sign up SIGN UP

Kini Jadi Tren, Ketahui 5 Manfaat Kandungan Mugwort dalam Produk Skincare

Justina Nur | Beautynesia
Senin, 02 Aug 2021 18:30 WIB
Kini Jadi Tren, Ketahui 5 Manfaat Kandungan Mugwort dalam Produk Skincare
caption

Produk skincare tampaknya terus mengalami perkembangan dan pergeseran tren dari tahun ke tahun. Beberapa tahun yang lalu, kamu tentu sering mendengar bahan skincare yang kerap jadi unggulan, seperti snail mucin dan Cica atau Centella asiatica. Akan tetapi, tren skincare tahun ini justru cenderung bergeser pada kandungan mugwort.

Mugwort yang sering disebut sebagai artemisia sebetulnya merupakan tumbuhan gulma, yang kerap digunakan dalam pengobatan herbal Asia. Mugwort kerap digunakan menjadi ramuan relaksasi untuk menyembuhkan karena memiliki kemampuan untuk detoksifikasi dan pelindung yang menjadikannya bahan yang ideal untuk produk perawatan kulit atau skincare.

mugwort/pixabay.com/Mugwort merupakan salah satu kandungan skincare yang sedang viral saat ini berkat manfaatnya. Berikut rekomendasi skincare yang mengandung mugwort.mugwort/pixabay.com/ Foto: detik

Tak hanya digunakan untuk perawatan kulit, mugwort juga sudah digunakan masyarakat Korea untuk membuat masakan seperti kue beras. Mugwort bahkan juga sering dikonsumsi oleh para wanita dalam bentuk teh untuk membantu mengatur siklus menstruasi dan meredakan kram akibat menstruasi.

Bahkan, pada pemandian tradisional, juga terdapat pemandian yang mengandung mugwort. Mugwort juga diyakini dapat merangsang nafsu makan, mengatur pergerakan usus, dan meningkatkan pencernaan. Akar tumbuhan mugwort juga digunakan sebagai tonik yang dapat meningkatkan energi.

Karena manfaat mugwort yang luar biasa apalagi untuk kulit, maka mugwort telah digunakan sebagai bahan utama produk perawatan kulit oleh banyak merek skincare terkenal Korea. Berikut manfaat skincare mengandung mugwort yang perlu kamu ketahui.

1. Menenangkan Peradangan

Kandungan Mugwort dalam Skincare Mampu Menenangkan Peradangan
Kandungan Mugwort dalam Skincare Mampu Menenangkan Peradangan/Freepik.com/Cookie_studio

Mugwort dipercaya mampu menyembuhkan peradangan. Oleh karena itu, jika kamu merasa kulitmu sedang sensitif dan tampak berwarna kemerahan, maka kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung bahan mugwort untuk membantu menenangkan peradangan kulit.

2. Antibakteri

Banyak peneliti yang setuju bahwa kandungan mugwort memiliki banyak kesamaan dengan bahan antibakteri lainnya, seperti tea tree oil. Kandungan mugwort dalam skincare dapat membunuh bakteri dan melawan jerawat dengan cara yang sangat efektif dan lembut. Selain itu, kandungan mugwort juga memiliki aroma yang lebih menyenangkan jika daripada aroma tea tree oil.

3. Melembapkan Kulit

Kandungan Mugwort dalam Skincare untuk Melembapkan Kulit
Kandungan Mugwort dalam Skincare untuk Melembapkan Kulit/Freepik.com/Cookie_studio

Tumbuhan mugwort mengandung vitamin E tingkat tinggi, sehingga memiliki kemampuan untuk menutrisi dan menghidrasi jenis kulit kering dan dehidrasi. Oleh karena itu, dengan penggunaan produk mengandung mugwort secara teratur, maka kulit kering dan bersisik bisa teratasi.

4. Anti-iritasi

Selain dapat menenangkan kulit yang sensitif, kandungan mugwort juga bagus untuk menenangkan kulit yang mengalami iritasi dari hal-hal seperti gigitan serangga, alergi atau muncul ruam di kulit.

5. Memiliki Efek Mencerahkan

Kandungan Mugwort dalam Skincare Memiliki Efek Mencerahkan
Kandungan Mugwort dalam Skincare Memiliki Efek Mencerahkan/Pexels.com/Andrea

Karena memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit serta menenangkan kemerahan yang timbul di kulit seperti di wajah, maka mugwort dapat digunakan sebagai bahan skincare yang sangat ideal untuk membuat kulit Anda jadi bersih dan cerah.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id