STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Khasiat Rosa damascena, Jenis Mawar yang Dimanfaatkan Sebagai Bahan Skincare dan Rekomendasi Produknya

Della Oktivia Armitha | Beautynesia
Kamis, 03 Nov 2022 07:15 WIB
Khasiat Rosa damascena, Jenis Mawar yang Dimanfaatkan Sebagai Bahan Skincare dan Rekomendasi Produknya

Rosa damascena dikenal sebagai salah satu jenis bunga yang kaya akan manfaat. Bagian dari keluarga Rosaceae ini, sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Rosa damascena atau dikenal juga dengan nama damask rose, merupakan tanaman semak yang tingginya bisa mencapai 1 hingga 2 meter.

Negara-negara di Timur Tengah menjadi asal tanaman ini. Dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov, Iran menjadi negara asal air mawar. Bahkan, negara tersebut dikenal sebagai produsen air mawar hingga abad ke-16.

Sedangkan, minyak mawar diketahui berasal dari Yunani. Rosa damascena juga ditemukan di Amerika. Hal tersebut diperkuat dengan adanya penemuan fosil tanaman ini yang berusia 30 juta tahun di negara tersebut.

Rosa damascena dimanfaatkan minyak atsirinya.
Proses ekstraksi minyak mawar/Foto: istockphoto.com/Daniel Balakov

Sejak dulu, air dan minyak dari tanaman ini dimanfaatkan untuk ritual keagamaan. Efek relaksasi dan pewangi yang ada dalam ektrak tanaman ini, membuatnya cocok digunakan dalam berbagai acara keagamaan.

Tidak hanya kelopak bunganya, tanaman ini juga dimanfaatkan akarnya untuk mengobati berbagai penyakit. Rosa damascena banyak diteliti, sebab memiliki fungsi farmakologis. Di antara manfaat tanaman ini adalah mengatasi alergi, migraine, ketegangan, hingga depresi.

Tanaman ini juga memiliki fungsi sebagai antibakteri dan kaya akan antioksidan. Beberapa kandungan dari air dan minyak mawar di antaranya, flavonoid, antosianin, vitamin C dan asam amino.

Dengan kekayaan yang dimiliki tanaman ini, tidak heran jika Rosa damascena banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional dan bahan dalam berbagai jenis skincare.

Wardah memiliki rangkaian skincare dengan kandungan air dan minyak Rose damascena.
Rangkaian skincare dari Hydra Rose Wardah/Foto: wardahbeauty.com

Kandungan Rosa damascena dalam skincare, membantu perawatan kulit lebih maksimal. Beberapa skincare mulai dari micellar water, toner, hingga cream pelembab dengan kandungan air atau minyak mawar, berfungsi melembabkan kulit, mencerahkan, serta mengatasi peradangan.

Lalu, skincare apa saja ya, yang memiliki kandungan Rosa damascena ini?

Micellarwater dengan kandungan air mawar.
Garnier Micellar Water Cleansing Water Rose/Foto: garnier.co.id

Garnier Micellar Cleansing Water Rose adalah salah satu produk skincare dari Garnier dengan kandungan air Rosa damascena. Produk ini diklaim menjadi micellar water pertama dengan kandungan air mawar.

Micellar water dari Garnier ini, akan membantu mengangkat makeup, debu dan kotoran dari kulit wajahmu. Kulit kamu juga akan terlihat lebih cerah dengan pemakaiannya secara teratur.

Wardah Hydra Rose Toner dan Facial foam dari Nature Republic menjadi contoh produk  skincare dengan kandungan air dan minyak mawar.
Wardah Hydra Rose Petal Infused Water dan Nature Republic Real Nature Rose Foam Cleanser/Foto: wardahbeauty.com, naturerepublic.id

Selain Garnier, kandungan Rosa damascena juga ada dalam rangkaian produk Hydra Rose dari Wardah. Salah satu produk andalannya adalah Hydra Rose Petal Infused Toner, dengan kandungan petal bunga mawar asli, air mawar murni, serta allantoin.

Toner ini juga diperkaya dengan pentavitin sebagai kandungan untuk menjaga kelembaban kulit selama 72 jam. Selain menjaga kelembaban kulit, produk ini juga mengembalikan skin barrier yang rusak. Produk ini juga halal dan aman digunakan untuk ibu hamil.

Terakhir, ada facial foam dari Nature Republic yang mengandung minyak mawar. Nature Republic Real Nature Rose Foam Cleanser membantu mengangkat kotoran dan debu di wajahmu. Penggunaannya secara teratur akan menjaga kelembaban kulit wajahmu. Pembersih wajah ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Nah, itu dia Beauties, khasiat dan rekomendasi produk dengan kandungan Rosa damascena. Apa kamu tertarik menggunakan skincare dengan kandungan bunga mawar ini?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE