahunan. 

1. Membersihkan Wajah

Ini adalah perawatan paling basic yang memang harus dilakukan wanita dari semua kalangan umur. Tidak peduli jika kamu tua ataupun muda, rutinitas membersihkan wajah tidak boleh sampai kamu lewatkan. Rutinitas ini bisa membebaskan wajahmu dari segala debu, kotoran, serta sel kulit mati yang berkontribusi besar dalam munculnya jerawat. Tidak hanya itu, sisa makeup yang masih menempel juga bisa membuat kulitmu lebih cepat keriput lho. Kamu tidak mau kan mengalami premature aging pada usia dini? Karena itu jangan absen untuk cuci muka ya Beautynesian!

2. Menggunakan Moisturizer pada Siang Hari

Kamu tahu kan kulit kenyal dan supple adalah kunci dari kulit awet muda? Nah untuk menjaga kekenyalan kulit, kamu harus tetap menjaga kulitmu agar tetap terhidrasi. Jangan sampai biarkan kulitmu mengering karena akan mempercepat keriput untuk muncul dan juga membuat wajah semakin lebih kusam. Karena itu, berikan hidrasi pada kulit wajahmu dengan menggunakan pelembap pada siang dan malam hari. Untuk siang hari, kamu bisa memilih moisturizer yang mengandung SPF sehingga bisa menjaga kulitmu sekaligus dari bahaya sinar UVA dan UVB. 

3. Merawat Jerawat

Kulit usia 20-an biasanya memiliki masalah yang nggak jauh-jauh dari jerawat. Karena itu, kamu harus selalu merawat jerawatmu agar cepat mengering dan hilang. Jika jerawatmu dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, nantinya wajahmu akan dipenuhi oleh bekas jerawat dan membuat wajahmu terlihat lebih tua. Gunakan krim atau serum penghilang jerawat yang mengandung salicylic acid ataupun benzoyl peroxide yang sangat ampuh mengatasi jerawat.

4. Gunakan Serum Vitamin C

Seperti yang kamu tahu vitamin C yang kaya akan antioksidan sangatlah baik untuk mencerahkan kulit sekaligus merawatnya dari tanda-tanda penuaan dini. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin C ini mampu menangkal radikal bebas dan racun-racun lain yang masuk ke dalam wajah sehingga sangat baik untuk kecantikan kulitmu dan membuatnya awet muda. 

5. Krim Mata

Mentang-mentang masih muda, biasanya kebiasaan begadang sangat sulit untuk dilepaskan. Untuk mengatasi mata panda, gunakan selalu krim mata pada malam dan siang hari. Gunakan krim mata yang mengandung SPF agar dapat terlindung dari sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini.
 



Perawatan Kulit untuk Usia 30
 


Foto: https://needlingskin.top/


Jika kamu tidak terlalu concern dengan perawatan kulit ketika kamu masih muda, sekarang belum terlambat bagi kamu untuk memperbaiki permasalahan premature aging. Cukup lakukan perawatan-perawatan berikut untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini dan mencegahnya untuk timbul. 

1. Eksfoliasi Sel Kulit Mati

Langkah ini sangat penting bagi kamu para wanita yang telah menginjak usia 30 tahun. Semakin bertambah umur, daya kerja tubuh untuk meregenerasi sel kulit akan semakin berkurang. Karena itu, kamu harus membantunya dengan melakukan proses eksfoliasi. Kamu bisa secara rutin melakukan eksfoliasi menggunakan scrub ataupun chemical exfoliator seperti acid toner. Dengan ini sel kulit mati di wajahmu akan terangkat sehingga wajah dapat bersih dan cerah.

2. Gunakan Moisturizer

This is a must have item! Pelembap sangat penting bagi wanita usia dewasa karena bisa mencegah kerutan serta membuat kulit semakin kencang. Gunakan pelembap yang mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas dan merawat kulit dari kerusakan. 

3. Gunakan Sunscreen

Yup, kamu tidak boleh lupa untuk menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah. Kulit yang tidak terlindungi dari sinar matahari akan semakin mudah rusak dan hanya akan memperparah bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu, sunscreen juga bisa menghilangkan garis-garis halus yang telah terbentuk sebelumnya karena kelalaianmu. Jadi, jangan pernah skip menggunakan sunscreen ya!

4. Skincare Booster 

Untuk memaksimalkan fungsi dari serum dan krim malammu, sebaiknya gunakan booster sebelum kamu menggunakan krim malam. Skincare yang terserap dan bekerja sempurna pasti akan memberikan perawatan yang optimal. 

5. Serum 

Jika pada usia 20-an kamu direkomendasikan menggunakan serum vitamin C, setelah menginjak usia 30 kamu harus mulai menggunakan serum khusus untuk anti-aging. Serum ini bisa mencegah sekaligus mengobati kulit dari tanda-tanda penuaan.

 



Perawatan Kulit untuk Usia 40
 


Foto: https://magazine.foxnews.com/style-beauty/10-skincare-essentials-women-their-40s


Jika kamu sudah menginjak usia 40 tahun, tanda-tanda penuaan seperti garis halus memang sudah tidak dapat dihindari. Eits tapi bukan berarti kamu bisa pasrah begitu saja ya. Kamu bisa merawat kulitmu dengan menggunakan skincare yang dapat meningkatkan kolagen untuk mempertahankan kekencangan dan kelembapan kulitmu.

1. Cleanser

Kulit kering adalah masalah utama dari wanita usia 40-an. Kulit kering ini bisa memperparah tanda-tanda penuaan. Karena itu, gunakan pembersih wajah yang tidak membuat wajahmu kering serta tidak mengandung busa. 

2. Gunakan Serum 

Gunakan serum dengan kandungan peptide yang dapat meningkatkan produksi kolagen alami kulit. Sehingga, peptide bisa memperbaiki kerusakan kulit dan mengencangkan kulit yang kendur.

3. Pelembap

Ini merupakan produk yang tidak boleh dilewatkan. Pilih pelembap yang mengandung glycerin atau hyaluronic acid yang bisa menghidrasi kulit secara optimal. Gunakan pelembap secara rutin agar kulitmu bisa selalu lembap dan supple.


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id