sign up SIGN UP

Kilas Balik Tren Makeup Jadul, dari Tahun 60-an sampai Sekarang yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Retno Wulandari | Beautynesia
Selasa, 14 Dec 2021 08:45 WIB
Kilas Balik Tren Makeup Jadul, dari Tahun 60-an sampai Sekarang yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!
caption
Jakarta -

Sama seperti industri lainnya, tampilan makeup juga mengalami perubahan setiap dekadenya. Jika kamu melihat tampilan makeup di era 80-an, tentu saja sangat jauh berbeda dengan tren makeup di tahun 90-an dan seterusnya.

Lantas, seperti apa sih tren makeup di tahun 1960-an hingga 2020-an? Dilansir dari Beauty Bay, berikut rangkumannya untuk kamu, Beauties!

Tahun 1960: Creamy Lips dan Graphic Eyes

Tren makeup dari setiap dekade
Tren makeup dari setiap dekade/ Foto: Instagram @kanchatbmakeup

Tren makeup di tahun 1960-an terkenal dengan tampilan bibir pucat dan mata yang on point. Tren ini juga disebut dengan creamy lips and graphic eyes. Di tahun 1960-an ini eye contouring sangat populer. Yup, di era ini para perempuan mengkontur area mata dengan menciptakan efek hooded dan bulat.

Penggunaan maskara dan eyeliner tebal sudah jadi kebiasaan dalam ber-makeup. Hal yang menarik dari tren ini adalah kehadiran bulu mata bagian bawah yang dipertegas. Supaya bagian mata lebih menonjol, penggunaan lipstick berwarna pucat pun jadi pilihan yang paling tepat.

Tahun 1970: Bohemian Look

Tren makeup dari setiap dekade
Tren makeup dari setiap dekade/ Foto: Instagram @josalynandromeda

Memasuki tahun 1970-an, tren makeup mengalami pergeseran dengan tampilan natural dan bohemian. Makeup items yang digunakan untuk menciptakan bohemian look antara lain bronzer, eyeshadow krim, highlighter, shimmer, dan lipstick yang lebih cerah dibanding era sebelumnya.

Kunci dari look satu ini terletak pada penggunaan bronzer-nya, Beauties. Kehadirannya bisa memberikan tampilan yang hangat dan sehat.

Tahun 1980: Bold dan Bright

Tren makeup dari setiap dekade
Tren makeup dari setiap dekade/ Foto: Instagram @echo_michaela

Perubahan besar dalam ekonomi dan politik memicu pergeseran makeup di tahun 1980-an. Di tahun ini, tren makeup identik dengan tampilan bold dan bright. Yup, perempuan yang menggunakan riasan tebal dengan warna-warna cerah dan berani akan jadi pusat perhatian.

Era 80-an tidak hanya menonjolkan bagian kelopak mata dengan eyeshadow warna-warni, tetapi juga sudah berani menggunakan perona pipi yang tebal. Wah! Makeup jadul ini sangat menarik, bukan?

Tahun 1990: Grayish Eyeshadow dan Brown Lips

Tren makeup dari setiap dekade
Tren makeup dari setiap dekade/ Foto: Instagram @mlmakeupby

Jika di tahun 1980-an tampilan makeup dominan dengan warna-warna cerah, maka tren makeup tahun 1990-an mengalami pergantian dengan warna yang lebih netral. Grayish eyeshadow dan brown lips merupakan salah satu tren makeup di tahun ini.

Lipstick berwarna cokelat mengkilap, alis yang tipis, dan smoky eyes adalah tren makeup di tahun 1990-an yang berbanding terbalik dengan tren glamour di tahun 1980-an.

Tahun 2000: Heavy Kohl dan Smoky Everything

Tren makeup dari setiap dekade
Tren makeup dari setiap dekade/ Foto: Instagram @caitm.makeup

Memasuki tahun 2000, eyeshadow pastel, bibir glossy nude, dan eyeliner tebal jadi tampilan makeup yang sangat populer. Selebriti yang pernah jadi role model tren makeup ini antara lain Kim Kardashian, Jennifer Lopez, dan Avril Lavigne.

Tahun 2010: Bold Brows dan Insta-Glam

Tren makeup dari setiap dekade
Tren makeup dari setiap dekade/ Foto: Instagram @_byandra

Kemajuan industri kecantikan serta kemunculan media sosial menjadi pemicu utama munculnya tren makeup bold brows dan Insta-glam. Yup, di tahun ini alis yang tebal dan lebat muncul sebagai tren terbaru.

Jika sebelumnya perempuan mencabut alisnya agar lebih tipis, tren bold brows pun membuat perempuan mulai menerima bentuk alami alis mereka. Tidak hanya alis, tampilan kontur tebal ala Kim Kardashian juga cukup populer di tahun 2010, Beauties.

Tahun 2020: Glowy Skin dan Pretty Contour

Tren makeup dari setiap dekade
Tren makeup dari setiap dekade/ Foto: Instagram @mandydoeshermakeup

Tren makeup di tahun 2020 sangat beragam. Sudah banyak perempuan yang melakukan eksperimen dalam ber-makeup. Namun, tren yang populer di tahun ini adalah glowy skin dan pretty contour. Bahkan ada juga yang menggabungkan beberapa tren dari dekade sebelumnya sehingga jadi tampilan yang fresh dan cantik, lho.

Nah, itulah tren makeup dari setiap dekade yang dimulai dari tahun 1960-an hingga tahun 2020-an. Di antara tren-tren makeup di atas, mana yang jadi favorit kamu, Beauties?

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id