sign up SIGN UP

Ketiak Gelap? Berikut Tips Mencerahkan Area Underarm

Meydiana Adinda | Beautynesia
Kamis, 01 Jul 2021 17:00 WIB
Ketiak Gelap? Berikut Tips Mencerahkan Area Underarm
caption

Hiperpigmentasi adalah salah satu penyebab kulit ketiak hitam yang paling umum, LadiesHal ini dikarenakan kulit di area underarm cenderung tipis, sering terkena gesekan, dan kerap dicukur.

Faktor-faktor ini kemudian memicu iritasi kemudian terjadi inflamasi dan berakhir dengan hiperpigmentasi. Terdapat juga beberapa faktor lain yang dapat memicu hiperpigmentasi pada area underarm, seperti faktor hormonal, obesitas, hingga faktor genetik.

Jika Ladies mengalami masalah ketiak gelap, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Kamu bisa mulai merawat area underarm serta menghindari beberapa hal yang memicu terjadinya hiperpigmentasi.

Ingin tahu lebih lengkapnya? Yuk simak beberapa cara memutihkan ketiak berikut!

1. Lakukan Eksfoliasi

Cara mencerahkan ketiak
Eksfoliasi untuk mencegah ketiak gelap/foto: pinterest.com/littlethingscom

Tak hanya wajah, area underarm juga perlu eksfoliasi, Ladies. Eksfoliasi ini akan membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat area ketiakmu menggelap. Untuk melakukan eksfoliasi, Ladies bisa memilih antara scrub atau chemical exfoliant dan menggunakannya 2-3 seminggu.

Jika Ladies memilih scrub, pastikan buritan scrub-nya tidak kasar sehingga tidak memicu iritasi. Apabila Ladies menggunakan chemical exfoliant, maka pastikan untuk memilih produk dengan persentase bahan aktif yang rendah, ya.

2. Perkuat Skin Barrier

Cara mencerahkan ketiak
Moisturizer untuk mencerahkan ketiak/foto: freepik.com

Karena kulit ketiak lebih tipis, skin barrier di area ini pun lebih lemah dan rentan mengalami iritasi. Untuk itu, Ladies perlu merawat dan memberikan perhatian yang cukup pada area ini. Seperti perawatan pada wajah, Ladies bisa menggunakan serum maupun moisturizer pada ketiakmu.

Tipsnya, pilihlah produk dengan bahan-bahan yang dapat memperkuat skin barrier sekaligus mencerahkan kulitmu, misalnya Niacinamide, Ceramide, dan Peptide. Dalam memulai perawatan ketiak, ingatlah untuk memberikan waktu pada kulit untuk beradaptasi dengan menggunakan produk secara perlahan dan bertahap.

3. Bijak dalam Bercukur

Cara mencerahkan ketiak
Bijak dalam bercukur untuk mencegah ketiak gelap/foto: freepik.com

Ketiak gelap juga dapat diakibatkan oleh kebiasaan buruk dalam bercukur. Jika tidak hati-hati, kegiatan ini malah akan membuat kulit ketiakmu iritasi. Untuk itu, ingatlah untuk menambahkan pelembap dan shaving cream dalam kegiatan bercukurmu.

Selain itu, pastikan juga pisau pencukurmu tajam sehingga tidak membuat iritasi. Opsi lainnya, Ladies juga bisa mencoba treatment laser hair removal untuk menghilangkan rambut pada underarm.

4. Gunakan Pakaian Longgar

Cara mencerahkan ketiak
Pakaian longgar untuk mencegah ketiak gelap/foto: freepik.com

Mencerahkan kulit ketiak juga perlu dibarengi dengan mencegah penyebab hiperpigmentasi, seperti menghindari gesekan karena pakaian. Gesekan akibat menggunakan pakaian ketat akan menimbulkan iritasi pada kulit ketiakmu. Untuk itu, kurangi penggunaan pakaian ketat untuk membantu mempercepat proses mencerahkan ketiakmu.

5. Jangan Sembarang Ikuti Skincare DIY

Cara mencerahkan ketiak
Hindari lemon untuk mencegah ketiak gelap/foto: freepik.com

Jika Ladies tergoda untuk melakukan berbagai percobaan dengan skincare DIY untuk mencerahkan ketiakmu, coba dipikirkan kembali deh. Apalagi jika DIY ini menggunakan bahan-bahan, seperti lemon, baking soda, ataupun cuka.

Pecobaan dengan bahan-bahan ini dapat memperparah keadaan ketiakmu, lho. Pasalnya, bahan-bahan ini terlalu asam dan dapat memicu iritasi pada kulit ketiak yang sangat rentan iritasi. Apabila sudah iritasi, kulit ketiakmu akan menjadi semakin gelap akibat peradangan. Untuk itu, ayo kita lebih bijak dalam merawat kulit, ya!

Well, itu dia lima cara untuk mencerahkan area underarm, Ladies. Semoga bermanfaat, ya!


Our Sister Site

mommyasia.id